Syarat Kenaikan Pangkat Guru Iii/A Ke Iii/B

Kenaikan pangkat ialah keinginan dan impian dari banyak pegawai. Kenaikan pangkat guru III/a ke III/b menurut Permenpan&RB Nomor 16 Tahun 2009 ihwal Jabatan Fungsional Guru dan Angka Kreditnya mesti menyanggupi beberapa komponen. Baik bagian utama maupun unsur penunjang. Lebih lanjut dikontrol dalam Buku 4 yang berisi perihal bentuk-bentuk aktivitas guru yang mampu dinilai angka kreditnya dibarengi dengan skor angka kreditnya.

Sejak peraturan ini diberlakukan, maka seorang guru secara biasa mampu naik pangkat sekurang-kurangnyaempat tahun. Berbeda dengan peraturan sebelumnya yang bisa ditempuh cuma dengan dua tahun dapat naik pangkat.

Baca Juga : Syarat Kenaikan Pangkat III/b ke III/c

Syarat Kenaikan Pangkat Guru III/a ke III/b

Jika mengacu pada tabel angka kredit untuk kenaikan pangkat, maka kalau seorang guru ingin mengajukan kenaikan pangkat dari penata muda, III/a menuju penata muda tingkat I, III/b maka mesti menyanggupi jumlah angka kredit sekurang-kurangnya50.

Untuk peningkatan pangkat dari III/a menuju III/b memang belum diwajibkan angka kredit dari bagian publikasi ilmiah ataupun karya inovatif. Maka dari itu, peningkatan pangkat menuju III/b ini merupakan yang paling gampang ditempuh dibandingkan peningkatan pangkat diatasnya.

Kembali lagi pada perhitungan jumlah angka kredit sekurang-kurangnya50 ini disusun dengan komposisi minimal 90% dari bagian utama dan maksimal 10% dari bagian pendukung. Anda mempunyai opsi apakah akan memaksimalkan penggunaan bagian penunjang, atau tanpa menggunakannya sama sekali.

Berikut ini perhitungan angka kredit dengan bagian penunjang atau tanpa komponen penunjang disertai dengan penjelasannya.

1. Tanpa Unsur Penunjang

Kegiatan Angka Kredit
Kegiatan pembelajaran 47
Pengembangan diri 3
Publikasi ilmiah atau karya inovatif 0
Jumlah 50

Penjelasan :

  1. Kegiatan pembelajaran dengan target minimal angka kredit 47, kalau Bapak dan Ibu Guru melaksanakan peran dengan baik maka angka kredit ini dapat diperoleh selama 4 tahun. Perkiraannya setiap tahun mampu mengumpulkan angka kredit 12.
  2. Pengembangan diri yang paling lazim dimiliki guru berupa diklat, KKG, dan seminar. Target minimal perolehan angka kredit sebesar 3. Targetkan setiap tahun mampu mengikuti diklat fungsional sekurang-kurangnya1 kali, maka target angka kredit 3 dapat terpenuhi.

Unsur pengembangan diri dan publikasi ilmiah dapat Bapak dan Ibu Guru pelajari pada Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan tergolong Angka Kreditnya.

2. Dengan Unsur Penunjang

Kegiatan Angka Kredit
Kegiatan pembelajaran 42
Pengembangan diri 3
Publikasi ilmiah atau karya kreatif 0
Unsur pendukung 5
Jumlah 50

Penjelasan :

  1. Jika Bapak dan Ibu Guru mampu mengumpulkan bagian penunjang sebanyak 5 angka kredit maka dapat mengendorkan bab bagian utama dari kegiatan pembelajaran. Angka kredit sebanyak 5 merupakan batas maksimal dari komponen penunjang, karena dibatasi dengan aturan optimal 10% dari target angka kredit per jenjang.
  2. Informasi ihwal rincian apa saja yang termasuk dalam unsur penunjang mampu Bapak dan Ibu Guru baca pada Angka Kredit Guru Apa Saja yang Berasal dari Unsur Penunjang.

Jumlah angka kredit diatas, baik tanpa bagian penunjang maupun dengan bagian penunjang ialah batas minimal yang mesti diperoleh Bapak dan Ibu untuk dapat mengajukan kenaikan pangkat dari III/a menuju III/b.

Demikian informasi ihwal syarat kenaikan pangkat guru III/a ke III/b. Jika dalam postingan ini masih terdapat kelemahan informasi, Bapak dan Ibu Guru dapat menunjukkan gosip dan masukan melalui kolom komentar pada bagian bawah sesudah postingan ini.


Posted

in

by