Perbedaan Buah, Sayur, Dan Umbi

Kita semua niscaya pernah mengonsumsi buah, sayur, dan umbi seperti tomat, wortel, kacang panjang, cabe, ketela, dan masih banyak lagi. Tetapi, tahukah kamu ternyata sebagian besar dari kita tidak tahu perbedaannya apakah yang kita makan tersebut tergolong buah, sayur, atau umbi. Buah, sayur, maupun umbi intinya digunakan tumbuhan selaku alat perkembangbiakan generatif maupun vegetatif. Pada halaman ini kita akan mempelajari perbedaan buah, sayur, dan umbi.

Perbedaan Buah, Sayur, dan Umbi

Untuk mengetahui perbedaan buah, sayur, dan umbi kita perlu mengetahui definisi dari masing-masing.

Pengertian Buah

Buah ialah hasil dari pertumbuhan maupun pertumbuhan dari bunga. Secara botani (ilmu yang mempelajari wacana berkembang-tumbuhan) kacang-kacangan, biji-bijian, serta buah yang berkulit keras tergolong dalam buah. Sedangkan secara umum buah memiliki ciri menghasilkan aroma maupun rasa yang elok.

Berdasarkan pemahaman di atas dapat kita ambil contoh buah-buahan diantaranya kacang panjang, tomat, mangga, pepaya, manggis.

Pengertian Sayur

Sayur yakni bagian atau seluruh tanaman lunak yang mampu dimakan secara pribadi tanpa perlu diolah dan tidak tergolong dalam kuliner pokok.

Istilah sayur tidak berdasarkan secara botani, tetapi lazimnya timbul karena lebih pada penggunaannya atau pemanfaatannya.

Sebagai pola, berdasarkan pengertian sayur di atas maka cabai dan tomat yang semula tergolong buah karena kebiasaan pemanfaatannya secara pribadi dan lebih sering disantap tanpa perlu diolah maka dalam hal ini cabe dan tomat termasuk dalam sayur.

Buah yang secara botani termasuk dalam sayur kebanyakan tidak memiliki rasa bagus.

Pengertian Umbi

Umbi ialah bab batang atau akar yang mengalami pergeseran dalam bentuk, ukuran, dan fungsinya. Kita kebanyakan mengenal dua jenis umbi, yakni umbi batang dan umbi akar.

Umbi batang adalah umbi yang terbentuk dari pembesaran batang atau penyesuaian dari batang tersebut. Contoh dari umbi batang yakni ubi dahlia dan kentang.

Sedangkan umbi akar yaitu umbi yang terbentuk dari pembesaran akar. Contoh dari umbi akar adalah wortel, lobak, ketela pohon (singkong), ubi jalar, dan garut.

Kesimpulan

Jika kita amati klarifikasi di atas, maka mampu kita simpulkan bahwa sebagian buah yang disebabkan penggunaanya maka akan tergolong dalam sayuran. Sedangkan kalau ialah pembesaran dari batang maupun akar tergolong dalam golongan umbi.


Posted

in

by

Tags: