Menghitung Ppn 11% Pembelian Barang Menggunakan Dana Bos

Berdasarkan peraturan modern berhubungan dengan PPN 11% pembelian yaitu Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2021 pasal 7 perihal Harmonisasi Peraturan Perpajakan (UU HPP). Peraturan ini juga mengikat pada pembelian barang memakai dana BOS di sekolah.

Sebagai informasi awal, bendahara sekolah negeri mulai memungut PPN 11% pada pembelian barang yang nilainya lebih atau sama dengan Rp 2.000.000 (dua juta rupiah).

Contoh Menghitung PPN 11% Dana BOS

Pada sebuah dikala sekolah akan berbelanja sebuah laptop dengan harga Rp. 10.000.000 (sepuluh juta rupiah) disebuah toko elektronika ternama. Bagaimana cara mengkalkulasikan PPN atas pembelian laptop tersebut ?

Jawaban :

Berikut cara mudah memilih PPN 11% seperti tabel dibawah ini

Harga Laptop

10.000.000

PPN 11% x 10.000.000

1.100.000

Harga barang setelah pajak

11.100.000

Dalam nota pembelian barang mampu dituliskan lengkap mirip kolom tersebut, meskipun yang kita bayarkan ke toko elektronik tersebut hanya 10.000.000 (sepuluh juta rupiah) sedangkan yang 1.100.000 (satu juta seratus ribu rupiah) kita gunakan untuk mengeluarkan uang pajak dengan e faktur dan disetor melalui bank atau kantor pos.

Silahkan gunakan kalkulator otomatis ini untuk mengkalkulasikan PPN



Catatan : Jika kalkulator tidak muncul, silahkan pilih tampilan view desktop version pada sajian paling bawah halaman ini.

Untuk laporan BOS dilampirkan nota pembelian yang diberi materai 10.000 dilampiri dengan nota pembelian, faktur pajak dan foto barang yang dibeli (tergantung korektor masing-masing kabupaten, ada yang meminta untuk ditambahkan foto barang dan ada pula yang tidak)

Selain mengkalkulasikan PPN 11% dalam penggunaan dana BOS juga sering mengeluarkan dana untuk gaji sehingga bendahara sekolah juga harus menawan pajak dari honor tersebut. Informasi selengkapnya wacana pajak yang berhubungan dengan honor mampu Bapak dan Ibu baca pada Tarif Pajak Honor dari Dana BOS.

Jika pihak sekolah baik kepala sekolah, bendahara, maupun guru memperoleh kesulitan dalam menghitung pajak atas pembelian barang mampu berkonsultasi persoalan perpajakan eksklusif ke pajak pratama di tempat masing-masing. Semoga berita yang sederhana ini mampu bermanfaat bagi pembaca. Terima kasih.


Posted

in

by

Tags: