Ciri-Ciri Herbivora, Karnivora, Dan Omnivora

Pernahkah kamu memperhatikan apa saja makanan binatang? Beberapa hewan makan rumput, sedangkan yang lainnya harus makan hewan lain. Berdasarkan jenis makanannya makhluk hidup dapat digolongkan kedalam herbivora, karnivora, dan omnivora. Hewan herbivora, karnivora, dan omnivora ini memiliki ciri-ciri yang khusus yang membedakannya. Berikut ini klarifikasi diikuti dengan ciri-ciri dan contoh dari penggolongan jenis hewan berdasarkan makanannya.

Pengertian dan Ciri Hewan Herbivora, Karnivora, dan Omnivora

Makhluk hidup ini dalam rantai kuliner menduduki posisi pelanggan yang berisi hewan dan insan. Secara khusus penggolongan dibawah ini hanya membahas perihal binatang dan tidak memasukkan manusia pada rantai makanan tersebut.

A. Herbivora

Herbivora ialah makhluk hidup yang masakan khususnya ialah tanaman, disebut juga pemakan flora. Pada rantai makanan, makhluk hidup ini lazimnya menduduki pelanggan tingkat I (pertama).

Ciri-Ciri Hewan Herbivora

Berikut ini ciri biasa yang dimiliki hewan herbivora:

1. Struktur Gigi

a. Mempunyai gigi etika dan premoral

Gigi molar dan premolar herbivora memiliki permukaan penggiling yang rata berfungsi melumat dan menghancurkan daun, batang, buah, maupun akar tumbuhan sehingga lebih gampang dicerna. Gigi ini mampu berkembang berkesinambungan sepanjang hidup hewan herbivora.

b. Mempunyai gigi seri

Gigi seri pada herbivora berbentuk pipih tajam ini berguna untuk merobek, menyayat, dan mengoyak daun, batang, buah, maupun akar agar terlepas dari pohonnya.

c. Tidak mempunyai gigi taring

Gigi taring pada binatang herbivora berkembang serupa dengan gigi seri, sehingga seakan-akan hewan ini tidak memiliki gigi taring.

2. Memiliki Usus Panjang

Sel pada tumbuhan memiliki pelindung yang tebal disebut selulosa. Berfungsi untuk melindungi sel flora dari kerusakan. Pada saat disantap binatang, selulosa ini juga menghalangi bab-bab tumbuhan untuk dicerna dengan cepat. Sehingga binatang menyesuaikan diri dengan usus yang panjang supaya pencernaanya sempurna.

3. Kemampuan Berkembang biak

Hewan herbivora pada umumnya mempunyai kesanggupan menghasilkan anaknya dengan intensitas yang lebih tinggi dibandingkan binatang karnivora.

4. Hidup berkelompok

Hidup secara berkelompok merupakan kebiasaan hewan pemakan tanaman. Kelompok-golongan hewan ini biasanya dalam jumlah yang banyak dengan tujuan untuk melindungi diri serta binatang yang lebih kecil dari pemangsa.

Contoh Hewan Herbivora

  1. kuda,
  2. kambing,
  3. sapi,
  4. jerapah,
  5. rusa,
  6. zebra.

B. Karnivora

Karnivora yaitu makhluk hidup yang kuliner khususnya adalah binatang lain, disebut juga pemakan daging. Pada rantai makanan, makhluk hidup ini biasanya menduduki konsumen tingkat II (dua), III (tiga) dan seterusnya.

Ciri-ciri Hewan Karnivora

Berikut ini ciri biasa yang dimiliki hewan karnivora:

1. Struktur Gigi

a. Mempunyai gigi etika dan premoral

Gigi molar dan premolar karnivora memiliki tepi permukaan yang tidak rata berfungsi untuk memotong daging hewan mangsa menjadi bagian-bagian yang lebih kecil. Gigi ini tidak dapat berkembang berkelanjutan sepanjang hidup binatang karnivora.

b. Mempunyai gigi seri

Gigi seri pada karnivora berupa runcing berkhasiat untuk menangkap mangsa.

c. Mempunyai gigi taring

Gigi taring pada hewan karnivora condong mencolokdan tajam berfungsi untuk membunuh mangsa serta merobek-robek daging mangsanya dengan mudah.

2. Memiliki Usus Pendek

Daging yang disantap binatang karnivora lebih gampang dicerna ketimbang flora, sehingga binatang ini mengikuti keadaan dengan memiliki usus yang lebih pendek.

3. Kuku Runcing dan Tajam

Hewan karnivora menggunakan kuku yang runcing, melengkung, dan tajamnya dalam menangkap mangsanya. Struktur kuku ini menciptakan mangsa yang telah diterkam susah untuk melepaskan diri.

4. Kemampuan Berkembang biak

Hewan karnivora kebanyakan mempunyai kemampuan menghasilkan anaknya dengan intensitas yang lebih rendah dibandingkan binatang herbivora.

5. Hidup Individual/Berkelompok Kecil

Hewan karnivora cenderung untuk hidup menyendiri. Beberapa hewan karnivora hidup berkelompok, namun jumlah binatang dalam kelompok tersebut terbatas.

Contoh Hewan Karnivora

  1. macan,
  2. ular,
  3. buaya,
  4. singa,
  5. serigala,
  6. anjing.

C. Omnivora

Omnivora ialah makhluk hidup yang kuliner terutama ialah semua jenis kuliner, baik yang berupa tumbuhan maupun daging. Biasa disebut dengan pemakan segala. Dalam rantai kuliner, hewan omnivora lebih merata yang mampu berada pada posisi pelanggan I maupun pelanggan II.

Ciri-Ciri Hewan Omnivora

Berikut ini ciri-ciri biasa yang dimiliki hewan omnivora:

1. Struktur Gigi

Secara lazim struktur gigi mirip dengan binatang herbivora yang memiliki gigi tabiat dan premoral. Gigi ini dapat mengunyah masakan sampai lembut. Selain itu hewan omnivora mempunyai gigi seri dan taring yang tajam sehingga mampu mengoyak daging.

2. Kemampuan Berkembang Biak

binatang omnivora memiliki kesanggupan meningkat biak yang tinggi, seperti pada binatang herbivora.

Contoh hewan omnivora

  1. tikus,
  2. babi,
  3. kera,
  4. kelelawar.


Posted

in

by