Pola Soal Membandingkan Dua Karya Sastra Dilengkapi Kunci Balasan Dan Pembahasan 2020

_ Kali ini admin akan membagikancontoh soal membandingkan dua karya sastra dilengkapi dengan kunci tanggapan dan pembahasan. Semoga contoh soal yang admin bagikan ini dapat membantu anak latih dalam mencari soal-soal terbaru seputar UN bahasa Indonesia. Dan kesempatannya supaya apa yang admin bagikan ini mampu menawarkan dampak nyata yang bagus bagi kemajuan anak didik di sekolah terutama kelas XII yang mau mengikuti UN tahun ini. Selamat belajar dan agar sukses.

www.

1. Bacalah kutipan novel berikut!
Kutipan 1
Dari kamar Ibu yang tertutup melata kabut. Kabut itu berjelanak dari celah bawah pintu. Merangkak memenuhi ruang tengah, ruang tamu, dapur, kamar mandi, hingga merebak ke teras depan.

Awalnya, orang-orang menduga bahwa rumah kami tengah dilalap api. Tapi kian waktu mereka kian bosan membicarakannya alasannya adalah mereka tak pernah melihat api sepercik pun menjilati rumah kami. Yang mereka lihat cuma asap tebal yang bergulung-gulung. Kabut, pada jadinya, mereka akan hanya saling berbisik, “Begitulah rumah pengikut setan, rumah tanpa Tuhan, rumah itu pasti dikutuk.”

Kutipan 2
Sebenarnya tidak ada keistimewaan khusus perihal kemampuan Darko dalam memijat . Standar tukang pijat pada layaknya. Namun, keramahannya yang mengalir memperbesar daya pikat tersendiri. Kami menemukan ketenangan di wajahnya yang menciptakan kami senantiasa merasa bersahabat. Mungkin oleh alasannya itu, kami terus membicarakannya.

Entah dari mana asalnya, tiada seorang warga pun yang tahu. Tiba-datang saja datang ke kampung kami dengan pakaian terlihat lusuh. Kami sempat menilai ia adalah pengemis yang diutus kita suci.

Perbedaan penggunaan bahasa pada kutipan kisah di atas ialah ….

Kutipan 1
Kutipan 2
A.
menggunakan istilah
tidak memakai ungkapan
B.
bahasa lugas
bahasa kias
C.
kalimatnya memakai majas
kalimat tidak menggunakan majas
D.
bahasa mudah dimengerti
bahasa susah dipahami
E.
bahasa sulit diketahui
bahasa susah dimengerti
Jawaban: A
Untuk mengetahui perbedaan antara dua teks sastra, kalian harus mencermati isi teks tersebut dengan saksama. Perbedaan kedua kutipan cerita tersebut mampu dikenali, adalah kutipan dongeng 1: menggunakan perumpamaan, kutipan cerita 2: tidak menggunakan istilah.
2. Bacalah kutipan novel berikut!
Novel 1
Siti Qonaah memang telah dua kali ditolak utang beras, karena Siti Qonaah terlambat menerima upah dari orang yang menyuruhnya mencuci busana. Terpaksa hari itu Siti Qonaah hanya mengisi perutnya dengan air. Jika siang itu Siti Qonaah makan, mampu dipastikan, kedua anaknya tidak akan kabagian nasi. Siang itu pun, nasi yang masih ada diusahakan Siti Qonaah untuk dua orang anak. Kendati ia percaya mereka tidak terlampau kenyang. Untunglah sore harinya Andi, anak Priono datang. Lelaki itu mengantar upah cucian dari orang tuanya.
Novel 2
Tuti yang tertua antara dua kerabat itu, sudah dua puluh lima tahun usianya, sedang adiknya Maria gres dua puluh tahun. Mereka adalah anak Raden Wiraatmaja, bekas wedana di kawasan Banten, yang pada saat itu hidup dengan pensiunnya di Jakarta bersama-sama kedua anaknya itu. Maria masih murid H.B.S. Carpentier Atting Strichting kelas penghabisan dan Tuti menjadi guru pada sekolah H.I.S. Arjuna di Petojo.
Perbedaan latar sosial kutipan novel tersebut adalah ….
Kutipan Novel 1
Kutipan Novel 2
A.
kesusahan ekonomi perjuangan hidup
B.
pekerja berangasan pekerja di kota
C.
keluarga ekonomi rendah keluarga ekonomi cukup
D.
anaknya masih kecil anaknya telah akil balig cukup akal
E.
keluarga kaya raya keluarga miskin

Jawaban: C
Untuk mengenali perbedaan antara dua teks sastra, kalian mesti mencermati isi teks tersebut dengan saksama. Perbedaan kedua kutipan kisah tersebut dapat diketahui, ialah kutipan novel 1: keluarga ekonomi rendah, kutipan novel 2: keluarga ekonomi cukup.
3.  Bacalah dua pantun berikut!
Pantun 1
Orang naik menjerat rusa,
Rusa digulai diberi sambal.
Orang baik ingat usia,
Usia digunakan mencari bekal.
Pantun 2
Daun teratap di atas dulang,
Anak udang mati di tuba.
Dalam kitab ada terlarang,
Yang haram jangan dicoba-coba.
Perbedaan isi kedua pantun tersebut yaitu ….
Pantun 1
Pantun 2
A.
berpesan semoga kita menjinjing bekal berpesan biar tidak melaukan hal yang haram
B.
hidup hendaknya dipakai untuk mencari bekal di darul baka kita dilarang melakukan hal yang terlarang
C.
menjerat rusa dapat digunakan sebagai bekal kita dapat mencari udang di dulang
D.
dagung rusa yummy disantap kalau diberi sambal kitab terlarang dihentikan dibaca
E.
gulai rusa sangat bagus untuk orang lanjut usia hal yang haram dihentikan dicoba-coba
Jawaban: B
Untuk mengenali perbedaan antara dua teks sastra, kalian harus mencermati isi teks tersebut dengan saksama. Perbedaan kedua kutipan kisah tersebut dapat diketahui, ialah pantun 1: hidup hendaknya digunakan untuk mencari bekal di alam baka, pantun 2: kita dihentikan melakukan hal yang terlarang.
4. Perhatikan kedua kutipan dongeng berikut!
Teks 1
Ada banyak Banun di perkampungan lereng bukit yang sejak dahulu tanahnya subur sampai tersohor selaku kawasan penghasil padi kwalitet nomor satu itu. Partama, Banun dukun patah tulang yang dangau usangnya kerap didatangi pria pekerja keras jikalau pinggang dan pangkal lengannya terkilir akhir terlampau kasar mengayun cangkul. Disebut-sebut, kesanggupan turun-temurun Banun ini tak hanya ampuh mengobati patah tulang.
Teks 2
Begitu pentingnya Makaji. Tanpa campur tangannya, kenduri terasa acuh taacuh, sehambar gulai kambing dan gulai rebung alasannya adalah bumbu-bumbu tak diracik oleh tangan masbodoh laki-laki itu. Makaji tidak pernah keberatan membantu keluarga mana saja yang mau menggelar pesta. Makaji tak pilih kasih, meski ia satu-satunya juru masak yang masih tersisa di Lareh Panjang.
Persamaan unsur intrinsik kedua cerita tersebut yaitu ….
A. menceritakan seseorang yang menjadi topipembicaraan dilingkungannya
B. banyak tokoh sebagai orang mirip Banun dan juru masak
C. pekerjaan kedua tokoh dongeng sangat berat
D. hasil pekerjaan tokoh dongeng sangat fantastis
E. latar kedua cerita berada di keluarga berada
Jawaban: D
Untuk mengenali perbedaan antara dua teks sastra, kalian mesti mencermati isi teks tersebut dengan saksama. Perbedaan kedua kutipan kisah tersebut dapat dimengerti, yaitu hasil pekerjaan tokoh kisah sangat mengagumkan.

5. Perhatikan kedua kutipan novel berikut ini!
Kutipan Novel 1
Banyak hukum dan akhlak bangsa aneh yang sudah kita tiru denga tiada di perkirakan dalam-dalam jelek baiknya. Baju jas dan sepatu, busana siapa itu? Bukankah pakaian orang Barat? Mengapakah digunakan juga? Berkursi, bermeja, berlampu gantung, bukan akhlak nenek moyang kita turut juga. Piring dan mangkuk, tindakan siapa? Tetapi dipakai juga? Manakah budbahasa dan hukum kita yang orisinil?
Kutipan Novel 2
Beberapa bulan yang lalu, suamiku dipindah perusahaannya ke kota besar ini. Aku sendiri, waktu itu menjadi guru di Purwodadi dengan panggilan nama Bu Suci. Hampir sepuluh tahun aku menjadi guru di sana. Pekerjaan ini bukan pilihanku sendiri. Ketika aku lulus SD, orang tuaku menasihatkan biar aku masuk ke sekolah guru. Katanya sangat sesuai bagi perempuan. Aku sesungguhnya bercita-cita menjadi sekretaris. Aku sering melihat gadis atau wanita muda yang mengetik dan mengorganisir kantor. 
Perbedaan tema kedua kutipan novel tersebut ialah ….
Kutipan Novel 1
Kutipan Novel 2
A.
kehidupan adat kehidupan modern
B.
keluarga persahabatan
C.
permusuhan komplotan
D.
religi sosial
E.
budaya kebiasaan

Jawaban: A
Untuk mengetahui perbedaan antara dua teks sastra, kalian mesti mencermati isi teks tersebut dengan saksama. Perbedaan kedua kutipan dongeng tersebut mampu dimengerti, yakni kutipan novel 1: kehidupan adat, kutipan novel 2: kehidupan modern.
Demikianlah yang mampu admin bagikan perihal pola soal membandingkan dua karya sastra. Semoga apa yang admin bagikan ini dapat menawarkan dampak kasatmata yang baik bagi perkembanan anak latih dalam melakukan soal-soal UN yang diujikan di sekolah. Selamat menemouh UN tahun ini dengan selamat. Semoga mendapatkan nilai yang memuaskan. Sukses buat kalian semua. Terima kasih.

Posted

in

by

Tags: