Contoh Soal Menunjukkan Kalimat Yang Tidak Cocok Dengan Kaidah – Unbk Smp 2020

_ Kali ini admin akan membagikan contoh soal cobaan nasional sesuai dengan kisi-kisi mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas 9 tahun 2019. Semoga contoh soal yang admin bagikan di sini dapat menolong anak didik dalam mencari teladan soal cobaan nasional indikator soal memperlihatkan kalimat yang tidak cocok dengan kaidah. Selamat mencar ilmu, biar apa yang kalian pelajari hari ini memberi faedah buat kalian semua. 

 Kali ini admin akan membagikan contoh soal ujian nasional sesuai dengan kisi Contoh Soal Menunjukkan Kalimat yang Tidak Sesuai dengan Kaidah - UNBK SMP 2020
www.ilmubinco.com
Contoh Soal UN:

1. Perhatikan paragraf berikut!
1) Dua ruas jalan di Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, ambles balasan hujan lebat semenjak selasa, 27 November 2018 siang. 2) Peristiwa ini disampaikan Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Banyumas, Prasetyo Budi Widodo. 3) Berada di ruas jalan kabupaten yang menghubungkan Desa Kalikesur dan Desa Windujaya, Kecematan Kedungbanteng. 4) Selain itu, titik ambles berada di ruas jalan desa yang masuk kawasan Desa Windujaya.
Kalimat yang tidak tepat dalam paragraf tersebut ditunjukkan pada kalimat berangka ….
A. 1)
B. 2)
C. 3)
D. 4)
Jawaban: C

2. Perhatikan kalimat berikut!
Kereta Api Joglosemarkerto hubungan Yogyakarta- Solo – Semarang – Purwekerto resmi diluncurkan di Stasiun Solo Balapan Solo, Jawa Tengah. Acara pelantikan peluncuran kereta api tersebut dilaksanakan pada Sabtu, 1 Desember 2018. Peluncuran dilakukan dengan prosesi pemecahan kendil dan pemotongan tali rangkaian bunga KA Joglosemarkerto.
Perbaikan kalimat bercetak miring tersebut adalah ….
A. Peluncuran KA Joglosemarkerto dijalankan dengan prosesi pemecahan kendil dan pemotongan tali rangkaian bunga.
B. Joglosemarkerto dikerjakan peluncuran KA dengan prosesi pemecahan kendil dam pemotongan tali rangkaian bunga.
C. Dilakukan dengan peluncuran KA Joglosemarkerto prosesi pemecahan kendil dan pemotongan tali rangkaian bunga
D. Peluncuran KA Joglosemarkerto dilaksanakan pemecahan kendil dan pemotongan tali rangkaian bunga dengan prosesi
Jawaban: A

3. Perhatikan paragraf berikut!
Sampah menumpuk di sepanjang jalan Karang Satria, Desa Karang Satria, Desa Karang Satria, Kecematan Tambun Utara, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat. Warga RT. 006 lokal, Hasanah, mengatakan penumpukan sampah telah lama terjadi dan belum pernah dimuat. Menurutnya, eksistensi sampah-sampah tersebut menimbulkan anyir tidak sedap di lingkungan daerah tinggalnya. Hasanah berharap pemerintah lokal segera menanggulangi duduk perkara penumpukan sampah tersebut. Pemerintah telah menindak tegas para pembuang sampah asal-asalan.
Kalimat bercetak miring dalam paragraf tersebut salah sebab ….
A. penggunaan kalimat tidak baku
B. penggunaan kalimat tidak efektif
C. penggunaan kalimat tidak padu
D. penggunaan kalimat berlebihan
Jawaban: C
4. Perhatikan paragraf berikut!
Kacang kedelai secara alami mengandung banyak asam lemak, protein, vitamin dan mineral. Nutrisi-nutrisi ini memperlihatkan energi dan membantu menjaga tubuh biar berfungsi maksimal. Salah satu faedah susu kedelai mampu menghalangi osteoporosis untuk mengembangkan daya serap kalsium. Kedelai mampu mengandung beragam mikronutrium yang berpeluang mempertahankan kesehatan mental.
Perbaikan kalimat yang bercetak miring dalam paragraf tersebut agar menjadi padu yaitu ….
A. Salah satu manfaat susu kedelai berkaitan dengan asam lemak omega -3 dan omega -6 untuk keperluan pembuluh darah
B. Salah satu manfaat susu kedelai ialah memiliki kandungan gula yang lebih rendah untuk penurunan berat badan
C. Salah satu manfaat susu kedelai menghambat pertumbuhan diabetes tipe 2 yang mengandung mikronutrien
D. Salah satu manfaat susu kedelai ialah membantu meminimalkan risiko terkena tekanan mental

Jawaban: D

5. Bacalah paragraf berikut!
Matcha dan sencha ialah dua jenis teh hijau ocha yang cukup populer di Jepang. Matcha merupakan bubuk ocha yang dibentuk dengan teknik tertentu memakai watu. Dahulu Matcha dimakan saat upacara minum teh. Namun, sekarang matcah telah menjadi bab hidup sehari-hari. Selain diminum dalam bentuk teh, matcha bisa ditemukan dalam es krim, kue, dan kuliner lainnya. Sencha ialah varian yang paling banyak diproduksi di Jepang. Sencha mempunyai rasa sepat alasannya adalah mengandung banyak chatecin, tetapi orang-orang Jepang merasa mengonsumsi sencha menjadi lebih segar. Ocha dibudidayakan dengan cara menutup daerah perkebunan teh memakai terpal semoga tidak terkena sinar matahari.
Kalimat terakhir pada paragraf tersebut terdapat kesalahan karena penggunaan ….
A. kalimat tidak efektif
B. kalimat tidak padu
C. kalimat berlebihan
D. kalimat ambigu

Jawaban: B

Demikianlah yang mampu admin bagikan perihal Contoh Soal Menunjukkan Kalimat yang Tidak Sesuai dengan Kaidah dalam Ujian Nasiona bahasa Indonesia kelas 9. Semoga acuan soal yang admin bagikan ini mampu menolong anak bimbing dalam mencari pola soal modern seputar mata pelajaran bahasa Indonesia. Selamat belajar dan semoga sukses.

BUKA SOAL
Menentukan Alasan Kesalahan Penggunaan Ejaan dan Tanda Baca


    Posted

    in

    by

    Tags: