Apa E-Pupns 2015 (Bagian 1)

Badan Kepegawaian Negara (BKN) menerbitkan Peraturan Kepala Badan Kepegawaian Negara Nomor 19 Tahun 2015 perihal Pedoman Pelaksanaan Pendataan Ulang Pegawai Negeri Sipil Secara Elektronik Tahun 2015, yang diterbitkan tanggal 22 Mei 2015. e-PUPNS adalah proses pendataan ulang PNS melalui metode teknologi gosip dengan tujuan menemukan data yang akurat, terpercaya dan terintegrasi, selaku dasar kebutuhan dalam

membuatkan tata cara info kepegawaian Aparatur Sipil Negara.

Berdasarkan peraturan tersebut Pendataan Ulang Pegawai Negeri Sipil secara elektronik (e-PUPNS) dilakukan  melalui sistem teknologi berita yang mencakup tahap pemutaktriran data oleh setiap PNS, serta validasi dan verifikasi data secara menyeluruh oleh instansi pusat/instansi daerah sesuai dengan kewenangan yang dimiliki.

Data PNS yang akan dihimpun melalui e-PUPNS adalah seluruh isu PNS menampung data riwayat hidup, riwayat pendidikan formal dan non formal, riwayat jabatan dan kepangkatan, riwayat penghargaan, tanda jasa, atau tanda kehormatan, riwayat pengalaman berorganisasi, riwayat gaji, riwayat pendidikan dan training, daftar penilaian prestasi kerja, surat keputusan, dan kompetensi.

Jadwal pelaksanaan e-PUPNS tahun 2015 :

No

Kegiatan

Tanggal

1

Persiapan pelaksanaan e-PUPNS oleh

user admin tata cara

sampai dengan 31 Agustus 2015

2

Pengisian formulir e-PUPNS

September s/d November 2015

3

Proses verifikasi

Akhir Desember 2015

Sampai dengan info ini dibuat (19-06-2015), sesuai dengan acara yang tersebut diatas maka e-PUPNS masih dalam antisipasi oleh user admin sistem. Sedangkan untuk pengisian formulirnya dilaksanakan paling lambat sampai final bulan November 2015.

Apabila PNS tidak melaksanakan pemutakhiran data melalui e-PUPNS pada kala yang sudah diputuskan, data PNS tersebut akan dikeluarkan dari database kepegawaian nasional. Akibatnya maka pelayanan mutasi kepegawaian yang bersangkutan tidak akan diproses.

Prosedur yang harus dilalui setiap PNS dalam proses registrasi e-PUPNS dibahas pada halaman yang berbeda Baca : Proses Registrasi e-PUPNS (Bagian 2)

Seperti biasanya, Peraturan Kepala Badan Kepegawaian Negara Nomor 19 Tahun 2015 wacana Pedoman Pelaksanaan Pendataan Ulang Pegawai Negeri Sipil Secara Elektronik Tahun 2015 mampu diunduh melalui link berikut ini :

Perka BKN No 19 Tahun 2015


Posted

in

by

Tags: