Aplikasi Pengelolaan Perpustakaan Sekolah (Slims)

Apakah perpustakaan sekolah Bapak Ibu telah mampu melayani siswa dengan baik? Apakah siswa dengan leluasa mampu meminjam buku? Perpustakaan merupakan daerah dimana buku yang menjadi sumber ilmu wawasan semestinya dapat dengan gampang dijangkau siswa dan guru.

Tetapi masih banyak perpustakaan sekolah yang belum dimanfaatkan secara optimal. Salah satu hambatan yang dijumpai adalah buku belum dicatat sehingga bila dipinjam cemas buku tersebut akan hilang.

Dalam ajaran penggunaan dana BOS komponen pertama dari tiga belas komponen yang dapat dibiayai BOS yakni pengembangan perpustakaan. Sudah menjadi keharusan bila sarana dan prasarana yang menjadi pendukung perpustakaan untuk dicukupi dengan dana BOS, mirip Buku, Rak buku, AC, Komputer, dan Pengembangan database.

Aplikasi Perpustakaan Sekolah

Untuk mampu mengelola perpustakaan dengan baik dibutuhkan kemauan dan aplikasi pengelolaan perpustakaan yang bagus. Aplikasi yang dikembangkan anak negeri dan dipakai perpustakaan nasional yakni SLIMS. Kelebihan aplikasi ini antara lain :

  1. Opensource (gratis)
  2. Mempunyai kemudahan yang lengkap.
  3.  Dapat dipakai untuk perpustakaan dalam lingkup kecil hingga dengan besar.
  4. Didukung komunitas yang mampu dijadikan tempat untuk bertanya dan sharing
  5. Dapat dijalankan di system operasi windows maupun linux
  6. Dapat dihubungkan dengan barcode

Aplikasi SLIMS dapat di unduh di slims.we.id sedangkan untuk isyarat instalasi dan penggunaan mampu diperoleh disini.


Posted

in

by