5 Cara Menjaga Kesehatan Jantung

Jantung merupakan salah satu organ utama yang sangat berperan pada tubuh manusia. Berdasarkan data WHO, jutaan orang meninggal setiap tahunnya alasannya adalah penyakit jantung diantaranya jantung koroner dan stroke. Penyakit ini tidak menular tetapi muncul lebih besar alasannya adalah gaya hidup. Dengan mempertahankan kesehatan jantung kita akan terhindar dari jantung koroner dan stroke.

Cara Menjaga Kesehatan Jantung

Berikut ini 5 langkah sederhana dan mudah mempertahankan kesehatan jantung kita:

1. Makanan Yang Sehat dan Bergizi

Mengkonsumsi banyak masakan yang mengandung kolesterol seperti daging berlemak dan gula dapat menawarkan dampak buruk bagi kesehatan jantung. Makanan yang bagus untuk jantung diantaranya sayuran yang banyak mengandung serat, daging, serta ikan.

Minyak goreng yang dipakai secara berulang-ulang juga tidak baik bagi kesehatan jantung. Gunakan minyak seminimal mungkin untuk setiap kuliner yang dimakan. Apabila terpaksa menggunakan minyak goreng, usahakan maksimal 1 hingga 2 kali penggorengan saja.

Mengkonsumsi buah mirip apel dan pisang yang banyak mengandung banyak serat mampu menurunkan kadar kolesterol dalam darah, serta menurunkan tekanan darah.

2. Olahraga dengan Teratur

Olahraga membuat organ jantung melakukan pekerjaan maksimal sehingga melatih otot-otot jantung menjadi lebih kuat. Olahraga yang ringan mirip lari pagi dan senam yang dikerjakan secara terencana memberi efek yang baik bagi jantung.

Disamping itu peredaran darah saat berolahraga menjadi tanpa hambatan. Plak-plak yang terdapat pada pembuluh darah juga akan terbawa sehingga menghindarkan ancaman penyumbatan pembuluh darah yang dapat menyebabkan strok.

3. Tidak Merokok

Nikotin yang terkandung dalam setiap rokok dapat menyebabkan kenaikan adrenalin. Hal ini mempunyai dampak pada kerja jantung yang lebih berat yang mempunyai pengaruh pada tekanan darah.

Puluhan zat beracun yang terkandung dalam sebatang rokok selain dapat mengganggu kerja jantung juga dapat menghancurkan pembuluh darah, paru-paru, dan dapat mengakibatkan kanker.

4. Periksa ke Dokter

Jangan menanti hingga terjadi persoalan pada jantung kita. Lakukan pemeriksaan secara bersiklus ke dokter semoga tanda-tanda-tanda-tanda gangguan pada jantung dapat dideteksi lebih dini. Hal ini dapat meminimalkan resiko gangguan maupun penyakit yang mampu menyerang jantung.

Melakukan investigasi tekanan darah minimal sebulan sekali untuk mengenali tingkat tekanan darah dan gangguan yang mungkin mampu terjadi.

5. Mengelola Stres

Stres merupakan hal umum yang biasa terjadi pada kehidupan sehari-hari, mampu alasannya tekanan pekerjaan, berguru maupun karena ujian. Yang menjadi konsentrasi bukan yang menjadikan stres namun bagaimana mengurus stres.

Jika anda dalam tekanan stres, maka tubuh akan memproduksi adrenalin yang akan memacu jantung melakukan pekerjaan lebih sehingga memajukan tekanan darah. Mengelola stres ini lewat manajemen waktu serta berpikir secara faktual.


Posted

in

by

Tags: