Cara Membuat Ringkasan Teks Atau Bacaan

Ringkasan atau rangkuman yakni bentuk singkat sebuah bacaan dengan tetap mempertahankan keaslian, urutan penyajian, dan sudut pandang pengarang. Ringkasan merupakan hasil dari proses aktivitas merangkum atau meringkas. Tujuan menyusun ringkasan yakni untuk memahami dan mengenali isi suatu teks. Untuk dapat menciptakan ringkasan yang baik maka perlu diamati langkah-langkah dan hal-hal penting dalam meringkas berikut.

Langkah-Langkah Membuat Ringkasan

Dalam pembuatan ringkasan, semestinya kita membaca teks yang akan diringkas dengan cermat. Langkah-langkah pembuatan ringkasan selaku berikut.

1. Membaca Seluruh Teks Bacaan

Agar dapat membuat ringkasan dengan baik, langkah pertama yang harus dijalankan yakni membaca teks bacaan dengan teliti. Teks bacaan dapat dibaca dalam hati maupun dengan bersuara. Tujuan dari membaca teks ini untuk mengetahui maksud dari dongeng yang disampaikan.

2. Baca Teks Secara Berulang

Bagi yang pertama kali meringkas teks bacaan maka perlu membaca teks tersebut secara berulang-ulang. Hal ini bertujuan untuk mengenali secara mendalam kesan utama atau maksud dari teks tersebut. Jika telah beberapa kali melaksanakan acara meringkas, maka akan makin sedikit pengulangan membaca alasannya adalah kesanggupan mengerti teks bacaan sudah baik.

3. Catat Gagasan Utama Tiap Paragraf

Sembari membaca teks secara berulang, silakan sambil mencatat gagasan utama/inspirasi pokok/pokok anggapan dari setiap paragraf. Biasanya gagasan utama ini terletak di kalimat utama. Kalimat utama ialah kalimat yang paling umum dari suatu paragraf, yang diterangkan oleh kalimat-kalimat lain. Dengan membaca secara berulang-ulang, maka dengan sendirinya kalian akan mengetahui letak pemikiran utama dari paragraf tersebut.

4. Mengembangkan Dengan Kalimat Baru

Dari hasil kumpulan ide utama pada langkah ketiga mampu dikembangkan dengan kalimat gres yang lebih ringkas tetapi mewakili dari setiap paragraf. Dari kumpulan gagasan utama beberapa paragraf bisa dijadikan satu ringkasan paragraf dengan pengembangan kalimat baru tersebut. Menyusun ringkasan dalam kalimat tunggal. Meringkas kalimat menjadi frasa, frasa menjadi
kata.

Jika dari beberapa langkah di atas mungkin belum ada citra yang terang bagaimana bentuk ringkasan. Maka kalian mampu membaca pada halaman teladan-pola ringkasan dalam bentuk soal latihan. Dari situ kalian bisa memahami bagaimana suatu ringkasan paragraf mampu disusun.

Baca Juga : Kumpulan Soal Membuat Ringkasan

Hal-Hal Penting dalam Meringkas

Agar mampu menghasilkan ringkasan yang bagus, kita mesti mengamati beberapa hal. Hal-hal yang harus diperhatikan sebagai berikut.

  1. Mengungkapkan kembali isi tulisan orisinil dengan kalimat tunggal.
  2. Merangkum frasa menjadi kata, kalimat tunggal menjadi frasa, dan kalimat majemuk menjadi kalimat tunggal.
  3. Dapat menetralisir gambaran, pola, dan deskripsi jikalau memungkinkan.
  4. Menyingkirkan semua informasi.
  5. Mempertahankan susunan pemikiran asli.
  6. Menggunakan bentuk bahasa tidak langsung.

Setelah mengetahui cara-cara menyusun ringkasan di atas, silakan asah kesanggupan kalian dengan melakukan soal pilihan ganda menyusun ringkasan paragraf. Pada halaman tersebut terdapat beberapa soal yang mampu digunakan untuk latihan memahami bahan pada halaman ini.


Posted

in

by