Pelapukan Biologi, Fisika, Dan Kimia

Pelapukan biologi, fisika, dan kimia. Pelapukan yaitu proses perubahan benda yang ditandai dengan penghancuran benda tersebut. Segala bentuk benda dapat mengalami proses pelapukan. Baik benda-benda di alam, maupun benda-benda yang digunakan disekitar insan. Seperti meja, pintu, dan perabotan.

Terdapat tiga jenis pelapukan yakni pelapukan biologi, pelapukan fisika, dan pelapukan kimia

Pelapukan Biologi

Pelapukan biologi ialah proses pergeseran benda yang terjadi karena aktivitas makhluk hidup. Pelapukan ini banyak terjadi pada daerah yang lembab yang banyak ditumbuhi  makhluk hidup seperti jamur, lumut, serangga, dan rayap. Akar juga mampu mengakibatkan terjadinya pelapukan biologi ini.

Sumber : http://bahanpengawet.com/2017/03/serangan-rayap-kayu-versus-serangan-pengawet-kayu-cypermethrine/

Mencegah pelapukan biologi pada kayu papan seperti pintu dengan cara menawarkan cat, obat rayap maupun pelitur dengan impian papan kayu tersebut tidak dikonsumsi rayap maupun hewan lain.

Pelapukan Fisika

Pelapukan fisika adalah proses perubahan benda yang terjadi alasannya adalah faktor lingkungan. Faktor lingkungan ini diantaranya angin, air, suhu, panas, cuaca, dan panas matahari.

Sumber : http://jogja.tribunnews.com/2014/12/31/jasad-turis-jakarta-ditemukan-di-pinggir-tebing-pantai-sarangan

Pelapukan fisika ini dapat diamati dengan terperinci pada kawasan pantai yang terdapat tebing karangnya. Proses ombak secara terus menerus membuat batuan tebing karang menjadi hancur.

Baca Juga : Pedoman Penggunaan Huruf Kapital

Pelapukan Kimia

Pelapukan kimia yakni proses pergeseran benda yang terjadi alasannya adalah reaksi dengan zat-zat kimia tertentu.

Salah satu acuan pelapukan ini adalah hujan asam. Hujan asam terjadi akibat zat-zat asam yang berasal dari gas buang baik industri maupun pembakaran bercampur uap air di atmosfer, lalu turun selaku hujan. Hujan asam ini mampu menimbulkan tanaman mati dan merusak bangunan.

Sumber : https://saatsantai.com/pengaruh-hujan-asam/


Posted

in

by