Alat Pernapasan Insan: Penjelasan Dan Gambar

Bernapas merupakan keperluan utama bagi makhluk hidup. Pernapasan dibutuhkan oleh makhluk hidup untuk mengubah zat-zat masakan menjadi energi. Proses pada alat pernapasan insan dan binatang dengan cara menghirup oksigen dan mengeluarkan karbondioksida. Sedangkan pada tanaman dengan cara menghirup karbondioksida dan mengeluarkan oksigen.

Pada halaman ini teman kependidikan akan mencar ilmu ihwal organ pernapasan pada insan. Meliputi alat-alat pernapasan yang terdiri dari rongga hidung, tenggorokan, bronkus, bronkiolus, alveolus, dan paru-paru.

Alat Pernapasan pada Manusia

Alat pernapasan merupakan organ-organ yang diharapkan untuk proses bernapas, diantaranya: rongga hidung, tenggorokan, bronkus, bronkiolus, dan alveolus

sumber: id.wikipedia.org

1. Rongga Hidung

Hidung yaitu bab paling permulaan udara dapat masuk menuju paru-paru. Pada hidung terdapat rambut hidung dan lendir yang berfungsi untuk menyaring debu maupun kotoran. Selain itu juga terjadi pembiasaan suhu dan kelembaban sehingga mampu diterima oleh badan.

2. Tenggorokan

Tenggorokan yaitu penghubung antara rongga hidung dengan paru-paru. Tenggorokan terbagi menjadi 3 bagian, diantaranya faring, laring, dan trakea.

a. Faring

Faring ialah saluran berbentuk mirip tabung kerucut yang dimulai dari bagian belakang hidung dan rongga ekspresi sampai dengan bab sebelum laring. Faring pada orang cukup umur lazimnya mempunyai panjang 10 sampai dengan 12 cm.

b. Laring

Laring yakni organ pada leher yang berfungsi sebagai penghasil suara. Laring berfungsi selaku pelindung terusan pernapasan (trakea) dengan cara menutup secara cepat pada stimulasi mekanik, sehingga menghalangi masuknya benda aneh ke dalam susukan napas.

c. Trakea

Trakea yakni alat pernapasan manusia yang berupa tabung dengan diameter 2 – 2,5 cm dengan panjang 10 – 15 cm. Trakea tersusun dari 20 tulang rawan yang berupa cicin. Trakea menghubungkan laring dengan bronkus.

3. Bronkus

Bronkus yaitu batang tenggorokan yang bercabang menuju paru-paru kanan dan paru-paru kiri. Bronkus membagi udara yang masuk menuju paru-paru kiri dan paru-paru sebelah kanan.

4. Bronkiolus

Bronkiolus yakni percabangan yang lebih kecil sehabis bronkus. Bronkiolus berperan mengalirkan oksigen dari bronkus menuju alveolus.

5. Alveolus

Alveolus yaitu ujung-ujung bronkiolus yang melekat pada paru-paru. Pada alveolus terjadi pertukaran oksigen dan karbondioksida yang diikat oleh darah. Oleh darah oksigen akan diedarkan untuk proses pembakaran dalam tubuh dan akan menciptakan karbondioksida. Karbondioksida ini akan kembali dibawa oleh darah menuju alveolus dan dilepaskan keluar badan.

Proses Pernapasan Manusia

Proses pernapasan manusia diketahui melalui dua cara. Diantaranya pernapasan dada dan pernapasan perut.


Posted

in

by

Tags: