Persamaan Serta Perbedaan Reboisasi Dan Penghijauan

Kegiatan melestarikan lingkungan dijalankan dengan banyak sekali cara, diantaranya reboisasi dan penghijauan. Banyak orang berasumsi reboisasi yaitu penghijauan, dan penghijauan yakni reboisasi. Pernyataan ini tidak sepenuhnya betul namun juga tidak sepenuhnya salah. Pada halaman ini kita akan membicarakan persamaan serta perbedaan reboisasi dan penghijauan.

Pengertian Reboisasi dan Penghijauan

Reboisasi ialah kegiatan menanam kembali daerah hutan atau meremajakan kembali hutan bekas tebas habis, babat pilih atau pada lahan kosong yang lain yang terdapat di dalam daerah hutan.

Penghijauan yakni kegiatan menanam pada lahan kosong di luar daerah hutan seperti pada tanah milik rakyat dengan tanaman jenis pohon hutan, tanaman buah, maupun tumbuhan perkebunan, maupun tumbuhan keras.

Tujuan reboisasi dan penghijauan semoga hutan maupun tanah milik rakyat dapat dipulihkan, dipertahankan dan ditingkatkan kembali kesuburannya. Selain itu mampu menjaga pasokan oksigen, menghalangi erosi, serta bernilai ekonomi tinggi.

Persamaan Reboisasi dan Penghijauan

Persaman pada aktivitas reboisasi dan penghijauan yakni sama-sama melakukan kegiatan penanaman pohon.

Persamaan lainnya reboisasi dan penghijauan sama-sama memiliki tujuan memulihkan dan memajukan kesuburan tanah, meningkatkan pasokan oksigen, serta menjaga abrasi pada tanah.

Perbedaan Reboisasi dan Penghijauan

Perbedaan reboisasi dan penghijauan terletak pada lahan yang digunakan. Jika reboisasi dijalankan di hutan negara atau area lain yang peruntukannya memang sesuai dengan rencana tata guna lahan selaku hutan. Sehingga hasil ekonomi dikuasai oleh negara.

Sedangkan pada penghijauan, penanaman dikerjakan pada lahan atau tanah yang dimiliki rakyat. Sehingga hak atas hasil ekonomi dikuasai oleh pribadi pemilik lahan.


Posted

in

by

Tags: