Teladan Flora Pemakan Serangga

Dalam menjaga hidupnya, flora beradaptasi dengan banyak sekali cara. Pada umumnya flora menemukan nutrisi yang berasal dari mineral dan tanah. Tetapi terdapat beberapa tanaman yang mengikuti keadaan seperti hewan karnivora yaitu dengan menjadi tumbuhan pemakan serangga untuk memperoleh nutrisi. Ini menjadi contoh tumbuhan pemakan serangga yang umumnya cuma menyerap nutrisi dari tanah namun menjadi pemangsa binatang.

Tumbuhan Pemakan Serangga

Menjadi pemakan serangga merupakan salah satu bentuk pembiasaan fisiologi pada tanaman. Bentuk penyesuaian ini lazimnya dialami oleh flora yang hidup didaerah yang kering dan kurang subur atau bisa juga alasannya persaingan mendapatkan nutrisi dari air maupun tanah cukup sukar alasannya adalah banyaknya tanaman disekitarnya.

Tim kependidikan telah mengumpulkan beberapa acuan flora yang hidup selaku tanaman pemakan serangga, diantaranya :

1. Nepenthez (latin) / Kantong Semar

kantong semar tumbuhan pemakan serangga
kantong semar

Kantong semar yakni flora pemakan serangga (insektivora). Pada bagian yang berbentuk kantong yaitu daun yang berganti bentuk menjadi kantong. Pada bab dalam kantong semar terdapat cairan yang menawan bagi serangga.

Cara kantong semar menjebak serangga adalah dengan anyir yang dikeluarkan cairan dari kantongnya mengundang serangga untuk tiba. Ketika serangga masuk dalam kantong tersebut, serangga akan tergelincir karena licin dan masuk dalam cairan yang mengandung enzim-enzim untuk mencerna serangga yang terperangkap oleh kantong semar.

2. Venus Flytrap / Dionea Muscipula (latin)

venus flytrap
venus

Tumbuhan Venus mempunyai daun yang ujungnya berduri. Di tengah-tengah daun terdapat bulu halus yang sensitif jika disentuh serangga akan menutup.

Ketika siap menawan mangsa daun tersebut terbuka, dan ketika terdapat mangsa memasuki maka akan menutup secara datang-tiba dan menahan serangga tersebut supaya tidak terlepas. Kemudian enzim dalam flora tersebut akan mencerna serangga yang tertanggap secara perlahan.

3. Drosera / Embun Matahari

drosera

Tumbuhan embun matahari (drosera) ialah salah satu contoh tanaman pemakan serangga dengan menyebabkan bagian tubuhnya lengket. Cara untuk membuat serangga tiba ialah dengan aroma dan warna yang menonjol . Setelah mendekat maka rambut-rambut halus yang ada pada daun akan lengket dengan serangga tersebut.

4. Aldrovanda Vesicula / Kincir Air

Tumbuhan Aldrovanda Vesicula ialah salah satu jenis flora air yang menjadi pemangsa bagi hewan-hewan avertebrata (hewan tak bertulang belakang) kecil. Cara kerja tumbuhan ini seperti dengan flora venus yang hendak menutup saat rambut-rambut halus ditengah-tengah disentuh oleh hewan-binatang kecil.

5. Brocchinia Reducta

Sumber: carnivorousplantsociety.ca

Brocchinia Reducta yaitu tumbuhan yang tumbuh di benua Amerika bagian selatan. Tumbuhan ini tumbuh di tempat yang tandus dan bebatuan sehingga sukar mendapatkan nutrisi dari tanah. Memiliki daun yang menghadap ke atas membuat tanaman ini mampu memuat air di sela-sela daun. Selain itu pada permukaan daunnya terdapat lapisan lilin yang membuat licin bagi serangga yang hingga di daun tersebut.

Untuk menyanggupi nutrisi tersebut tanaman menjebak serangga yang hinggap atau melewati tanaman tersebut. Cara Brocchinia Reducta memperoleh nutrisi pemanis dari serangga yakni dengan menahan air disela-sela daunnya. Ketika serangga hinggap didaun untuk menerima air, serangga tersebut akan terpeleset sebab daun yang licin dan terjebak dalam air. Enzim dan kuman dalam air tersebut akan mencerna serangga dan nutrisinya akan diserap oleh daun.

6. Byblis / Tumbuhan Pelangi

Tumbuhan pelangi merupakan tumbuhan yang berhabitat di Australia. Tumbuhan ini mempunyai daun yang panjang berbentuk seperti ranting-ranting kecil. Di setiap daunnya terdapat rambut-rambut halus yang mengeluarkan zat musilaginous seperti lendir yang lengket. Zat ini dapat menawan serangga yang kebetulan melalui tumbuhan tersebut.

Cara tanaman ini menangkap serangga yakni diawali ketika serangga tertarik dengan zat musilaginous yang dikeluarkan rambut-rambut halus pada daun flora pelangi. Ketika serangga mendekat dan hinggap di rambut-rambut halus tersebut maka akan menempel dan terperangkap dalam lendir tersebut. Kemudian serangga tersebut akan dicerna memakai enzim dari tanaman tersebut berikutnya nutrisinya akan diserap melalui daun.

7. Darlingtonia California / Lily Cobra

Tumbuhan yang berasal dari California Utara ini habitat hidupnya di kawasan rawa-rawa yang asam dan miskin komponen hara. Tumbuhan ini berbentuk mirip kobra dan mempunyai kendi yang berfungsi sebagai daerah untuk menjebak mangsanya.

Contoh flora pemakan serangga lain diantaranya cephalotus, pembuka botol (genlisea), heliamphora, butterwort, sarracenia, dan utricularia. Dari keseluruhan flora tersebut mengikuti keadaan untuk mencukupi kebutuhan nutrisi berbentuknitrogen dari serangga yang didapatnya.


Posted

in

by

Tags: