Magnetis Atau Magnetik, Yang Benar Adalah

Kembali lagi pada pembahasan tentang kata baku dan kata tidak baku. Pada pembahasan perihal Cara Pembuatan Magnet terdapat kata yang kerap kali kita rancu membedakannya. Kata yang dimaksud yakni magnetis atau magnetik?

Disekolah, bapak dan ibu guru ketika mengajarkan bahan perihal magnet pasti akan memperoleh benda magnetis atau benda magnetik? Kata ini ialah salah satu kata yang sering salah dalam penggunaannya. Pemilihan kata yang tepat merefleksikan penguasaan Bahasa Indonesia yang bagus dan benar.

Mana Yang Benar, Magnetis atau Magnetik?

Untuk mengenali kata baku dan benar untuk dipakai kita harus membuka kamus. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) kata yang baku antara magnetis atau magnetik yakni magnetis.

Sehingga kata baku antara magnetis atau magnetik yakni magnetis dan kata tidak bakunya ialah magnetik.

Arti kata magnetis mengutip dari KKBI adalah

a bersifat seperti magnet (sehingga mampu menarik): mungkin terjadi gangguan — yang menimbulkan kompas tidak berfungsi lagi

Benda Magnetis dan Nonmagnetis

1. Benda Magnetis

Benda magnetis adalah benda-benda yang mampu ditarik oleh magnet. Benda ini lazimnya yang dibuat dari logam besi maupun baja.

Contoh benda magnetis yang ada disekitar kita yaitu pisau, paku, gunting, palu, dan sepeda.

2. Benda Nonmagnetis

Sedangkan yang dimaksud dengan benda nonmagnetis yaitu benda-benda yang tidak mampu ditarik oleh magnet.Biasanya benda nonmagnetis ini tidak mengandung logam.

Contohnya mirip kertas, kayu, plastik dan buku.

Penggunaan Kata Magnetis

Penggunaan kata magnetis dalam membuat kalimat mampu ditunjukkan selaku berikut:

  • Sebutkan benda-benda magnetis yang ada disekitar kita!
  • Kayu ialah acuan benda nonmagnetis yang ada di luar kelas dan banyak ditemui.
  • Bagaimana cara mengganti besi menjadi benda magnetis?

Coba tebak yang benar menurut kau, pernapasan atau pernafasan? Ingin tahu jawabannya? Baca selengkapnya pada halaman Pernapasan atau Pernafasan.

Masih mempunyai kata yang rancu apakah baku atau tidak baku? silahkan tuliskan dikolom komentar untuk menerima jawabannya.


Posted

in

by