Membuat Aplikasi Penilaian Online Gratis

Apakah Bapak Ibu Guru pernah berhasrat untuk membuat aplikasi evaluasi online yang mampu dengan gampang diakses oleh siswa / akseptor latih maupun wali murid? Hal ini juga menjadi hal yang penulis dambakan sejak bertahun-tahun yang lalu.

Kelebihan Aplikasi Penilaian Online

Banyak faedah dapat diperoleh jika nilai dapat dengan cepat dan mudah diakses oleh siswa maupun wali murid.  Bagi Bapak dan Ibu Guru yang menghendaki aplikasi evaluasi Kurikulum 2013 jenjang Sekolah Dasar sesuai dengan revisi KD terbaru yang menggunakan excel dapat diunduh pada halaman aplikasi raport K13 menggunakan excel.

Aman

Faktor keamanan menjadi prioritas utama. Jangan sampai aplikasi penilaian yang telah dibentuk dengan benar dapat diganti oleh pihak yang tidak bertanggungjawab. Dengan menggunakan kemudahan dari google spreadsheet maka kita dapat mengandalkan tim dari google untuk menjaga data yang telah Bapak Ibu buat. Lain halnya jikalau membuat aplikasi sendiri dengan hosting sendiri.

Transparan

Dengan memakai aplikasi evaluasi secara online maka setiap siswa dan wali murid dapat dengan gampang mengetahui nilai yang diperoleh setiap harinya. Hanya dengan memakai HP, laptop, maupun komputer yang terhubung keinternet.

Motivasi

Mengetahui posisi nilai sendiri (siswa) dikelas saban hari dapat memacu siswa untuk terus mencar ilmu dengan ulet supaya mampu menjadi unggul dikelas. Selain itu wali murid juga termotivasi untuk mendorong anak mereka mendapatkan posisi yang lebih unggul dikelasnya.

Profesionalisme

Memberikan jalan masuk secara luas terhadap wali murid, cara guru menawarkan penilaian menyebabkan guru harus bekerja disiplin. Hal ini juga menghindarkan guru dengan mengolah nilai secara manual yang cukup memakan waktu alasannya adalah mesti mengolah nilai yang banyak. Dengan memakai aplikasi penilaian online nilai tamat akan timbul secara otomatis.

Gratis

Aplikasi penilaian akan memakai salah satu fasilitas dari google, ialah google spreadsheet. Google sudah banyak dikenal menawarkan layanan gratis dan tangguh. Google spreadsheet mirip dengan microsoft office excel. Sehingga bagi Bapak Ibu guru yang telah sudah biasa memakai akan cepat mengikuti keadaan.

Baca juga : Pedoman penilaian siswa Sekolah Dasar

Berikut hal-hal yang perlu dipersiapkan untuk mengawali :

  1. Niat dan keinginan
  2. Laptop atau komputer
  3. Browser chrome
  4. Jaringan internet
  5. Aspek evaluasi
  6. Persentase evaluasi

Langkah 1

Buat email memakai google, bagi Bapak Ibu yang sudah menggunakan HP android niscaya telah memiliki email di google. Tuliskan email Bapak Ibu dibagian komentar di bawah posting ini. Kami berikutnya akan mengantarlink aplikasi google spreadsheet lewat email.

Langkah 2

Buka google drive dengan cara mengunjungi link berikut drive.google.com. Pilih hidangan “Dibagikan dengan aku”, maka akan muncul aplikasi evaluasi yang sudah kami kirim.

Google drive berfungsi seperti flashdisk, ialah tempat untuk menyimpan aplikasi penilaian yang Bapak Ibu buat. Sampai ketika tulisan ini diterbitkan, Bapak Ibu akan memperoleh tempat penyimpanan gratis hingga dengan 15 GB.

Langkah 3

Lakukan penyesuaian pada aplikasi penilaian sesuai dengan impian Bapak Ibu. Segala bentuk pembiasaan akan secara otomatis tersimpan yang penting terhubung ke internet, jadi Bapak Ibu tidak perlu khawatir kalau listrik datang-datang padam.

Langkah 4

Berikan jalan masuk aplikasi evaluasi yang sudah dibuat kepada siswa atau wali murid agar dapat memantau kemajuan nilai anak mereka. Caranya dengan klik hidangan “Bagikan” dipojok kanan atas yang berwarna biru. Sehingga akan muncul performa seperti berikut :

Masukkan alamat email siswa atau wali murid yang hendak diberi terusan untuk dapat menyaksikan daftar nilai yang Bapak Ibu buat. Kemudian klik gambar pensil yang ada disebelahnya dan pilih hak saluran cuma untuk “Dapat menyaksikan”. Selanjutnya klik “Beres”.

Setiap siswa atau wali murid akan menemukan informasiserta link aplikasi penilaian yang Bapak Ibu buat melalui email yang telah didaftarkan.

Kami berharap mampu menolong Bapak Ibu guru yang ingin menciptakan aplikasi secara online. Tanpa perlu mengeluarkan ongkos untuk berbelanja aplikasi maupun hosting (penyimpanan). Semua dapat dilaksanakan secara gratis dan gampang.

Aplikasi ini sangat jauh dari sempurna. Maka dari itu kami sungguh berharap masukan, rekomendasi maupun koordinasi semoga mewujudkan evaluasi yang lebih baik.

Mari bagikan pengalaman Bapak Ibu guru menggunakan aplikasi evaluasi online pada kolom komentar dibawah.


Posted

in

by

Tags: