Contoh Alat Musik Gesek Diikuti Gambar Dan Video

Berdasarkan cara memainkannya, alat musik digolongkan menjadi empat ialah alat musik gesek, petik, pukul, dan tiup. Banyaknya alat musik dari tiap kalangan maka pembahasan perihal pola alat musik gesek, petik, pukul, dan tiup dibahas secara terpisah.

Contoh Alat Musik Gesek

Hampir seluruh alat musik gesek memakai dawai (senar) selaku bagian utama penghasil bunyi. Pada bagian belakang dawai disertai dengan ruang resonansi untuk menciptakan irama yang indah.

Berikut ini pola alat musik gesek dilengkapi dengan gambar dan video cara memainkannya:

1. Biola

biola
gambar: pixabay.com/en/music-violin-play-violin-2323517/

Biola adalah alat musik berdawai (memakai senar) yang dimainkan dengan cara digesek. Biola atau dalam bahasa inggris dikenal dengan nama violin atau fiddle. Merupakan salah satu alat musik yang cukup dikenal masyarakat. Cara memainkannya yakni dengan meletakkan diatas pundak lalu digesek. Permainan biola mampu dilihat pada video berikut:

2. Cello

cello
gambar: pixabay.com/en/violin-cello-performance-musician-3078149/

Cello ialah alat musik dari keluarga biola dengan ukuran yang lebih besar. Pemain cello biasa disebut cellis. Menggunakan empat dawai yang bersahabat kaitannya dengan permaian musik klasik di Eropa.

Permainan cello dapat dilihat pada video berikut:

3. Rebab

rebab
gambar: kamerabudaya.com/2016/11/mengenal-alat-musik-tradisional-rebab.html

Rebab ialah salah satu alat musik yang dikenal di pulau Jawa, Bali, dan Kalimantan. Rebab berasal dari kata al-rababa yang berasal dari bahasa arab yang mempunyai arti busur atau gondewa. Rebab mempunyai dua atau tiga dawai yang terbuat dari logam. Cara memainkannya dengan digesek.

Permainan rebab dapat dilihat lewat video berikut:

4. Tarawangsa

tarawangsa
gambar: digitalstamp.suppa.jp/musical_instruments_t/tarawangsa.html

Tarawangsa merupakan salah satu alat musik yang banyak dijumpai di daerah Jawa Barat. Menggunakan dua dawai yang yang dibuat dari kawat baja atau besi. Cara memainkan tarawangsa sedikit berlawanan alasannya adalah yang dawai yang digesek hanya satu, ialah yang paling bersahabat dengan pemain. Sedangkan dawai lainnya dipetik menggunakan jari telunjuk

Permainan tarawangsa mampu dilihat melalui video berikut:

5. Tehyan

tehyan
gambar: carabermainalatmusik.com/cara-bermainn-tehyan/

Tehyan ialah alat musik hasil akulturasi antara budaya Betawi dengan budaya Tiongkok sekitar periode ke-18 pada waktu tanah Jawa masih dikuasai Belanda. Tehyan pada jaman dulu sering dimainkan pada pesta ijab kabul hingga pemakaman.

Permainan tehyan dapat dilihat pada video berikut:

6. Arababu

Salah satu alat musik gesek yang berasal dari tanah Indonesia adalah arababu, tepatnya Maluku. Berdasarkan banyak sekali sumber, alat musik ini dibawa oleh para penjualArab yang masuk pada periode ke-16. Arababu pada mulanya seperti rebab, namun mengalami perkembangan yang hebat ditangan penduduk setempat hingga bentuknya seperti sekarang.

Arababu memiliki satu dawai yang dimainkan dengan cara digesek. Ukuran arababu sedikit lebih kecil dari rebab yang biasa diketahui di Pulau Jawa.

Permainan arababu dapat dilihat pada video berikut:

7. Haegeum

haegeum
gambar: allthemusicalinstrumentsoftheworld.com

Haegeum ialah salah satu alat musik gesek yang biasa dikenal di Korea. Alat musik ini memakai dua dawai yang digesek menggunakan busur yang yang dibuat dari ekor kuda.

Permaian haegeum mampu disimak pada video berikut:

8. Erhu

erhu
gambar: thomann.de/gb/thomann_practice_erhu.htm

Erhu ialah salah satu alat musik tradisional dari Tiongkok. Pada awalnya erhu menggunakan dua dawai yang terbuat dari sutra, namun sekarang lebih banyak memakai kawat logam maupun bahan kain. Kotak resonansi erhu berbentuk segi enam, delapan, maupun bundar. Erhu digesek menggunakan busur yang yang dibuat dari ekor kuda.

Permainan erhu dapat dilihat lewat video berikut:


Posted

in

by