Acuan Soal Menulis Teks Singkat Sesuai Dengan Konteks – Unbk Smp 2020

_ Kali ini admin akan membagikan acuan soal ujian nasional bahasa Indonesia kelas 9 indikator menulis teks singkat sesuai dengan konteks. Semoga pola-contoh soal yang admin bagikan ini dapat menolong anak asuh khususnya kelas 9 yang hendak mengikuti cobaan nasional tahun ini dalam mencari referensi soal-soal modern. Selamat berguru dan semoga apa yang kalian pelajari hari ini dapat menunjukkan kalian nilai yang bagus. Sukses selalu buat kalian.
 Kali ini admin akan membagikan contoh soal ujian nasional bahasa Indonesia kelas  Contoh Soal Menulis Teks Singkat Sesuai dengan Konteks - UNBK SMP 2020
www.
1. Bacalah kalimat-kalimat fakta berikut!
1) Kapal terbakar di Tanjung Uncang, Batam
2) Kebakaran terjadi pada hari Kamis, 7 September 2017, pukul 15.20 WIB
3) Lima orang tewas dan satu orang terluka
4) Keenam korban adalah kariawan PT Sinar Cendana/Samchan Engineering yang sedang melaksanakan pengelasan di kapal itu.
Laporan yang sempurna berdasarkan kalimat-kalimat tersebut adalah ….
A. Pada hari Kamis, 7 September 2017 pukul 15.20 WIB, telah terjadi kejadian kebaran kapal di Tanjung Uncang, Batam. Diperkirakan seluruh penumpang kapal meninggal akhir peristiwa tersebut. Penyebab kebakaran kapal belum dikenali dengan pasti. Tim SAR masih melaksanakan pengusutan kepada penyebab kebakaran.
B. Pada hari Kamis, 7 September 2017 pukul 15.20 WIB terjadi insiden kebakaran di Tanjung Uncang, Batam. Kebakaran tersebut terjadi akibat percikan api. Jumlah korban kebakaran masih belum dapat diidentifikasi. Akan tetapi, sudah diketahui bahwa korban kebakaran yakni karyawan PT Sinar Cendana/ Samchan Engineering yang sedang bekerja
C. Pada hari Kamis, 7 September 2017 pukul 15.20 WIB terjadi insiden kebakaran di Tanjung Uncang, Batam.Peristiwa tersebut mengkonsumsi korban karyawan PT Sinar Cendana/Samchan Engineering yang sedang melakukan pengelasan. Peristiwa kebakaran disangka balasan percikan api pengelasan yang dilakukan oleh karyawan PT Sinar Cendana/Samchan Engineering.
D. Pada hari Kamis, 7 September 2017 pukul 15.20 WIB, sudah terjadi kejadian kebakaran kapal di Tanjung Uncang, Batam. Korban kebakaran terdiri atas lima orang tewas dan satu terluka. Keenam korban yakni karyawan PT Sinar Cendana/Samchan Engineering yang sedang melakukan pengelasan di kapal itu 
Jawaban: D
2. Cermati ilustrasi berikut!
Gempa bumi berkekuatan 5,2 skala Richter (SR) terjadi di Kaimana, Papua Barat. Gempa tersebut tidak memiliki peluang menyebabkan gelombang tsunami. Titik gempa itu berada di 120 km tenggara Kaimana. Papua Barat, pada kedalaman 10 kilometer.
Teks laporan yang cocok ilustrasi tersebut ialah ….
A. Gempa bumi terjadi di Kaimana, Papua Barat berkekuatan 5,2 skala Richter. Titik gempa itu berada di 120 km tenggara Kiamana, Papua Barat, pada kedalaman 10 kilometer. Gempa bumi tersebut tidak menjadikan tsunami.
B. Akhir-simpulan ini gempa bumi sering melanda kawasan tanah air. Di Kaimana, Papua Barat sudah terjadi gempa berkekuatan 5,2 skala Richter (SR). Gempa bumi tersebut tidak menghancurkan bangunan.
C. Peristiwa gempa bumi sedang melanda negeri kita. Gempa bumi itu telah melanda Kaimana, Papua Barat. Tidak ada korban jiwa dan kerusakan gedung sebab sentra gempa ada di 120 kilometer tenggara Kaimana.
D. Peristiwa gempa bumi tidak dapat dikenali secara pasti. Gempa bumi terjadi secara tiba-datang, seperti yang dialami warga di Kaimana, Papua Barat. Gempa bumi berkekuatan 5,2 skala Richter tersebut tidak menyebabkan tsunami.
Jawaban: A
3. Cermatilah teks berikut!
Pohon kelapa ialah tumbuhan palem yang berbatang tinggi. Tingginya bisa meraih 3 meter. Buahnya tertutup sabut dan tempurung keras, dalamnya terdapat daging yang mengandung santan dan air. Kelapa yakni istilah dari nama buah yang dihasilkan tumbuhan ini. Kelapa menjadi flora serba guna alasannya semua bagiannya dimanfaatkan oleh manusia. Bagian-bab dari tumbuhan ini ialah buah kelapa, batang, pelepah, dan akar. Buah kelapa terdiri atas kulit luar, sabut, tempurung, kulit daging, daging buah, air kelapa, dan forum. Banyak pohon kelapa terdapat di tepi pantai. Berdasarkan penelitian, kelapa diyakini berfaedah untuk menyembuhkan berbagai penyakit, mirip TBC, luka bernanah, wasir, disentri, dan kolera. Buah kelapa anggun untuk mengobati keracunan sebab buah ini mampu menetralkan racun di dalam badan kita. Selain itu, buah kelapa mampu dijadikan masakan atau minuman.
Teks Eksposisi yang tepat menurut paragraf tersebut ialah ….
A. Pohon kelapa menciptakan buah berjulukan kelapa. Buah kelapa dapat dimanfaatkan oleh insan untuk membuat berbagai kuliner dan minuman yang menyegarkan. Buah kelapa yang sering dikomsumsi umumnya masih muda sehingga sering disebut kelapa muda. Kelapa muda dapat dirasakan dengan gula jawa, gula pasir, maupun sirop. Kelapa muda juga cocok dinikmati dalam keadaan acuh taacuh.
B. Pohon kelapa tergolong jenis tanaman palem berbatang tinggi. Pohon kelapa menghasilkan buah bernama kelapa. Pohon kelapa  dapat dimanfaatkan semua bagiannya dari buah, batang, pelepah, sampai akar. Buah kelapa mempunyai faedah untuk menyembuhkan penyakit TBC. luka bernanah, wasir, disentri, dan kolera. Buah kelapa juga dimanfaatkan untuk mengobati keracunan sebab mampu menetralkan racun di dalam badan.
C. Sebaiknya buah kelapa harus dihasilkan oleh pohon kelapa mesti sering dikonsumsi. Pohon kelapa biasanya gampang didapatkan di tepi pantai, tetapi banyak penjualmenjual buah kelapa di tepi jalan. Berdasarkan observasi yang ada, kelapa diyakini berguna untuk menyembuhkan berbagai penyakit, seperti TBC, luka bernanah, wasir, disentri, dan kolera. Selain itu, buah kelapa manis untuk mengobati keracunan dalam tubuh.
D. Menurut aku, pohon kelapa dapat dimanfaatkan mulai dari daun sampai akar. Daun kelapa dapat dimanfaatkan untuk pembungkus kuliner. Buah kelapa yang tertutup sabut dan tempurung keras di dalamnya terdapat daging yang mengandung santan dan air. Buah kelapa diyakini dapat menyembuhkan penyakit TBC, luka bernanah, wasir, disentri, dan kolera. Batang kelapa dapat dipakai selaku kayu bakar.
Jawaban: B
Demikianlah yang dapat admin bagikan tentang pola soal menulis teks singkat sesuai dengan konteks dalam ujian nasional bahasa Indonesia kelas 9. Semoga acuan soal yang admin bagikan ini berguna buat anak bimbing di sekolah atau pun yang sedang berguru di rumah untuk persiapan menghadapi cobaan nasional tahun ini. Selamat belajar dan supaya berhasil.

BUKA SOAL
Menggunakan Ejaan 


Posted

in

by

Tags: