Tindakan Menceritakan Kembali Isi Kisah Secara Ekspresi 2019

_ Kali ini admin akan membagikan tindakan menceritakan kembali isi kisah secara ekspresi dalam pembelajaran bahasa Indonesia. Semoga apa yang admin bagikan ini dapat membantu anak ajar dalam mencari tumpuan tentang langkah-langkah bercerita khususnya bahan cerita. Dan harapanya apa yang admin bagikan ini dapat menawarkan imbas positif yang baik bagi kemajuan anak didik di sekolah. Selamat mencar ilmu dan supaya berfaedah.
langkah menceritakan kembali isi cerita secara lisan dalam pembelajaran bahasa Indonesia Langkah-Langkah Menceritakan Kembali Isi Cerita Secara Lisan 2019
www.
Adapun langkah-langkah dalam menceritakan kembali isi dongeng secara verbal, adalah dengan memakai beberapa pertanyaan-pertanyaan selaku berikut:
1. Dongeng Si Kancil dilihat dari macamnya tergolong fabel. Menurut kamu, menarikkah cerita Si Kancil? Menarik dalam hal apa, berikan penjelasannya!
a. Dongeng Si Kancil menawan, sebab dalam hal membuat hewan yang lebih besar dan galak terkecoh oleh akalnya.
b. Pada suasana kritis akal Si Kancil selalu timbul.
2. Apakah tema/dilema dasar yang dikemukakan dalam dongeng Si Kancil?
a. Si Kancil yang terpelajar
b. akal mengalahkan keperkasaan
c. logika bulus Kancil
3. Apa pesan susila yang bisa dipetik dari dongeng Si Kancil?
a. Kecerdikan tanpa didasari budpekerti yang baik akan merugikan orang lain
b. Banyak nalar itu cantik
c. Jangan sekali-kali logika itu digunakan untuk menyiasati orang lain
d. Jangan menyiasati/mendustai meskipun mempunyai akal dan potensi
e. Kecerdikan bukan alat untuk membenarkan praktik penipuan
Contoh Cerita Dongeng:

Kisah Cinderella

Pada jaman dulu kala hiduplah seorang gadis cantik yang bagus hati. Gadis itu bernama Cinderella. Kebaikan hatinya membuat siapa pun mengasihi bahkan binatang-binatang menyayanginya juga, khususnya dua sahabatnya Dus dan Jaq. Mereka mau melaksanakan apa saja untuk Cinderella sahabatnya.
Cinderella hidup bareng ibu tiri dan dua saudara tirinya yang berjulukan Anastasia dan Drizella. Berbeda dengan Cinderella yang bagus dan tekun, Anastasia dan Drizella sungguh malas dan iri hati. Mereka menyuruh Ciderella menjalankan semua pekerjaan seperti membersihkan rumah, menjahit, memasak, dan berkebun.

Walaupun perlakuan kedua saudaranya sungguh buruk namun Nyonya Tremaine ibu Tiri Cinderella ialah orang yang hambar, kejam dan sungguh iri dengan pesona dan kencantikan Cinderella.
Dia bahagia membuat Cinderella sibuk dengan semua pekerjaan, bahkan Cinderella yang kelelahan tidak membuatnya kasihan. Dia malah menawarkan tugas pemanis adalah meminta Cinderella memandikan kucingnya yang bandel, Lucifer.

Pada sebuah hari, seorang utusan dari istana datang dengan seruan khusus. Akan ada suatu pesta besar di istana.

Raja ingin anaknya segera mencari calon istri. Setiap gadis muda di kerajaan di undang, termasuk Cinderella.
Cinderella sungguh antusiasdengan undangan pesta itu. Di loteng, dia mendapatkan gaun yang dulu milik ibunya. Gaun itu memang agak antik, tetapi kepintarannya Cinderella membuat gaun itu menjadi indah. Nyonya Tremaine tak mau Cinderella anak tirinya pergi ke pesta yang mau di adakan di istana itu. Dia ingin Pangeran bertemu Anastasia dan Drizella. Dia sungguh berharap Pangeran akan menikahi salah satu dari kedua anaknya.
Nyonya Tremaine terus menawarkan Cinderella pekerjaan yang sangat banyak. Dia akan membuat Cinderella sibuk sepanjang malam. Ini akan membuat Cinderella tidak mempunyai peluang untuk datang ke pesta besar di Istana kerajaan.
Cinderella sangat bangga saat melihat gaun ibunya itu. Gaun itu sungguh indah dan pantas sekali di tubuhnya. Sekarang dia mampu pergi ke pesta dengan yakin diri.
“Oh, terima kasih banyak!” ucap Cinderella pada para sahabatnya Gus, jaq, dan para burung.
Ketika kerabat tiri Cinderella menyaksikan pita dan manik-manik usang mereka pada gaun Cinderella, mereka menjadi murka. Mereka iri dengan gaun Cinderella yang indah dan berkilauan. Walaupun manik-manik dan pita itu sudah mereka buang, mereka memintanya kembali. Bahkan mereka merobek baju Cinderella untuk melepaskan manik-manik dan pita itu. Nyonya Tremaine tidak menghentikan kedua putrinya. Dia pun iri alasannya adalah Cinderella tampaksangat manis dan menarik menggunakan gaun usang itu.
Sambil tertawa kedua kerabat tirinya pergi meninggalkan Cinderella. Mimpi Cinderella pergi ke istana sirna. Tidak cukup waktu baginya untuk bisa pergi ke istana.Cinderella lari ke kebun dan menangis. Pada saat itu tiba-tiba, tiba ibu peri.
Dengan tongkat ajaibnya ia merubah labu menjadi kereta kuda yang indah. Cinderella sekarang mampu pergi ke pesta, tetapi masih ada satu problem. Gaun Cindrella telah rusak dan tidak bisa digunakan. “Bibbidi-Bobbidi-boo!” ucap ibu peri sambil melambaikan tongkatnya kembali. Ajaib Cinderella sakarang mengenakan gaun yang indah dan sandal beling berkilau.
Namun ibu peri mengingatkan. Pada dikala jam berdentang pukul 12.00 malam tepat, mantra sihir akan sirna. Di pesta, sang Pangeran tampan tidak bisa melepaskan persepsi matanya dari Cinderella yang tampakluar biasa cantik dan menarik. Tidak menyiayiakan peluang dia secepatnya mengajak Cinderella berdansa.
Orkestra dimainkan, dan Pangeran mulai menari dengan gadis manis yang namanya ia masih tidak tahu. Dan bagi Cinderella, malam itu mimpinya menjadi kenyataan. Waktu berlalu, jam mulai mendekati waktu tengah malam. “Selamat tinggal!’” ucap Cinderella dan kemudian bergegas pergi.
“Tunggu!” panggil Pangeran. “Saya bahkan tidak tahu nama Anda!” Cinderella berlari tergesa-gesa. Dia kuatir mantra ibu peri sirna ketika ia masih berada di pesta. Ketika berlari salah satu sepatu kacanya tertinggal.
Baik Cinderella maupun Pangeran ganteng tidak dapat melupakan kejadian pada malam itu. Mereka sama-sama saling merindukan. Pangeran mengirim delegasi untuk memperoleh gadis yang cocok dengan sepatu kaca. Utusan itu datang ke setiap rumah untuk meminta semua gadis menjajal sepatu kaca itu.
Kedua abang tiri Cinderella mencoba sepatu kaca itu. Kaki mereka berdua terlalu besar tapi terus memaksakannya masuk. Lady Tremaine mengunci Cinderella di loteng, namun sobat-sobat tikur Cinderella membebaskannya.
Pada saat Cinderella menjajal sepatu beling yang dibawa delegasi istana, Nyonya Tremaine tersandung sehingga sepatu kaca hancur tapi Cinderella yang memiliki yang lain di sakunya. Dan itu cocok!
Cinderella dan Pangeran segera menikah. Semua orang bersuka cita, tergolong teman-teman tikus Cinderella Gus dan Jaq, yang mengenakan pakaian khusus untuk akad nikah.
Penuh dengan sukacita, Pangeran ganteng dan Cinderella yang hidup senang selamanya.

Demikianlah yang mampu admin bagiikan perihal langkah-langkah menceritakan kembali isi cerita secara verbal. Semoga apa yang admin bagikan ini bermanfaat buat kemajuan berguru anak didik di sekolah. Semoga berguna dan terima kasih.


Posted

in

by

Tags: