Simbiosis Amensalisme: Pemahaman, Acuan, Dan Gambar

Simbiosis amensalisme adalah relasi antara dua makhluk hidup atau lebih yang berbeda jenisnya, salah satunya dirugikan sedangkan yang lainnya tidak diuntungkan maupun dirugikan.

Terdapat 4 macam simbiosis yang umum dikenal diantaranya simbiosis mutualisme, simbiosis parasitisme, simbiosis komensalisme, dan simbiosis amensalisme. 

Contoh Simbiosis Amensalisme

1. Gulma dengan Tanaman Padi

simbiosis amensalisme gulma padi
http://budidayatanamanpadisawah.blogspot.com/2016/01/cara-pengendalian-gulma-pada-tanaman.html

Gulma mengeluarkan senyawa alelopati paling tinggi, yang menghambat pertumbuhan flora padi. Senyawa alelopati ini membuat padi tidak optimal dalam menyerap unsur hara dalam tanah. Sehingga kemajuan gulma akan lebih cepat daripada kemajuan padi.

Sehingga relasi antara gula dan tanaman padi tergolong simbiosis amensalisme. Karena tumbuhan padi tidak dapat tumbuh dengan baik sedangkan gulma secara alami memproduksi senyawa alelopati tidak diuntungkan maupun dirugikan.

Alelopati ialah suatu fenomena alam dimana suatu organisme (tumbuhan/hewan) memproduksi dan mengeluarkan senyawa biomolekul (disebut alelokimia) kepada lingkungan sekitarnya.

Senyawa tersebut memengaruhi perkembangan dan pertumbuhan organisme lain di sekitarnya. Hal ini dijalankan dengan tujuan untuk mengungguli kompetisi nutrisi dengan flora lain yang berlawanan jenis.

2. Pohon Walnut dan Tumbuhan Lain

pohon walnut
https://tekno.tempo.co/read/224285/pohon-walnut-pohon-betina

Pohon walnut juga menciptakan senyawa alelopati. Sehingga flora yang ada disekitar pohon walnut akan mengalami kesusahan untuk tumbuh. Sehingga hubungan yang terjadi adalah tumbuhan lain dirugikan sedangkan tumbuhan walnut tidak diuntungkan maupun dirugikan.

3. Pohon Pinus dan Tumbuhan Lain

pinus
https://pixabay.com/en/larch-forest-forest-larch-358064/

Pohon pinus merupakan salah satu pohon yang juga menghasilkan senyawa alelopati. Sering kita temui dikawasan hutan pinus tidak ditemukan tanaman lain sebab tumbuhan lain tidak mampu tumbuh.

4. Pohon Mangga dan Tanaman Lain

pohon mangga
https://jateng.antaranews.com/rincian/pohon-mangga-raksasa-ikon-desa-rekreasi-sukoharjo.html

Selain gulma, pohon pinus, dan pohon walnut. Pohon mangga juga menciptakan senyawa alelopati. Sehingga tanaman akan kesusahan tumbuh di bawah pohon mangga. Selain mengeluarkan senyawa alelopati, rindangnya pohon mangga juga menciptakan kesusahan tumbuhan yang mau tumbuh dibawah pohon mangga alasannya adalah kesusahan menerima cahaya matahari.

Baca Juga : Kumpulan Soal Simbiosis

5. Simbiosis Amensalisme Brokoli dan Kembang Kol

brokoli
http://reps-id.com/brokoli-kembang-kol-hijau-pencegah-kanker-2/

Brokoli menghasilkan residu yang dapat menyebabkan penyakit layu pada beberapa jenis sayuran bila dijadikan satu. Salah satu jenis sayuran yang hendak layu diantaranya kembang kol. Sehingga dalam interaksi ini kembang kol dirugikan sedangkan brokoli tidak diuntungkan maupun dirugikan.

6. Lamtoro dan Gandum

Lamtoro
http://www.faunadanflora.com/cara-menanam-lamtoro-atau-petai-cina/

Tumbuhan lamtoro atau lazimdisebut petai cina atau kemlanding ialah tumbuhan yang mudah ditemui dilingkungan sekitar. Salah satu tumbuhan yang banyak mempunyai khasiat dan mampu dijadikan lalapan ini mampu hidup berdampingan dengan aneka macam flora mirip jagung dan padi.

Tetapi flora ini tidak baik kalau disandingkan dengan gandum. Penyebabnya sebab flora lamtoro mengeluarkan zat/senyawa tertentu yang dapat menciptakan tumbuhan gandum tidak mampu berkembang dengan baik.

7. Jamur Penicillium sp dengan Bakteri Gram Positifjamur penicillium

Jamur Penicillium sp ialah salah satu jamur yang berfaedah bagi manusia. jamur ini dipakai dalam pengembangan antibiotik bagi insan. Tetapi jamur ini dapat menghambat kemajuan basil gram nyata. Bakteri ini merupakan basil yang dapat menyebabkan banyak sekali macam penyakit bagi insan.

Meskipun relasi jamur penicillium sp ini dengan insan merupakan simbiosis komensalisme, tetapi korelasi jamur penicillium sp dengan kuman gram nyata merupakan simbiosis amensalisme.

Masih ada yang belum disebutkan? silahkan tuliskan pola simbiosis amensalisme lainnya pada kolom komentar dibawah. Semoga isu ini mampu bermanfaat bagi pembaca.


Posted

in

by

Tags: