Syarat Dan Seleksi Ppdb Jenjang Sd Tahun 2018

Penerimaan Peserta Didik Baru / PPDB jenjang SD untuk kandidat siswa kelas 1 dimulai pada Juli 2018. Bagi Anda para orang tua yang mempunyai anak maupun saudara yang sudah memasuki era sekolah gosip persyaratan dan seleksi ini patut dicermati.

Berkaitan dengan biaya, PPDB kelas 1 jenjang Sekolah Dasar yang mendapatkan dana BOS tidak dikenakan biaya dikarenakan telah dibebankan pada dana BOS. Sehingga orang bau tanah tidak butuhmengeluarkan dana selama proses ini.

Baca Juga: Download Buku Siswa Kelas 1 Kurikulum 2013

Persyaratan PPDB jenjang SD

Berdasarkan Permendikbud Nomor 14 Tahun 2018 pasal 6 beberapa syarat calon siswa kelas 1 SD diantaranya:

  1. Calon siswa kelas 1 SD berusia 7 tahun, atau paling rendah 6 tahun pada tanggal 1 Juli 2018
  2. Calon siswa terendah berusia 5 tahun 6 bulan bagi yang mempunyai kecerdasan istimewa atau talenta tertentu yang dibuktikan dengan usulan tertulis dari psikolog profesional. Tetapi jika tidak ada psikolog profesional bisa digantikan oleh dewan guru sekolah.

Usia dibuktikan dengan sertifikat kelahiran atau surat keterangan lahir yang dikeluarkan oleh pihak yang berwenang dan dilegalisir oleh lurah sesuai domisili.

Persyaratan usia tidak berlaku bagi penerima bimbing yang berkebutuhan khusus yang hendak bersekolah di sekolah yang menyelenggarakan acara pendidikan inklusif

Seleksi PPDB Jenjang Sekolah Dasar

Berdasarkan Permendikbud Nomor 14 Tahun 2018 pasal 12 terdapat 2 cara seleksi calon siswa kelas 1 Sekolah Dasar diantaranya:

  1. Usia anak
  2. Jarak kawasan tinggal (berdasarkan kartu keluarga) dengan sekolah sesuai dengan ketentuan zonasi

Berikut ini ilustrasi dalam seleksi siswa baru kelas 1:

  1. Jika kandidat peserta bimbing gres mempunyai usia yang serupa, maka diprioritaskan menurut jarak kawasan tinggal ke sekolah.
  2. Jika usia dan jarak daerah tinggal sama, maka diprioritaskan menurut urutan pendaftaran

Dalam proses seleksi PPDB kelas 1 tidak ada tes membaca, menulis, maupun berhitung.

Pertanyaan

Segala bentuk pertanyaan mampu eksklusif dikomunikasikan dengan sekolah yang akan dituju. Pihak sekolah akan sangat terbuka apabila masyarakat hendak berkunjung ke sekolah berhubungan dengan penerimaan penerima asuh gres.

Berikut ini paling tidak yang mampu ditanyakan kalau Bapak dan Ibu orang tua calon siswa baru jika berkunjung ke sekolah:

  1. Persyaratan kandidat siswa baru
  2. Tanggal, proses seleksi, dan daftar ulang
  3. Daya tampung kelas 1

Anda juga mampu mengunduh dan membaca secara lengkap panduan lengkap PPDB jenjang Sekolah Dasar menurut Permendikbud Nomor 14 Tahun 2018 dengan cara klik disini.


Posted

in

by

Tags: