Juknis Penulisan Ijazah Sd, Smp, Sma Tahun 2021

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan melalui Sekretaris Jenderal Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan menerbitkan peraturan nomor 23 tahun 2020 perihal Spesifikasi Teknis, Bentuk, dan Tata Cara Pengisian Blangko Ijazah Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah Tahun Pelajaran 2020/2021. Juknis ini dipakai untuk penulisan ijazah yang diterbitkan untuk Pendidikan Dasar dan Menengah sesuai dengan spesifikasi ijazah asli tahun 2021.

Pendidikan Dasar dan Pendidikan menengah ini mencakup Sekolah Dasar, Sekolah Menengah Pertama, Sekolah Menengan Atas/Sekolah Menengah kejuruan maupun yang sederajat.

Berikut ialah performa dari salinan Peraturan Sekretaris Jenderal Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 23 Tahun 2020, tentang Spesifikasi Teknis, Bentuk, dan Tata Cara Pengisian Blangko Ijazah Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah Tahun Pelajaran 2020/2021:

Beberapa point yang menjadi pembahasan dalam juknis penulisan ijazah 2021 ialah :

Peraturan

Pada bab peraturan memuat 8 pasal yang berisi tentang ungkapan-ungkapan yang digunakan, cakupan penggunakan juknis penulisan ijazah, pengadaan, distribusi, dan tanggal ijazah.

Spesifikasi Teknis dan Bentuk Blangko Ijazah

Pada bab lampiran 1 ini berisi ihwal spesifikasi kertas yang dipakai untuk blangko ijazah, spesifikasi motif bingkai, bentuk latar belakang dan spesifikasi lain berhubungan dengan fisik ijazah.

Berikut

Tata Cara/Juknis Penulisan Ijazah

Pada bab lampiran 2 menampung anutan penulisan halaman depan dan halaman belakang blangko ijazah. Pada halaman depan terdapat nama, kawasan tanggal lahir, nama orang bau tanah atau wali, nomor induk siswa, nomor induk siswa nasional. Penulisan nama pemilik ijazah memakai abjad kapital sesuai dengan akte kelahiran yang sah. Serta penulisan tanggal ijazah dan nama kepala sekolah yang dibubuhi dengan tanda tangan, menempelkan pasfoto siswa dan cap lembap.

Dilanjutkan pada halaman belakang diisi dengan identitas dilanjutkan nilai cobaan dengan pembulatan nilai dilanjutkan penulisan rata-rata nilai dengan dua angka dibelakang koma. Serta penulisan tanggal ijazah dan nama kepala sekolah yang dibubuhi dengan tanda tangan dan cap lembap.

Petunjuk Teknis Penulisan Ijasah Tahun Pelajaran 2020/2021 yang tertuang dalam Peraturan Sekretaris Jenderal Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan Nomor 23 Tahun 2020 Tentang Spesifikasi Teknis, Bentuk, Dan Tata Cara Pengisian Blangko Ijazah Pendidikan Dasar Dan Pendidikan Menengah Tahun Pelajaran 2020/2021 dapat diunduh melalui link dibawah ini :

DOWNLOAD


Posted

in

by