Kondisi Interaksi Sosial Di Kala Modern

Interaksi sosial merupakan salah satu bentuk kasatmata bagaimana manusia bekerjasama dengan satu dan yang lainnya. Setiap interaksi yang ditimbulkan antar individu bisa mengakibatkan sesuatu hal, baik buruk ataupun baik. Kegiatan interaksi umumnya dilakukan dengan komunikasi, baik secara pribadi maupun tidak pribadi.

Seiring pertumbuhan zaman, periode terbaru kali ini berdampak pada interaksi antar manusia. Sebelum masuk ke pembahasan, apalagi dahulu akan dibahas lebih lanjut mengenai interaksi tersebut.

Pengertian Interaksi Sosial

Interaksi sosial ialah korelasi antar dua individu atau lebih dengan keterlibatan yang aktif sehingga ada timbal balik antar keduanya. Hubungan ini bisa saja bersifat netral atau bersifat saling mensugesti. Ada dua syarat terjadinya interaksi ini, yang pertama yakni adanya kontak sosial dan yang kedua adalah adanya komunikasi sosial. Komunikasi sosial merupakan salah satu kunci berhasilnya aktivitas yang disebut interaksi.

Interaksi juga ternyata mempunyai aspek yang dibedakan menjadi setidaknya 6 jenis. Proses interaksi yang terjadi diantara penduduk atau antar individu biasanya dipengaruhi oleh hal-hal yang meliputi simpati, empati dan identifikasi. Imitasi dan sugesti juga ialah faktor lainnya, namun tidak banyak mempengaruhi orang-orang di zaman kini.

Jenis interaksi

Dalam ilmu Sosiologi, terdapat dua jenis interaksi yang dikerjakan oleh insan, adalah asosiatif dan disosiatif.

Asosiatif merujuk kepada interaksi aktual yang meliputi kerja sama dan akomodasi. Dalam interaksi jenis ini, tidak ada satu pun pihak yang melaksanakan interaksi merasa dirugikan oleh pihak yang lain.

Sedangkan untuk disosiatif, sikap interaksi memperlihatkan sebuah interaksi yang bisa merugikan orang lain dalam bulat interaksi tersebut. Sebagai contoh ialah persaingan dan kontradiksi. Interaksi seperti ini perlu dipelajari, tetapi dilarang dipraktekkan dalam kehidupan sehari-hari.

Interaksi zaman kini

Hidup di zaman modern yang sudah dibanjiri oleh gadget canggih beserta teknologi mumpuni yang lain sangat berpengaruh pada interaksi sosial yang terjadi saat ini, terutama yang dialami oleh anak muda.

Baca Juga : Cara Menonaktifkan Centang Biru di Whatsapp

Pengaruh gadget, khususnya smartphone dengan jalan masuk gampang ke media umum menjadi salah satu pemicu renggangnya interaksi secara langsung. Alat-alat teknologi yang sebetulnya ditujukan untuk mempermudah aktivitas insan dalam berkomunikasi justru meminimalisir nilai interaksi yang telah ada.

Meskipun komunikasi virtual mampu dikatakan selaku suatu interaksi, namun bahu-membahu hal itu justru menurunkan nilai interaksi yang bahu-membahu. Dalam suatu observasi, interaksi sosial yang terjadi kini ini justru menunjukkan penurunan. Hal ini masuk akal karena dalam kehidupan sehari-hari panorama memegang dan menggunakan ponsel hampir ditemui ditempat lazim seperti terminal, stasiun, bandara, bahkan taman.

Bahkan dalam keadaan terdekat yang mungkin Anda rasakan, terjadi ketimpangan sosial yang diakibatkan oleh teknologi. Anda mungkin pernah berkumpul dengan sahabat Anda dan acara tersebut menjadi tidak berkualitas cuma karena masing-masing sibuk dengan gadgetnya.

Contoh di atas ialah contoh aktual adanya penurunan kualitas interaksi secara eksklusif akibat teknologi. Percakapan digital yang mendominasi bisa mengganti eksklusif seseorang menjadi individu yang pasif dalam berinteraksi secara langsung. Padahal berdasarkan ilmu sosiologi, adanya komunikasi baik yang terjalin secara langsung bisa berimbas baik pada jalan asumsi kita.

Belum lagi akses media sosial yang penuh isu kebencian. Ini akan sungguh mempengaruhi bagaimana seseorang berinteraksi kepada orang terdekatnya. Bahaya inilah yang harus diperhatikan untuk dijauhi.

Sebagai usulan terhadap interaksi di kurun terbaru yang menurun, perlu adanya pembatasan terhadap penggunaan gadget yang dimulai dari kesadaran diri. Sebuah interaksi, terutama bagi keluarga, merupakan salah satu aspek penting untuk mencapai keluarga yang serasi tanpa adanya persoalan.

Informasi di atas tentang interaksi sosial di zaman kini diperlukan mampu menjadi motivasi untuk berinteraksi lebih baik.


Posted

in

by