Pengertian Tema Lengkap Dengan Contohnya Dalam Sebuah Teks

_ Kali ini admin akan membagikan materi ihwal pengertian tema lengkap dengan contohnya dalam suatu teks dalam pembelajaran bahasa Indonesia. Semoga apa yang yang admin bagikan ini dapat menolong anak latih dalam mencari referensi ihwal tema dalam suatu teks pembelajaran bahasa Indonesia. Semoga materi yang admin bagikan ini dapat memperlihatkan pengaruh konkret yang bagus bagi kemajuan belajar anak ajar di sekolah. Selamat mencar ilmu dan biar apa yang kalian pelajari hari dapat mengirimkan kalian untuk memeroleh nilai terbaik dalam pembelajaran bahasa Indonesia. 
 Kali ini admin akan membagikan materi tentang pengertian tema lengkap dengan contohnya da Pengertian Tema Lengkap dengan Contohnya dalam Sebuah Teks
www.
Tema adalah gagasan yang mendasari kisah. Tema kisah lazimnya mengandung tema yang mendidik budpekerti perilaku, mirip nilai keagamaan, nilai kemanusiaan, nilai sosial dan nilai persahabatan. Dengan membaca dongeng, pembaca dibutuhkan mampu memeroleh manfaat yang mampu diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Tema dongeng dapat kita temukan lewat judul dongeng. Namun, akan lebih baik jika kita membaca apalagi dulu kisah sampai final. Barulah kita bisa menentukan tema kisah tersebut.
Ketamakan An Li
Di sebuah kota, hiduplah seorang saudagar kaya tetapi tamak yang berjulukan An Li. Suatu hari An Li sedang berlangsung-jalan, dia mendengar percakapan dua penduduk desa.
“Menurut cerita, di dalam hutan itu, ada suatu bukit sakti. Bukti itu mampu melipatgandakan kekayaan…”
An Li ingin tau. Ia terus menguping sampai risikonya dia tahu di mana letak bukit yang dibicarakan kedua orang itu.
Tanpa  mencampakkan waktu, An Li segera pergi ke bukit sakti itu. Ia pergi ke hutan yang terletak di tepi kota itu, tiba-datang muncullah seorang pertapa tyau di hadapan An Li.
“Pertapa bau tanah, betulkah ada bukit sakti di dalam hutan ini?” tanya An Li. Pertapa tua di hadapan Ab Li.
“Bukit itu akan segera kau temukan begitu aku pergi. Dakilah bukit itu. Di sana terdapat empat tangkai mawar biru. Kau cuma boleh memetik satu tangkai. Jangan berbalik ke mawar yang telah kamu lewati! Ingatlah pesanku. Keserakahan akan menghancurkannmu. Menyesal tak ada gunanya,” lanjutnya lalu menghilang.
Pada saat itu juga, timbul sebuah bukit hijau di hadapan An Li. Saudagar itu agak takut, namun dia kemudian mengikuti isyarat pertapa renta tadi.
Setelah An Li mendaki, beliau mendapatkan setangkai mawar biru yang tumbuh di tanah. An Li segera mendekat. Saat jemari An Li menjamah helai mawar biru tersebut, muncullah peri kecil. Sambil tersenyum sang peri berkata lembut, “An Li, bila kau memetik mawar ini, hartamu akan berlipat lima kali. Kau akan menjadi orang terkaya di kotamu.”
“Ah, tanpa memetik kamu pun, saya telah menjadi orang terkaya di kota, An Li pun meninggalkan mawar pertama.
Beberapa dikala lalu, An Li menemukan mawar kedua ini akan membuatmu menjadi orang terkaya di seluruh negeri, An Li, ” ucap peri penjaga mawar itu.
“Huh, tanpa mawar ini pun dalam waktu dekat aku niscaya mampu melampaui kekayaan Kaisar Chen,”
jawab An Li sombong lalu melanjutkan perjalanan.
Lalu sampailah An Li pada mawar ketiga. Muncul peri yang berkata, “Petiklah mawar ketiga ini, An Li. Kau akan menjadi orang terkaya di Pulau.”
“Mawar pertama membuatku menjadi orang terkaya di kota. Mawar kedua membuatku menjadi orang terkaya di negeri. Mawar ketiga ini membuatku menjadi orang terkaya di Pulau. Hahahaha, memiliki arti mawar keempat akan membuatku menjadi orang terkaya di dunia!” ucap An Li sarat ketamakan. 
Ia kemudian bertekad untuk mendapatkan mawar keempat. An Li berlari sarat semangat mencari mawar keempat.
Setelah mendaki cukup usang, barulah mawar keempat itu terlihat. An Li segera mendekat. Dengan sarat ketamakan, tangan An Li mencabut mawar itu sampai ke akar-akarnya.
Anehnya, pada dikala tangannya menggegam mawar tersebut, warna biru mawar itu langsung berkembang menjadi hitam. Bersamaan dengan itu, muncullah peri penjaga mawar keempat. Wajahnya sangat menakutkan.
“Ingatlah An Li, ketamakan dan rasa tidak puas  hanya akan menghancurkanmu! Dengan memetik mawar ini, terlihat betapa tamaknya engkau! Tahukah kau apa yang hendak diberikan mawar ini untukmu bila kamu memetiknya?” tanya sang peri penuh kemarahan.
“Aku akan menjadi orang terkaya di dunia, kan?” tanya An Li nervous.
“Tidak akan! Mawar keempat yang kamu petik itu akan membuatmu menjadi orang paling miskin di dunia. Hartamu akan habis! Terimalah balasan dari ketamakanmu, An Li!” seru sang peri.
Ucapan tersebut seketika membuat An Li berada di kota sendiri.
“Malangnya nasib Tuan An Li. Baru tadi pagi kudengar empat kapal dagangnya tenggelam. Kini rumah dan hartanya terbakar habis. Bahkan kereta kudanya juga dirampok tadi siang!” sayup-sayup An Li mendengar percakapan sekelompok penduduk kota.
” Hei, lihat! Pengemis itu seperti sekali dengan Tuan An Li!” seru seorang anak kecil kepada temannya, saat dia menyaksikan An Li.
An Li langsung menyaksikan dirinya sendiri. Benar saja. Baju yan sekarang dipakainya sudah compang-camping. An Li terjatuh lemas. Tak ada lagi yang bisa dilakukannya dikala itu. Andai saja beliau tidak mendengarkan percakapan tentang harta yang bisa dilipatgandakan… andai saja ia tak tamak.
Memang benar apa yang dikatakan sang pertapa renta. Tak ada gunanya menyesal. Semua ini terjadi sebab ia tak pernah puas dan bersyukur atas apa yang ia miliki.
Contoh Soal:
1. Siapakah tokoh utama dongeng tersebut? 
Jawab: 
An Li
2. Sebutkan tokoh-tokoh lain dalam dongeng tersebut?
Jawab:
Peta bau tanah
sang peri
penduduk
anak kecil
3. Jelaskan adab tokoh utama dan tokoh-tokoh lain dalam cerita tersebut!
Jawab:
An Li : tamak
petapa renta : baik hati
sang peri : bijaksana
4. Hal apakah yang diperjuangkan tokoh utama dalam dongeng tersebut?
Jawab: 
Kekayaan yang berlipat ganda
5. Menurut kalian di manakah latat daerah cerita tersebut?
Jawab:
Di hutan
6. Menurut kalian apakah tema cerita tersebut?
Jawab:
Ketamakan
Demikianlah yang dapat admin bagikan perihal pengertian tema lengkap dengan contoh teksnya. Semoga apa yang admin bagikan ini bermanfaat buat pertumbuhan belajar anak asuh di sekolah. Selamat berguru dan semoga sukses.

Posted

in

by