Pemahaman Dan Contoh Pidato Manuskrip (Naskah) Lengkap Dengan Contohnya 2019

_ Kali ini admin akan membagikan pemahaman dan contoh teks pidato manuskrip (naskah) dalam pembelajaran bahasa Indonesia. Semoga apa yang admin bagikan ini mampu membantu anak didik dalam mencari rujukan perihal pemahaman dan pola pidato manuskrip. Dan harapannya apa yang admin bagikan ini mampu memperlihatkan dampka aktual yang baik bagi pertumbuhan anak asuh di sekolah. Selamat belajar dan agar bermanfaat. Berikut ini ialah pengertian dan teladan pidato manuskrip.
 Kali ini admin akan membagikan pengertian dan contoh teks pidato manuskrip  Pengertian dan Contoh Pidato Manuskrip (naskah) Lengkap dengan Contohnya 2019
www.
Pidato manuskrip ialah seseorang yang berpidato menggunakan sistem manuskrip atau menggunakan naskah/menjinjing naskah pidatonya. Naskah tersebut dibaca seutuhnya. Jenis pidato menggunakan sistem ini sering digunakan oleh para pejabat-pejabat dalam acara resmi. Hal-hal yang mesti diamati dalam sistem pidato manuskrip adalah selaku berikut.
1. menyiapkan diri dengan baik 
2. memakai naskah
3. membaca naskah secara keseluruhan
Contoh pidato manuskrip
Bismillahhirahmanirrahim
Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh
Yang aku hormati Yang Mulia para Menteri Luar Negeri anggota ASEAN
Yang saya hormati Sekretaris Jenderal Lim Jock Hoi
Yang saya hormati para Duta Besar negara-negara teman
Yang aku hormati Gubernur DKI
Hadirin permintaan yang berbahagia,
Selamat tiba di gedung gres Sekretariat ASEAN dan secara khusus aku memberikan terhadap para Menteri Luar Negeri ASEAN yang sudah meluangkan waktu hadir dalam acara pelantikan rumah gres ASEAN ini.
Tujuh tahun yang lalu, dikala aku masih menjabat selaku Gubernur DKI Jakarta, saya masih ingat, aku lama berdiskusi dengan Wakil Sekjen ASEAN dan topik bahasanya ialah tentang penggunaan gadung lam Wali Kota Jakarta Selatan untuk perluasan gedung Sekretariat ASEAN.
Ya memang sejak permulaan aku mempunyai keterikatan eksklusif dengan sejak permulaan saya mempunyai keterikatan langsung dengan pembangunan gedung ini. Oleh karena itu, saya senantiasa pantau dari erat pembangunan gedung ini dan saya sadar bahwa gedung ini sangat diharapkan ASEAN . Gedung ini dibutuhkan ASEAN untuk menunjang misinya ke depan.
Hadirin yang  aku hormati,
Dalam 52 tahun ini, ASEAN telah mampu memainkan peran sebagai motor bagi perdamaian, stabilitas, dan kesejahteraan kawasan. Dan pada bulan Juni 2019, para menteri ASEAN sudah mengadopsi ASEAN Outlook on the Indo-Pacific. Outlook ini merupakan suatu pegangan dan sikap ASEAN dalam menjawab dinamika di kawasan Indo-Pasifik.
ASEAN prihatin dengan menajamnya rivalitas negara-negara besar dan makin tingginya ketidakpercayaan satu sama lain, melemahnya multilateralisme, dan sering dianggapnya aturan-aturan internasional. Outlook ASEAN ini insyaallah juga akan dapat membangun monentum bagi upaya memperkuat strategic trust dan kolaborasi yang saling menguntungkan.
Kita ingin ASEAN terus berperan dalam berbagi nilai-nilai dialog dan kolaborasi. ASEAN mesti menjadi magnet bagi pengembangan kerja sama dan dialog. Saya paham ini bukan ialah sebuah misi yang mudah. Namun, aku yakin misi ini akan dikerjakan oleh ASEAN.
Hadirin yang aku hormati,
Untuk terus dapat memainkan tugas sentral ke depan, satu kunci utama yang dibutuhkan ASEAN adalah persatuan. ASEAN harus bersatu. ASEAN terus bersatu. Persatuan inilah yang bisa membuat ASEAN bertahan selama 52 tahun ini.
Padahal siapa saja tahu bahwa tantangan ASEAN sungguh besar. Tantangan ASEAN sangat besar. ASEAN juga sungguh majemukbaik dari segi ekonomi, dari sisi tata cara politik, dari segi agama, dan tentunya dari sisi etnis. Sekali lagi, persatuan ASEAN unity menjadi kunci bagi masa depan ASEAN.
Dari waktu ke waktu persatuan ASEAN saya lihat semakin kuat. Kekokohan persatuan ASEAN inilah yang mau membuat ASEAN mampu menjaga sentralisasinya.
Hadirin yang aku hormati,
Ke depan, tantangan ASEAN untuk lima pulun tahun tidaklah gampang. Tarik menawan antara kekuatan besar sudah mampu ditentukan akan makin tajam. Sementara di dalam negara kita masing-masing rakyat akan terus bertanya perihal faedah ASEAN bagi rakyat, manfaat ASEAN bagi rakyat ASEAN.
Oleh karena itu, ASEAN mesti dapat mempertahankan relevasinya. Relevan bagi perkembangan gres dunia, berkaitan bagi pemenuhan kepentingan rakyat ASEAN, dan ASEAN harus melakukan pekerjaan lebih singkat dalam merespons pergeseran yang sangat cepat. Semua bergerak cepat, ASEAN harus bergerak cepat dan solid. Sebagai tuan rumah Sekretariat ASEAN, Indonesia berupaya memfasilitasi ASEAN dalam bergerak cepat dan soliddan bekerja secara efektif dan efisien. Dengan anutan itulah gedung ASEAN ini kita bangun.
Gedung gres ini mencerminkan spirit baru ASEAN, merefleksikan The New ASEAN. Dan saya berharap ke depan sebagian besar acara ASEAN sudah sepantasnya mampu dilakukan di gedung ini. Hal ini akan meminimalkan secara drastis biaya perjalanan yang mesti dikeluarkan, terutama oleh Sekretariat ASEAN dan juga para wakil tetap ASEAN. Uang perjalanan yang dibelanjakan selama ini dapat dipakai untuk aktivitas yang lebih bermanfaat bagi aktivitas ASEAN lainnya.
Saya rasa itu yang penting, yang bisa saya sampaikan. Maka dengan mengucap bismillahirahmanirrahim, saya resmikan gedung baru Sekretariat ASEAN dan kita serahkan gedung gres Sekretariat ASEAN ini kepada Sekretaris Jenderal ASEAN.
Dirgahayu ASEAN yang ke-52,
Long life ASEAN,
Terus bersatulah kita,
Jayalah ASEAN.
Terima kasih.
Wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh.
Demikianlah yang dapat admin bagikan perihal pemahaman dan acuan pidato manuskrip. Semoga apa yang admin bagikan ini berguna buat perkembangan berguru anak bimbing di sekolah utamanya bahan teks pidato. Semoga berguna dan terima kasih.

Posted

in

by