6 Perbedaan Dikotil Dan Monokotil Pada Flora

Cara perkembangbiakan secara perkawinan (generatif) pada flora diawali dengan penyerbukan. Setelah proses penyerbukan dilanjutkan pembuahan yang nantinya akan menjadi biji. Biji pada flora dikelompokkan menjadi 2 yakni dikotil (berkeping dua) dan monokotil (berkeping satu). Perbedaan dikotil dan monokotil akan muncul dari tumbuhan mulai dari daun sampai akar.

Perbedaan Dikotil dan Monokotil

Perbedaan biji dikotil dengan biji monokotil tidak cuma pada keping bijinya saja. Berikut ini skema perbedaan antara kedua jenis tanaman menurut pada keping bijinya :

perbedaan dikotil dan monokotil
https://www.printablehd.host/perbedaan-monokotil-dan-dikotil.html#imglarge

Dari skema di atas, dapat kita peroleh klarifikasi bahwa tanaman dikotil maupun monokotil mempunyai beberapa perbedaan sebagai berikut:

1. Biji

Keping biji pada pada flora dikotil berkeping dua sehingga ketika terbentuk kecambah bijinya akan terbelah.

Pada tumbuhan monokotil berkeping satu maka biji tidak akan terbelah pada dikala berkecambah.

2. Akar

Tumbuhan dikotil memiliki akar dengan bentuk tunggang (akar tunggang). Akar tunggang memiliki kelebihan yang mampu dalam menembus tanah dan kuat.

Akar tanaman monokotil  berbentuk serabut. Akar serabut memiliki bentuk yang tipis dan kecil dalam jumlah yang banyak.

3. Batang

Jika batangnya diiris, tumbuhan dikotil mempunyai berkas pengangkut yang tersusun dalam suatu lingkaran dan mempunyai kambium. Kambium pada flora dikotil terdapat pada akar dan batang. Batangnya tanaman dikotil mempunyai banyak cabang.

Sedangkan tumbuhan monokotil berkas pengangkutnya tersebar dan tidak mempunyai kambium. Selain itu tanaman monokotil tidak memiliki cabang, sehingga tumbuhnya lurus ke atas.

4. Daun

Tumbuhan dikotil mempunyai tulang daun menyirip atau menjari, sedangkan tulang daun pada flora monokotil cenderung sejajar atau melengkung. Baca: Jenis, Fungsi, dan Struktur Daun pada Tumbuhan

5. Bunga

Tumbuhan dikotil mempunyai mahkota bunga dengan jumlah 2, 4, 5 atau kelipatannya. Sedangkan pada tumbuhan monokotil mahkota bunga cuma berisikan 3 atau kelipatannya. Mahkota ialah bab dari bunga yang berfungsi selaku alat perkembangbiakan generatif pada tumbuhan.

6. Klasifikasi

Tumbuhan dikotil dan monokotil dibedakan berdasarkan klasifikasinya. Berikut ini tabel penjabaran tanaman dikotil dan monokotil disertai dengan contohnya:

No Dikotil Monokotil
1. Euphorbiaceae
contoh: singkong
Gaminae
pola: jagung
2. Leguminoceae
contoh: kacang tanah
Palmae
contoh: kelapa
3. Solanacaeae
contoh: tomat
Musaceae
acuan: pisang
4. Myrtaceae
pola: jambu
Orchidaceae
pola: anggrek
5. Compositae
pola bunga matahari
Zingiberaceae
acuan: jahe

Demikian perbedaan dikotil dan monokotil pada tumbuhan. Semoga info ini dapat menawarkan faedah bagi perkembangan pendidikan. Gambar skema perbedaan flora dikotil dan monokotil mampu diunduh disini: Bagan Tumbuhan Dikotil dan Monokotil


Posted

in

by