Bahasa Indonesia Smp 2019

Bahasa Indonesia SMP 2019″ width=”400″ />

www.
Adapun perbedaan antara teks khayalan dengan teks-teks yang lain terdapat dalam pembelajaran bahasa Indonesia yaitu sebagai berikut.
Teks imajinasi bersifat khayalan atau fiktif, sedangkan teks deskripsi bersifat menggambarkan atau mendeskripsikan.
Teks khayalan melibatkan kesan indra, sedangkan teks deskripsi melibatkan kesan indra (penglihatan, penciuman, pencecapan, dsb)
Teks khayalan gaya bahasa yang dipakai bersifat bebas dan ekspresif, sedangkan teks deskripsi digunakan baku/formal.
Teks khayalan berstruktur orientasi, komplikasi, dan resolusi, sedangkan teks deskripsi memiliki struktur deskripsi umum dan deskripsi bab.
Teks khayalan menerangkan atau menceritakan suatu objek atau kejadian menurut imajinasi atau tidak akurat, sedangkan teks deskripsi menerangkan atau menceritakan suatu objek atau acara berdasarkan yang dialami langsung oleh penulis.
Teks imajinasi tidak menampung kebenaran atau fakta, tetapi memuat keajaiban, dan kemisteriusan, sedangkan teks deskripsi menampung kebenaran atau fakta
Teks khayalan tokoh aktif dapat berupa insan, hewan, tanaman, alam, dan benda, sedangkan teks deskripsi tokoh aktif berupa insan.
Teks imajinasi tokoh-tokoh tidak terdapat di dunia faktual (mempunyai kekuatan, keajaiban, dll), sedangkan teks deskripsi tokoh terdapat di dunia konkret.
Demikianlah yang mampu admin bagikan tentang perbedaan antara teks imajinasi dengan teks yang lain (teks deskripsi) dalam pembelajaran bahasa Indonesia. Semoga bahan yang admin bagikan ini dapat memperlihatkan imbas aktual yang baik bagi pertumbuhan anak latih di sekolah. Semoga berfaedah dan terima kasih.

Posted

in

by