Acara Sekolah Memperingati Hari Hero

Pada tanggal 10 November setiap tahunnya kita sering memperingati hari pahlawan. Setiap forum melakukan upacara hari hero tidak terkecuali di sekolah. Selain melakukan upacara bendera di sekolah lazimnya dilanjutkan dengan aneka macam acara yang berkaitan dengan hari hero.

Contoh Kegiatan dalam Memperingati Hari Pahlawan

Berikut ini beberapa pola kegiatan yang mampu dilakukan di sekolah dalam memperingati hari hero.

1. Menonton Film Perjuangan

Melalui menonton eksklusif film perjuangan maka siswa akan menemukan pengalaman lewat visual dan audio. Dengan cara ini menanamkan semangat pendekar dalam diri siswa akan lebih mudah dibandingkan dengan cuma membaca melalui buku.

Setiap akseptor ajar mampu mengikuti kegiatan menonton film bersama. Tanpa memandang jenjang kelas maupun usia. Untuk melaksanakan hal ini, sekolah mesti merencanakan kemudahan berupa proyektor dengan layar dan pengeras bunyi.

Selain itu juga mesti memperhatikan pencahayaan, semakin jelas ruangan maka gambar yang dipancarkan proyektor akan menjadi kurang baik. Hal ini menjadi hambatan kalau ingin dilaksanakan di luar ruangan dan pada waktu siang hari.

Baca: Contoh Kebiasaan Baik Yang Bisa Diterapkan di Sekolah

2. Lomba Baca Biografi Pahlawan

Selain menonton film yang bertemakan perjuangan, sekolah juga bisa menyelenggarakan lomba-kontes. Salah satunya lomba membaca biografi jagoan yang paling mempesona berdasarkan siswa. Sumbernya mampu diambil dari buku di perpustakaan sekolah maupun dari wikipedia.

Melalui kontes ini siswa mampu meningkatkan pemahaman tentang satria di Indonesia. Sekaligus memajukan kesanggupan mengatakan dan tampil di depan umum. Hal ini dapat berdampak nyata pada mental siswa.

Lomba ini mampu disertai siswa kelas atas, mulai dari kelas 4, 5, dan 6. Bahkan masih sesuai untuk siswa Sekolah Menengah Pertama maupun SMA.

3. Lomba Menggambar/Mewarnai Gambar Pahlawan

Lomba kedua yang bisa dilakukan dalam rangka memperingati hari hero di sekolah yakni menggambar dan mewarnai gambar hero. Dengan menggambar dan mewarnai, siswa akan mulai mengenali ciri-ciri satria. Sehingga siswa dapat dengan mudah hafal siapa saja pahlawan di Indonesia.

Untuk mendapatkan gambar hitam putih, Bapak dan Ibu Guru dapat mencari di google atau cukup klik disini. Kegiatan lomba mewarnai dapat diikuti siswa kelas 1 dan kelas 2. Sedangkan untuk menggambar dapat diikuti siswa kelas 3 dan kelas 4.

Karena berbentuk kontes, baik kontes membaca, menggambar, dan mewarnai membutuhkan hadiah. Sekolah sebaiknya telah menyediakan sebelum dilakukan acara kontes.

4. Ziarah ke Makam Pahlawan

Mengunjungi makam para hero serta mendoakan mereka merupakan salah satu bentuk penghormatan bagi satria bangsa. Kegiatan ini juga mengajarkan siswa cara melakukan ziarah yang baik dikala ke makam.

Hal ini dapat dengan mudah dilaksanakan bila sekolah berada dekat dengan makam satria. tetapi bagi yang letaknya jauh maka mesti menyiapkan transportasi yang memadahi bagi seluruh siswa dan guru.

5. Berkunjung ke Museum

Museum ialah salah satu tempat yang sempurna untuk belajar sejarah. Dalam museum sudah disajikan secara menarik sejarah yang berhubungan dengan tema museum. Selain berwisata siswa juga sekaligus belajar tentang sejarah dan perjuangan para jagoan.

Sebelum berkunjung ke museum, seharusnya guru telah membuatkan daftar peran yang harus dicatat dan dipelajari siswa selama berkunjung ke museum. Sehingga siswa dapat terkondisi dengan baik selama acara tersebut.

Seperti halnya berkunjung ke makam pendekar, berkunjung ke museum juga memerlukan angkutanyang perlu dipersiapkan jauh hari.

Demikian beberapa aktivitas yang mampu dilaksanakan dalam rangka memperingati hari pahlawan di sekolah. Bagaimana dengan aktivitas di sekolah Bapak dan Ibu? Silahkan tuliskan pada kolom komentar di bawah. Semoga dapat menginspirasi sekolah-sekolah lain yang ada di Indonesia.


Posted

in

by