Metode Evaluasi Sd, Smp Dan Sma

Mulai Akhir tahun 2015, sistem penilaian Sekolah Dasar, SMP dan SMA merujuk pada Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Permendikbud) Nomor 53 Tahun 2015. Peraturan ini bertujuan mengatur Penilaian Hasil Belajar mencakup Kurikulum 2006 dan Kurikulum 2013.

Dalam pelaksanaannya terdapat dua penilai yakni Pendidik (guru) dan Satuan Pendidikan (sekolah). Ruang lingkup penilaian seorang pendidik mencakup aspek sikap, wawasan, dan kemampuan. Sedangkan ruang lingkup penilaian satuan pendidikan meliputi faktor pengetahuan dan kemampuan.

Tata cara penilaian hasil belajar oleh pendidik (guru) selaku berikut :

  • Merencanakan taktik evaluasi yang dimasukan kedalam planning pelaksanaan pembelajaran (RPP).
  • penilaian aspek sikap dilakukan melalui pengamatan/observasi sebagai sumber informasi utama, hasil penilaian disampaikan dalam bentuk predikat atau deskripsi.
  • evaluasi faktor pengetahuan dilakukan lewat tes tertulis, tes ekspresi, dan penugasan, hasil penilaian dalam bentuk angka atau deskripsi.
  • penilaian keahlian dilakukan melalui praktik, produk, proyek, portofolio, atau teknik lain sesuai, dan hasil penilaiannya disampaikan dalam bentuk angka atau deskripsi.
  • penerima ajar yang belum mencapai KKM mesti mengikuti pembelajaran remedi.

Tata cara penilaian hasil mencar ilmu oleh satuan pendidikan (sekolah) sebagai berikut :

  • Satuan pendidikan menyusun rencana penilaian dan KKM yang mesti dicapai oleh peserta bimbing.
  • Instrumen penilaian yang dipakai oleh Satuan Pendidikan dalam bentuk Penilaian Akhir dan/atau Ujian Sekolah/Madrasah
  • Penilaian dalam bentuk penilaian simpulan (semester ganjil dan semester genap) dan penilaian ujian sekolah/madrasah, hasil evaluasi pengetahuan dan kemampuan dilaporkan dalam bentuk nilai, predikat dan deskripsi pencapaian kompetensi mata pelajaran.
  • Laporan hasil penilaian pendidikan pada selesai semester, dan akhir tahun ditetapkan dalam rapat dewan guru berdasar hasil evaluasi oleh pendidik dan hasil evaluasi oleh Satuan Pendidikan.

Permendikbud nomor 53 tahun 2015 wacana evaluasi hasil belajar oleh pendidik dan satuan pendidikan pada pendidikan dasar dan pendidikan menengah mampu diunduh lewat link berikut :

Permendikbud No 53 Tahun 2015


Posted

in

by