Memahami Perbedaan Bilangan Dan Angka

Setiap hari kita pasti sering mengucapkan bilangan dan angka secara secara sengaja maupun tidak sengaja. Pada dasarnya secara ilmu matematika terdapat perbedaan bilangan dan angka.

Perbedaan Bilangan dan Angka

Berikut ini perbedaan mendasar antara bilangan dengan angka yang perlu kita pahami.

1. Bilangan

Bilangan yaitu sebuah rancangan matematika yang digunakan untuk pencacahan maupun pengukuran mirip panjang, berat, umur, luas, dan lain-lain.

Perbedaan Bilangan dan Angka

Sesuai dengan perkembangan zaman, cakupan bilangan menjadi sangat luas. Berikut cakupan bilangan yang dapat kami tampilkan dalam tabel, mungkin dikemudian hari akan berkembang lebih kompleks lagi.Dari cakupan diagram diatas, bilangan yang cakupannya terluas disebut dengan bilangan kompleks. Dari bilangan kompleks lalu dibagi menjadi dua ialah bilangan imajiner dan bilangan riil. Bilangan riil masih dibagi menjadi bilangan irasional dan bilangan rasional. Bilangan rasional dibagi menjadi bilangan kepingan dan bilangan bundar. Bilangan lingkaran dibagi menjadi bilangan negatif dan bilangan cacah. Bilangan cacah terdiri dari bilangan lingkaran kasatmata dan nol (0).

Contoh bilangan prima = 2, 3, 5, 7, 11, …
Contoh bilangan komposit = 4, 6, 8, 9, 10, …
Contoh bilangan negatif = -1, -2, -3, -4, …

2. Angka

Angka atau digit yakni suatu tanda atau lambang yang digunakan untuk melambangkan bilangan. Untuk membentuk sebuah bilangan niscaya memerlukan angka. Seperti pada bilangan 25 (dua puluh lima) maka dilambangkan dengan angka 2 (dua) dan 5 (lima). Pada bilangan romawi maka ditunjukkan dengan X, X, dan V.

Untuk membentuk berbagai bilangan maka kita biasanya memakai 10 bentuk lambang dari 0, 1, 2, 3, 4, 5, 6, 7, 8, dan 9. Sehingga terbentuk banyak sekali variasi bilangan yang mempunyai makna.

3. Contoh

150

150 merupakan bilangan yang melambangkan kuantitas (pengukuran berat, panjang, dan lain-lain) seperti “Andi memiliki tinggi tubuh 150 cm.”

Pada bilangan 150 (seratus lima puluh) terdapat tiga angka yang menyusun bilangan tersebut yaitu 1, 5, dan 0. Angka 1, 5, dan 0 mampu dipakai untuk melambangkan bilangan lain seperti 105, 501, 510.

Meskipun memakai angka yang sama, jika posisinya diubah-ubah maka akan membentuk bilangan yang berlawanan-beda nilainya.


Posted

in

by

Tags: