Langkah-Langkah Mencari Pesan Susila Yang Terkandung Dalam Kisah/Fabel

_ Kali ini admin akan membagikan tindakan mencari pesan akhlak yang terkandung dalam dongeng/fabel. Semoga apa yang admin bagikan ini mampu berfaedah buat perkembangan mencar ilmu anak ajar di sekolah. Dan kesempatannya apa yang admin bagikan bagikan ini mampu menawarkan dampak faktual yang bagus bagi pertumbuhan anak bimbing di sekolah khususnya materi teks kisah dan fabel. Semoga bermanfaat dan terima kasih.
langkah mencari pesan moral yang terkandung dalam dongeng Langkah-Langkah Mencari Pesan Moral yang Terkandung dalam Dongeng/Fabel
www.
Pengertian cerita yaitu bentuk prosa lama yang masih disenangi, dulu  diceritakan dari lisan ke mulut (leluri).
Jenis-jenis kisah:
1. Dongeng : diyakini tidak benar-benar terjadi dan tidak terkait pada waktu dan daerah.
2. Mite/Mitos : diyakini pernah terjadi, tokohnya para dewa, insan setengah tuhan atau bisa juga makhluk halus dan erat kaitannya dengan keyakinan penduduk .
3. Legenda : diyakini pernah ada/terjadi, tokohnya manusia. Biasanya berisi dongeng perihal asal-seruan nama suatu tempat.
Syarat-syarat kisah yang bagus yaitu:
1. urutan cerita teratur
2. memakai vokal, lafal, intonasi, gerak, dan ekspresi.

Teknik mengenali isi kisah/fabel yang diperdengarkan dan dibaca perlu dipersiapkan daftar  pertanyaannya sebagai berikut.

1. Siapakah tokoh dalam kisah/fabel itu?
2. Peristiwa atau masalah apa yang dihadapi si tokoh?
3. Kapan dan di mana tokoh menghadapi insiden itu?
4. Mengapa peristiwa itu terjadi?
5. Bagaimana perilaku si tokoh dalam peristiwa?
6. Bagaimana penyelesaiannya?
7. Apa pesan yang ingin disampaikan penulis kepada pendengar dan pembaca?

Berdasarkan tanggapan pertanyaan tersebut mampu disusun beberapa kalimat yang membentuk isi pesan yang disampaikan. Untuk mencari beberapa pesan adab yang terkandung dalam dongeng/fabel. Maka, langkah-langkah yang harus dijalankan yakni sebagai berikut:

1. Tentukanlah satu kisah atau fabel yang akan kalian cari pesan moralnya.
2. Baca dan simak dengan baik semua isi yang terdapat dalam teks dongeng atau fabel tersebut.
3. Tulislah tokoh, etika, latar, peristiwa atau keadaan yang terjadi dan nilai-nilai yang terkandung dalam kisah yang kalian sudah baca.
4. Rangkaikanlah hal-hal yang kalian telah catat tadi sehingga membentuk rangkaian kisah singkat.
5. Baca ulang hasil ringkasan cerita yang kalian telah buat
6. Bila memperoleh kejanggalan atau kelemahan, kalian mampu memperbaikinya sehingga menemukan ringkasan kisah yang bagus.

Demikianlah yang dapat admin bagikan wacana tindakan mencari pesan budbahasa yang terkandung dalam cerita/fabel. Semoga apa yang admin bagikan ini dapat memberikan efek nyata yang bagus bagi perkembangan anak bimbing di sekolah. Semoga bermanfaat dan terima kasih.


Posted

in

by

Tags: