Cara Membuat Kesimpulan Paragraf Dan Teks Bacaan

Kesimpulan teks bacaan merupakan fakta maupun pertimbangan dari kumpulan informasi yang ada pada setiap paragraf yang menyusun teks bacaan. Untuk menciptakan kesimpulan maka harus menghimpun pandangan baru pokok yang ada pada kalimat utama serta gosip-informasi penting yang ada pada kalimat penjelas. Meskipun tidak semua gosip penting tersebut dimasukkan dalam kesimpulan.

Tapi sebelum itu, kita perlu pahami perihal komponen pada paragraf. Paragraf yang baik lazimnya terdiri dari kalimat utama dan kalimat penjelas. Kalimat utama merupakan kalimat paling lazim dan dijelaskan oleh kalimat-kalimat lain. Kalimat utama bisa terletak di awal paragraf, simpulan paragraf, maupun adonan. Contoh paragrafnya ada di halaman ini. Dalam kalimat utama tersebut, biasanya kita bisa menemukan ide pokok. Sedangkan kalimat penjelas berisi informasi-gosip penunjang untuk kalimat utama.

Langkah Membuat Kesimpulan

Agar mampu menciptakan kesimpulan yang baik, maka ada beberapa langkah yang mesti dilalui:

  1. Membaca teks bacaan dengan cermat
  2. Menentukan kalimat utama paragraf
  3. Menentukan ide pokok paragraf
  4. Menentukan berita penting kalimat penjelas setiap paragraf
  5. Menyusun wangsit pokok dan info penting kalimat penjelas menjadi kesimpulan paragraf
  6. Merangkai kesimpulan paragraf menjadi kesimpulan teks bacaan

Baca Juga : Cara Praktis Membuat Ringkasan

Membuat Kesimpulan Paragraf

Berikut ini akan aku tampilkan teks bacaan dengan judul “Beternak Ayam”. Teks bacaan ini terdiri dari 2 paragraf.

Beternak Ayam

Ayam termasuk kelompok binatang ovipar. Artinya ayam berkembangbiak dengan cara bertelur. Ayam betina lazimnya mulai bertelur setelah berusia 5 bulan. Jumlah telur yang dihasilkan ayam beragam tergantung jenis ayam, usia, dan kondisi lingkungan kawasan tinggal ayam tersebut.

Ayam dibudidayakan untuk diambil dagingnya, telurnya, maupun bulunya. Daging ayam cukup disukai karena rasanya yang yummy dan kandungan gizinya yang cukup tinggi. Telur ayam biasanya dimasak menjadi telur dadar, martabak telur, telur pindang, dan berbagai jenis olahan lainnya. Selain daging dan telurnya, ayam juga dapat dimanfaatkan bulunya, yakni sebagai materi pengerjaan kemoceng dan kerajinan tangan.

Paragraf 1

Ayam tergolong kelompok binatang ovipar. Artinya ayam berkembangbiak dengan cara bertelur. Ayam betina lazimnya mulai bertelur sesudah berusia 5 bulan. Jumlah telur yang dihasilkan ayam beragam tergantung jenis ayam, usia, dan kondisi lingkungan daerah tinggal ayam tersebut.

kalimat utama:

Ayam tergolong golongan binatang ovipar

Kalimat utama terletak di awal paragraf (deduktif)

inspirasi pokok:

Ayam hewan ovipar

isu penting:

  • ovipar adalah bertelur (kalimat kedua)
  • ayam bertelur setelah berusia 5 bulan (kalimat ketiga)
  • jumlah telur bergantung pada jenis ayam, usia, dan kondisi lingkungan (kalimat keempat)

Kesimpulan paragraf 1:

Ayam merupakan hewan ovipar yang hendak bertelur sesudah berusia 5 bulan.

Paragraf 2

Ayam dibudidayakan untuk diambil dagingnya, telurnya, maupun bulunya. Daging ayam cukup disukai sebab rasanya yang yummy dan kandungan gizinya yang cukup tinggi. Telur ayam biasanya dimasak menjadi telur dadar, martabak telur, telur pindang, dan banyak sekali jenis olahan lainnya. Selain daging dan telurnya, ayam juga mampu dimanfaatkan bulunya, yakni selaku materi pengerjaan kemoceng dan kerajinan tangan.

kalimat utama:

Ayam dibudidayakan untuk diambil dagingnya, telurnya, maupun bulunya.

Kalimat utama terletak di permulaan paragraf (deduktif)

wangsit pokok:

Ayam diambil daging, telur, dan bulunya.

gosip penting:

  • daging ayam lezat dan bergizi (kalimat kedua)
  • telur ayam dapat dijadikan banyak sekali olahan (kalimat ketiga)
  • Bulu dapat dijadikan kemoceng dan kerajinan tangan (kalimat keempat)

Kesimpulan paragraf 2:

Ayam mampu dimanfaatkan dagingnya alasannya adalah yummy dan bergizi, telurnya mampu dijadikan banyak sekali olahan, dan bulunya dapat dijadikan kerajinan.

Membuat Kesimpulan Teks Bacaan

Dalam membuat kesimpulan teks bacaan, maka kesimpulan dari paragraf pertama dan paragraf kedua mesti dipadukan. Bisa dengan menambahkan atau meminimalkan kata supaya lebih mudah diketahui.

Kesimpulan paragraf 1:

Ayam ialah binatang ovipar yang mau bertelur sehabis berusia 5 bulan.

Kesimpulan paragraf 2:

Ayam dapat dimanfaatkan dagingnya alasannya adalah enak dan bergizi, telurnya dapat dijadikan banyak sekali olahan, dan bulunya mampu dijadikan kerajinan.

Kesimpulan teks bacaan:

Ayam ialah binatang ovipar yang mampu dimanfaatkan dagingnya sebab enak dan bergizi, telurnya dijadikan barbagai olahan, serta bulunya dijadikan kerajinan.

Selanjutnya didik kesanggupan kalian dalam menciptakan kesimpulan dengan soal-soal pada halaman Kumpulan Soal Membuat Kesimpulan dari Sebuah Paragraf dan Teks Bacaan. Dalam soal tersebut terdapat pula kunci jawaban untuk mengenali balasan telah sesuai atau belum.

Simak pembahasan lengkapnya di video berikut:


Posted

in

by