Simbiosis Komensalisme : Pemahaman Dan Contoh

Interaksi atau hubungan antar dua makhluk hidup dalam sebuah ekosistem menjadikan imbas baik maupun buruk bagi makhluk hidup itu sendiri. Berdasarkan baik buruknya imbas interaksi tersebut bagi satu makhluk hidup atau keduanya, maka dikenal beberapa jenis simbiosis. Diantaranya simbiosis mutualisme, simbiosis komensalisme, simbiosis parasitisme, dan simbiosis amensalisme.

Simbiosis komensalime adalah interaksi yang terjalin pada dua makhluk hidup pada jenis yang berbeda. Pada proses interaksi ini salah satu pihak akan diuntungkan dan pihak yang lain tidak dirugikan dan tidak untung (netral).

Contoh Simbiosis Komensalisme

Berikuti ini beberapa pola simbiosis komensalisme yang biasa ditemui disekitar kita. Beberapa kali nanti akan disebutkan flora inang, alasannya ini bisa mewakili dari berbagai macam tumbuhan (tidak hanya satu).

1. Anggrek dengan tanaman inang

simbiosis komensalisme anggrek dan tumbuhan inangnya
https://hiveminer.com/Tags/brazil%2Cdendrobium

Tanaman anggrek yang melekat pada pohon inangnya diuntungkan alasannya adalah memiliki tujuan untuk mendapatkan air, sinar matahari dan banyak sekali senyawa untuk melaksanakan fotosintesis.

Sedangkan pohon inang, mirip pohon mangga, randu, dll tidak mendapatkan laba dari menempelnya anggrek pada batang atau dahannya. Serta tidak dirugikan alasannya tidak menyerap air maupun senyawa dari dalam batang tumbuhan yang dijadikan inangnya.

2. Tanduk rusa dengan flora inang

tumbuhan paku tanduk rusa
https://alamendah.org/2015/12/10/jenis-paku-tanduk-rusa-atau-simbar-menjangan-platycerium-orisinil-indonesia/

Tanduk rusa ini sering ditemui sebagai tanaman hias dipekarangan rumah sebab bentuknya yang menarik.

Seperti halnya pada anggrek dan flora inang. Tanduk rusa yang menempel pada pohon inangnya diuntungkan karena memiliki tujuan untuk menerima air, sinar matahari dan aneka macam senyawa untuk melakukan fotosintesis.

Sedangkan tanaman inang tidak dirugikan sebab akar tanduk rusa tidak menyerap unsur hara dari dalam batang.

3. Sirih dengan tanaman inang

sirih
https://www.klikdokter.com/berita-sehat/read/3062605/daun-sirih-sebabkan-vagina-kering-ini-faktanya

Sirih ialah salah satu flora obat yang sering dipakai pada tanda-tanda mimisan sehingga banyak ditanam disekitar rumah.

Pada simbiosis komensalisme, flora sirih merambat pada batang tanaman inang biar mampu mendapatkan cahaya matahari.

Sedangkan pada flora inangnya tidak dirugikan alasannya adalah sirih menyerap bagian hara dari akar yang masuk ke dalam tanah. Serta tidak diuntungkan alasannya flora inang tidak menemukan hal faktual dari sirih.

4. Simbiosis Komensalisme: Ikan remora dengan ikan hiu

ikan remora dan hiu
http://www.ebiologi.net/2015/12/teladan-simbiosis-komensalisme.html

Keuntungan ikan remora akrab dengan hiu untuk menemukan bantuan dari pemangsa ikan remora. Serta kerap kali ikan remora menyantap sisa-sisa makanan dari ikan hiu.

Bagi ikan hiu, ikan remora tidak menunjukkan keuntungan apapun. Serta tidak merugikan alasannya adalah tidak menggangu ikan hiu.

Adapula yang beranggapan hubungan ikan remora dan ikan hiu terjadi simbiosis mutualisme dengan asumsi bahwa ikan remora mengkonsumsi jamur yang menempel pada tubuh ikan hiu. Sehingga dalam hal ini ikan hiu diuntungkan alasannya adalah terhindar dari jamur.

5. Ikan remora dengan ikan pari

ikan remora dan ikan pari
http://fishdataonline.yolasite.com/

Sama mirip halnya pada yang terjadi pada ikan hiu. ikan remora dengan ikan pari cuma memberikan keuntungan pada ikan remora sebab mendapatkan derma serta makanan yang lebih gampang dari sisa-sisa ikan pari.

Tetapi bagi ikan pari tidak menunjukkan dampak aktual maupun negatif.

Baca Juga : Kumpulan Soal Simbiosis

6. Udang dengan timun bahari

udang dengan timun laut
http://www.bennepix.com/Bali_underwater.htm

Simbiosis komensalisme yang terjadi antara udang dan timun laut terjadi karena udang mendapatkan sisa masakan yang berasal dari timun maritim. Sehingga udang diuntungkan.

Tetapi bagi timun maritim, kedatangan udang tidak merugikan dan menguntungkan.

7. Ikan goby dengan bulu babi

ikan goby dan bulu babi
http://week.divebums.com/2006/Jun19-2006/index.html

Ikan goby merupakan salah satu jenis ikan kecil yang tidak mempunyai tunjangan. Sehingga ikan goby mesti mencari tempat berlindung dari predator dengan memanfaatkan bulu babi yang durinya mengandung racun.

Sedangkan bagi bulu babi, kedatangan ikan goby tidak memperlihatkan keuntungan maupun kerugian.

Demikian ulasan tim kependidikan.com tentang simbiosis komensalisme. Tentunya masih banyak lagi interaksi dialam ini yang mampu dikategorikan simbiosis komensalisme. Untuk itu silahkan lewati komentar dibawah. Terimakasih


Posted

in

by