Kumpulan Soal Jenis Paragraf: Narasi, Deskripsi, Eksposisi, Argumentasi, Persuasi

Jenis-jenis paragraf yang kita kenal ada 5 ialah narasi, deskripsi, eksposisi, argumentasi, dan persuasi. Penjelasan dan teladan kelima jenis paragraf tersebut dapat kalian baca pada halaman jenis-jenis paragraf. Pada halaman ini kita akan konsentrasi pada bentuk soal yang berkaitan dengan jenis paragraf tersebut.

Bentuk Soal Jenis Paragraf

Soal 1

Penggunaan masker mampu meminimalkan risiko penularan virus corona. Masker menghalangi virus masuk ke tubuh. Penggunaan masker harus menutup hidup, mulut, dan dagu. Gunakan masker dengan benar agar terhindar dari virus corona!

Jenis paragraf tersebut adalah ….

A. deskripsi
B. eksposisi
C. narasi
D. persuasi

Kunci balasan: D

Soal 2

Siswa kelas VI SD Merdeka sedang mencar ilmu di kelas. Keadaan kelasnya sungguh tenteram dan bersih. Korden kelas dibuka biar sinar matahari dapat masuk ke kelas. Lampu kelas tidak butuhdinyalakan lagi. Kipas angin dihidupkan semoga situasi lebih sejuk. Semua siswa dapat mengikuti pelajaran dengan semangat.

Jenis paragraf tersebut ialah ….

A. narasi
B. persuasi
C. deskripsi
D. alasan

Kunci tanggapan: C

Soal 3

Penyakit tuberkulosis bisa menular kepada siapa saja. Gejala tuberkulosis ditandai dengan batuk berdahak terus menerus lebih dari dua ahad. Penderita mengeluarkan dahak bercampur darah disertai demam berkepanjangan. Pengobatan penderita tuberkulosis dilaksanakan secara teratur. Penderita tuberkulosis seharusnya menutup mulut di saat batuk dan tidak meludah di sembarang daerah. Taatilah protokol pencegahan tuberkulosis supaya kita terhindar dari penyakit tersebut!

Jenis paragraf tersebut ialah ….

A. persuasi
B. deskripsi
C. argumentasi
D. eksposisi

Kunci balasan: A

Soal 4

Hendrik Mulyadi nelayan di daerah Pulau Lancang melihat ombak yang cukup tinggi. Kemudian ia mendengar dentuman sungguh keras. Setelah itu, dia melihat puing beterbangan berbarengan dengan ombak yang tinggi. Ternyata ada pesawat jatuh. Itulah kejadian yang disaksikan Hendrik Mulyadi pada Senin, 11 Januari 2021.

Jenis paragraf tersebut yaitu ….

A. argumentasi
B. deskripsi
C. persuasi
D. narasi

Kunci tanggapan: B

Soal 5

Mengabaikan protokol kesehatan ialah sikap yang tidak hanya membahayakan diri sendiri. Keselamatan orang lain juga terancam kalau banyak orang berinteraksi dengan bebas. Menjaga jarak, menggunakan masker, dan menjauhi kerumunan yaitu sikap pandai yang perlu dilakukan untuk menangkal penularan virus corona. Untuk itu, marilah jaga diri kita dan orang lain dengan melakukan gerakan 3 M.

Jenis paragraf tersebut yaitu ….

A. argumentasi
B. eksposisi
C. deskripsi
D. persuasi

Kunci jawaban: D

Baca juga: Kumpulan Soal Menyusun Ringkasan Paragraf

Soal Jenis Paragraf Nomor 6-11

Soal 6

Di Indonesia, perkembangan teknologi elektronika sungguh pesat. Alat-alat yang dipakai masyarakat banyak menggunakan energi listrik. Alat-alat tersebut meliputi alat rumah tangga, alat kantor, dan alat komunikasi. Hal ini menyebabkan meningkatnya penggunaan energi listrik. Oleh sebab itu, perlu adanya gerakan hemat listrik.

Jenis paragraf tersebut adalah ….

A. alasan
B. deskripsi
C. narasi
D. persuasi

Kunci tanggapan: A

Soal 7

Kebiasaan merokok membahayakan kesehatan. Ada banyak sekali bahan kimia berbahaya dalam kandungan rokok. Zat kimia tersebut dapat menimbulkan kanker kalau dihirup oleh perokok. Perokok pasif lebih rentan terkena bahaya asap rokok. Rokok juga mengakibatkan ketergantungan para pemakainya.

Jenis paragraf tersebut ialah ….

A. persuasi
B. deskripsi
C. alasan
D. narasi

Kunci tanggapan: C

Soal 8

Virus Covid-19 tergolong berbahaya. Virus ini menyerang sel inang insan di tata cara pernapasannya. Persentase kesembuhan yang rendah bagi orang yang mempunyai penyakit bawaan yang sedang dideritanya selama ini. Hal ini dikarenakan sistem imun pasien yang rendah. Untuk menghalangi sekaligus memangkas mata rantai penyebaran virus corona, pemerintah Indonesia mengeluarkan protokol kesehatan yang harus ditaati dan dipatuhi bagi seluruh masyarakat. Adapun protokol kesehatan mirip memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan menggunakan sabun, dan lain-lain. Maka dari itu, mari kerjakan protokol kesehatan dengan baik supaya terhindar virus Covid-19!

Jenis paragraf tersebut adalah ….

A. argumentasi
B. deskripsi
C. narasi
D. persuasi

Kunci balasan: D

Soal 9

Dowes Dekker memimpin harian De Express, setelah ia pulang ke Indonesia. Pada tahun 1912, bareng dr. Cipto Mangunkusumo dan Suwardi Suryaningrat mendirikan partai politik pertama di Indonesia adalah Indische Partij. Pada tahun 1913, beliau dibuang ke Belanda alasannya kegiatannya dalam Komite Bumiputera. Ia pernah menentang peringatan 100 tahun keleluasaan Belanda dari penjajahan Prancis. Lima tahun kemudian, ia ke Indonesia dan mendirikan perguruan Ksatrian Institut.

Jenis paragraf tersebut ialah ….

A. deskripsi
B. argumentasi
C. persuasi
D. narasi

Kunci tanggapan: D

Soal 10

Olahraga ialah salah satu acara yang berkhasiat bagi badan. Dengan berkala berolahraga tubuh menjadi sehat, bugar, dan berpengaruh. Selain itu, olahraga juga memiliki kegunaan bagi mental seseorang. Kita dapat menyimpulkan bahwa olahraga berguna bagi fisik dan mental insan.

Paragraf tersebut tergolong jenis paragraf ….

A. alasan
B. eksposisi
C. deskripsi
D. persuasi

Kunci jawaban: A

Soal 11

Saat ini, masih didapatkan kue anak sekolah yang tidak sehat. Jajanan tersebut mengandung formalin atau boraks. Pemakaian formalin atau boraks pada makanan dapat mengakibatkan dampak jelek bagi kesehatan. Mengonsumi mekanan yang mengandung bahan tersebut, akan memajukan risiko kerusakan organ tubuh. Untuk itu, marilah kita berhati-hati kepada jajanan anak tersebut.

Jenis paragraf tersebut yaitu ….

A. narasi
B. persuasi
C. deskripsi
D. eksposisi

Kunci balasan: B


Posted

in

by