Pola Paragraf Deduktif, Induktif, Dan Gabungan

Dalam suatu paragraf yang bagus selalu terdapat kalimat utama dan kalimat penjelas. Paragraf yang disusun dari kalimat utama kemudian diikuti dengan beberapa kalimat penjelas disebut dengan kalimat deduktif. Sedangkan jikalau suatu paragraf diawali dengan beberapa kalimat penjelas dan diakhiri dengan kalimat utama disebut dengan kalimat induktif.

Tetapi tidak berhenti hingga 2 jenis tersebut. Masih terdapat satu jenis paragraf lagi ialah paragraf adonan. Meskipun demikian, pada jenjang Sekolah Dasar (Sekolah Dasar) jenis paragraf campuran ini belum dipelajari. Dan baru akan dipelajari mulai jenjang SMP (Sekolah Menengah Pertama) dan seterusnya. Berikut ini pengertian serta pola dari setiap jenis paragraf.

Paragraf Deduktif

Pengertian Paragraf Deduktif

Paragraf deduktif ialah paragraf yang kalimat terutama terletak di awal paragraf. Kemudian dilengkapi dengan kalimat penjelas berupa fakta maupun pola. Pola paragraf deduktif yaitu dari biasa ke khusus.

Contoh Paragraf Deduktif

Daun salam memiliki banyak faedah. Selain untuk menyedapkan masakan ternyata daun salam bermanfaat untuk menyembuhkan banyak sekali penyakit. Salah satunya, menurunkan kadar kolesterol. Selain itu, mampu pula untuk menyembuhkan diabetes dan penyakit mag akut.

Baca juga: Cara Membuat Kesimpulan Paragraf maupun Teks Bacaan

Paragraf Induktif

Pengertian Paragraf Induktif

Paragraf induktif adalah paragraf yang kalimat utamanya terletak di simpulan paragraf. Pada paragraf ini diawali dengan kalimat penjelas, pola, fakta maupun bukti dan diakhiri dengan kalimat utama. Pola paragraf induktif ialah dari khusus ke lazim.

Contoh Paragraf Induktif

Manfaat pengecap buaya diantaranya menyuburkan rambut, menetralisir ketombe, menyembuhkan luka, dan menetralisir bisul. Lidah buaya juga memiliki kegunaan untuk meningkatkan kekebalan badan. Selain itu, pengecap buaya juga mengandung zat-zat yang berfungsi sebagai antioksidan. Tanaman lidah buaya atau aloevera memiliki banyak faedah dan khasiat.

Baca juga: Cara menciptakan kalimat pribadi disertai dengan contohnya

Paragraf Campuran

Pengertian Paragraf Campuran

Paragraf campuran yaitu paragraf yang diawali dengan menyajikan kalimat utama lalu di dukung dengan kalimat-kalimat penjelas, kemudian diakhiri oleh kesimpulan pada bab selesai paragraf. Sehingga paragraf campuran mempunyai 2 kalimat utama. Pola paragraf adonan yakni biasa – khusus – biasa .

Contoh Paragraf Campuran

Indonesia memiliki ragam bahasa daerah. Dari Sabang hingga Merauke memiliki ragam bahasa tempat masing-masing. Keragaman tersebut sering kali menjadi hambatan dalam berinteraksi jikalau tidak menguasai. Oleh karena itu, Bahasa Indonesia mesti menjadi pemersatu dari banyak sekali ragam bahasa di Indonesia.


Posted

in

by