Bab-Bab Telinga Dan Fungsinya

Telinga ialah salah satu dari lima alat indra manusia.  Pada kesempatan ini kita akan mempelajari apa itu indera pendengaran, bagian-bagiannya, serta fungsi setiap bagiannya yang sungguh diharapkan dalam kehidupan sehari-hari. Diakhiri dengan cara mempertahankan kesehatan indera pendengaran.

Pengertian Telinga

Telinga adalah organ tubuh yang berfungsi untuk menerima gelombang suara dan mengirimkan sinyal ke otak. Telinga hanya dapat mendeteksi suara sedangkan untuk mengetahui suara dikerjakan oleh metode syaraf pusat yang ada di otak.

Bagian Telinga

Telinga berisikan tiga bab utama, dan setiap bagian ini mewakili bab-bab terang yang lain.
1. Bagian Luar
2. Bagian Tengah
3. Bagian Dalam

Untuk mengunduh gambar klik disini UNDUH

1. Bagian Telinga Luar

Bagian ini ialah bab yang tampaksecara kasat mata dari indera pendengaran manusia. Fungsinya sebagai pelindung telinga.

Yang tergolong bagian luar diantaranya daun pendengaran dan terusan indera pendengaran

A. Daun Telinga/Auricle (Pinna)

Daun Telinga adalah bagian pendengaran terluar yang membatasi bagian luar kepala dengan kanal pendengaran. Daun pendengaran berfungsi untuk menangkap gelombang bunyi.

B. Saluran Telinga

Saluran Telinga yaitu susukan yang menghubungkan daun pendengaran dengan selaput gendang indera pendengaran. Dalam kanal indera pendengaran ini terdapat rambut-rambut halus yang menjaga benda luar agar tidak masuk. Saluran telinga berfungsi untuk menyalurkan gelombang suara menuju selaput gendang telinga.

Baca Juga : Kenali Ciri-Ciri Pubertas pada Anak

2. Bagian Telinga Tengah

Yang termasuk bab tengah diantaranya 3 tulang telinga yaitu gendang indera pendengaran, tulang martil (malleus), tulang landasan (inkus) dan tulang sanggurdi (stapes).

A. Gendang Telinga (Tympanum)

Gendang telinga adalah selaput tipis yang memisahkan indera pendengaran luar dan pendengaran dalam. Gendang indera pendengaran berfungsi untuk menghantarkan getaran bunyi dari udara menuju tulang-tulang pendengaran.

B. Tulang Martil (Hammer)

Tulang Martil adalah tulang kecil yang berupa menyerupai martil yang menyusun tulang pendengaran pada indera pendengaran tengah. Tulang martil berfungsi menghantarkan getaran bunyi dari gendang indera pendengaran ke tulang landasan.

C. Tulang Landasan (Anvil)

Tulang Landasan adalah tulang kecil yang berupa seperti landasan. Tulang martil berfungsi menghantarkan getaran suara dari tulang martil menuju tulang sanggurdi.

D. Tulang Sanggurdi (Stirrup)

Tulang Sanggurdi yaitu tulang terkecil dan teringan pada tubuh manusia dan merupakan tulang yang menyerupai sanggurdi kuda.

3. Bagian Telinga Dalam

Yang tergolong bab dalam antara lain rumah siput (koklea) dan tiga saluran gelung atau saluran setengah bulat (kanalis semisirkularis)

A. Rumah Siput (Koklea)

Rumah siput (koklea) yaitu sebuah rongga berbentuk kerucut dibagian kaku dari tulang temporal. Didalam rumah siput terdapat organ korti yang merupakan organ telinga. Organ korti berisi sel-sel rambut sensori yang merupakan reseptor getaran. Rumah siput berfungsi meneruskan sinyal ke otak untuk diproses.

B. Saluran Setengah Lingkaran

Saluran setengah lingkaran ialah sebuah bagian yang berisikan tiga terusan setengah lingkaran yang tersusun menjadi satu kesatuan dengan posisi yang berlainan diantaranya

  • Canalis semi sirkularasi horizontal
  • Canalis semi sirkularasi vertikal superior
  • Canalis semi sirkularasi vertikal posterior

Proses Mendengar pada Telinga

Proses mendengar pada pendengaran dimulai dengan gelombang suara ditangkap oleh daun pendengaran dan disalurkan oleh kanal pendengara yang akan menggetarkan gendang indera pendengaran.

Getaran pada gendang telinga kemudian menggerakkan 3 tulang indera pendengaran tulang martil, tulang landasan, dan tulang sanggurdi secara berurutan.

Getaran bunyi lalu masuk ke dalam terusan rumah siput yang berisi cairan yang menggerakkan sel-sel rambut sensori yang akan menggantinya menjadi sinyal dan diantarke otak lewat syaraf.

Simak videonya berikut ini: https://www.youtube.com/watch?v=5UkDCbAktMQ

Menjaga Kesehatan Telinga

Besarnya peranan indra indera pendengaran bagi kehidupan sehari-hari menuntut kita untuk menjaganya. Agar fungsi mata tidak menurun sehingga mempunyai efek pada kemampuan mendengar kita. Berikut ini beberapa langkah mempertahankan kesehatan mata:

  1. Makan makanan yang bergizi.
  2. Mengurangi penggunaan alat telinga seperti earphone dengan volume yang tinggi.
  3. Tutup indera pendengaran jika memasuki daerah dengan polusi bunyi yang tinggi.
  4. Membersihkan pendengaran dari kotoran dengan alat yang higienis.
  5. Segera periksa kedokter kalau terdapat binatang atau gangguan lain yang masuk ke pendengaran.


Posted

in

by