Gaji Ke-13 Pns, Tni, Dan Polri Tahun 2020

Sudah menjadi kebiasaan bahwa Pegawai Negeri Sipil (PNS) setiap tahunnya menerima gaji ke-13. Tak terkecuali tahun 2020 ini, pemerintah telah menerbitkan PP Nomor 44 Tahun 2020 tentang Pemberian Gaji, Pensiun, Tunjangan, Atau Penghasilan Ketiga Belas Tahun 2020 Kepada Pegawai Negeri Sipil, Prajurit TNI, Anggota Kepolisian Negara Republik Indonesia, Pegawai Nonpegawai Negeri Sipil, Dan Penerima Pensiun Atau Tunjangan. PP ini ditetapkan sekaligus diundangkan pada tanggal 7 Agustus 2020.

Berdasarkan PP Nomor 44 Tahun 2020 pasal 2, yang menerima gaji ke-13 ini tidak hanya PNS, tetapi juga diberikan kepada serdadu Tentara Nasional Indonesia, Anggota POLRI, sampai dengan peserta pensiun dan CPNS. Pada pasal 4 juga disampaikan bahwa beberapa pegawai tidak akan mendapatkan honor ke-13. Mulai dari presiden dan wakil presiden, MPR, dewan perwakilan rakyat, sampai dengan PNS, prajurit Tentara Nasional Indonesia, dan anggota POLRI yang diperintahkan di luar instansi yang gajinya dibayar oleh instansi daerah penugasan.

Baca juga: Besaran Gaji Seorang Guru

Pencairan honor ke-13 bagi PNS akan dicairkan pada bulan Agustus tahun 2020. Besaran yang akan diterima sesuai dengan honor yang diterima pada bulan Juli 2020 yang meliputi gaji pokok, perlindungan keluarga, dan santunan jabatan atau pinjaman lazim. Sedangkan untuk CPNS akan diberikan 80% dari honor pokok ditambah derma keluarga, dan pinjaman jabatan atau pertolongan biasa .

Gaji ke-13 yang mau diterima tidak akan dikenakan beragam belahan mirip honor setiap bulannya, tetapi tetap akan dikenakan pajak penghasilan sesuai dengan hukum yang berlaku. PP Nomor 44 Tahun 2020 dapat Anda unduh di sini atau mampu mendatangi laman resmi Sekretariat Kabinet Republik Indonesia.


Posted

in

by

Tags: