6 Cara Mendidik & Mengajarkan Anak Berpuasa

Puasa ialah salah satu kewajiban setiap umat beragama. Sehingga telah menjadi keharusan bagi orang renta untuk mengajarkan anak berpuasa.

Berapa usia yang tepat untuk mengajarkan anak berpuasa? Beberapa orang tua mempunyai persepsi yang berlawanan-beda tentang usia anak untuk mulai mengenal puasa. Pada umumnya anak mulai berlatih puasa antara usia 4 hingga dengan 5 tahun.

Baca juga: Contoh Kebiasaan Baik di Sekolah

Cara Mengajarkan Anak Berpuasa

Berikut ini kiat-kiat untuk mengajarkan anak berpuasa yang mampu orang tua lakukan

1. Berikan Motivasi & Target

Ajarkan ilmu agama wacana keutamaan berpuasa, bisa dengan menceritakan kisah ihwal puasa. Bisa dilanjutkan dengan manfaat puasa bagi kesehatan. Orang bau tanah juga mampu mengajarkan lewat beberapa jalan masuk youtube yang menarik dan mendidik seperti kastari channel.

Setelah mempunyai pengetahuan yang cukup dilanjutkan dengan menunjukkan target pada anak. Apakah tahun ini akan berpuasa setengah hari? Atau alasannya adalah gres pertama kali mencar ilmu, bisa dengan menghindari makanan tertentu dahulu.

2. Berikan Contoh dan Keteladanan

Keteladanan ialah pendidikan yang sangat efektif. Lingkungan terdekat merupakan faktor utama pembentuk huruf anak.

Anak pasti akan kepincut menyaksikan kebiasaan orang renta ketika berpuasa, terlebih kalau orang renta memperlihatkan betapa asik dan nikmatnya ketika berpuasa. Dengan begitu anak akan menjajal untuk ikut berpuasa.

3. Menu Sahur yang Menarik

Buat hidangan masakan sahur yang mempesona bagi anak. Bisa dengan menu kuliner yang digemari anak. Orang tua dapat mendatangi cookpad.com untuk wangsit menu kuliner baru.

4. Ciptakan Suasana & Kegiatan Menyenangkan

Waktu sahur ialah waktu yang berat untuk membangunkan anak. Bisa dengan mengajak anak untuk ikut keliling membangunkan tetangga maupun jalan-jalan sesudah shalat subuh.

Dengan memperlihatkan aktivitas yang mengasyikkan, anak tidak akan mudah memikirkan tentang makanan.

5. Ajarkan Secara Bertahap

Puasa untuk anak tidak mesti sehari penuh. Untuk anak usia 4 sampai dengan 6 tahun mampu dimulai dengan beberapa tahapan.

Bisa dimulai dengan menghindari makan dan minum hingga waktu selesai shalat fardhu. Seperti anak diizinkan makan sesudah menunaikan shalat dzuhur. Biasanya disebut puasa setengah hari.

Pada tahun selanjutnya mampu dilanjutkan sampai sehabis menunaikan shalat ashar selama setengah bulan, dan kesudahannya bisa sampai penuh.

6. Berikan Hadiah

Untuk setiap pencapaian anak sebaiknya senantiasa diberi kado. Hadiah tidak senantiasa dengan menawarkan barang. Hadiah berupa kebanggaan dapat mengembangkan rasa percaya diri anak.

Apabila anak tidak meraih target yang ditetapkan maka jangan menawarkan eksekusi ataupun dengan merendahkan dengan kata-kata. Tetapi tetap diberikan motivasi untuk bisa lebih baik pada hari berikutnya.

Demikian beberapa kiat mengajarkan anak berpuasa, supaya dapat membantu orang renta dalam mendidik putra dan putrinya menjadi anak yang sholeh dan mampu sudah biasa dengan berpuasa.


Posted

in

by