Teladan Soal Menyimpulkan Pertanyaan Yang Merupakan Ringkasan Insiden (Usbn 2019/2020)

Pada potensi kali ini admin akan membagikan acuan soal USBN bahasa Indonesia kelas 9 dengan indikator soal yang diujikan ialah anak bimbing mampu menyimpulkan pertanyaan yang merupakan ringkasan kejadian. Semoga apa yang admin bagikan kali ini mampu menolong anak latih dalam mencari acuan perihal contoh soal USBN bahasa Indonesia kelas 9 dengan indikator soal yang diujikan adalah anak latih mampu menyimpulkan pertanyaan yang merupakan ringkasan kejadian. Dan harapannya apa yang admin bagikan kali ini mampu memperlihatkan dampak faktual yang bagus bagi pertumbuhan dan pertumbuhan belajar anak latih dalam mengerti teladan soal USBN bahasa Indonesia kelas 9 dengan indikator soal yang diujikan ialah anak didik bisa menyimpulkan pertanyaan yang merupakan ringkasan kejadian.

 Pada kesempatan kali ini admin akan membagikan contoh soal USBN bahasa Indonesia kelas  Contoh Soal Menyimpulkan Pertanyaan yang Merupakan Ringkasan Peristiwa (USBN 2019/2020)
 www.

1. Bacalah kutipan cerpen berikut!

Nalea tersenyum. Sebenarnya, laki-laki itu sudah lama ingin bercerita, bahwa dia bukan ayahnya. Dahulu saat sedang memulung barang bekas, dia melihat seorang wanita turun dari kendaraan beroda empat, meletakkan kardus di bawah sudut jembatan layang, kemudian kembali ke mobil dan pergi. Ketika didekati, didapatinya di dalam kardus itu seorang bayi. Saat itulah, laki-laki itu merasa iba, lalu merawatnya. Ia memberi nama Nalea, nama yang ditemukannya dalam suatu dongeng pendek di koran usang. Nalea kemudian tumbuh dalam tumpukkan sampah, seringkali laki-laki itu heran bagaimana bayi itu bisa bertahan hidup.
Nilai susila yang terdapat dalam kutipan cerpen tersebut yaitu ….
A. membantu dengan nrimo orang yang memerlukan
B. membantu dengan ikhlas makhluk yang lemah
C. mengorbankan hidup untuk sesamanya
D. mengorbankan hidup untuk orang tua
2. Bacalah kutipan teks laporan berikut!
Kehilangan es multitahun ini ialah duduk perkara kronis di Arktik. Sebab, es di sini membentuk pusat es tahun depan dan ialah habitat paus, singa maritim, dan burung. “Juga berperan menghemat jumlah panas yang ditampung bahari ketika ekspresi dominan panas,” kata Moon. Jika hanya ada sedikit es yang mengapung di permukaan Arktik, maritim berwarna gelap akan menyerap lebih banyak energi matahari.

Simpulan isi teks di atas ialah ….
A. Es berperan mengurangi panas yang ditampung laut musim panas.
B. Es di Arktik merupakan habitat paus, singa maritim, dan burung.
C. Kehilangan es merupakan problem kronis Arktik
D. Sedikit es mengapung menciptakan bahari lebih banyak menyerap energi matahari.

3. Perhatikan kutipan cerita berikut!
Dan ketika ia menatap ke langit, beliau melihat sesuatu yang sangat indah. Kupu-kupu dengan sayap warna-warni melayang di atas tupai itu, lalu menyapanya “Halo sobat, masih ingatkah kamu padaku?”
Tupai itu hanya tergum-kagum dengan keindahan kupu-kupu, “Siapa kamu, hei, kupu-kupu anggun?”
“Aku yakni ulat bulu jelek yang dahulu di atas pohon ini bersamamu”,
Tupai terkejut, “Bagaimana mungkin?”
“Aku memiliki masa yang disebut metamorfosis, dan sehabis itu saya akan berkembang menjadi kupu-kupu. Setiap ulat bulu akan berganti mirip aku”. Tupai terheran-heran, lalu menyesal sudah mengejek ulat bulu. Kemudian tupai meinta maaf akan kesalahannya dulu, dan dia tidak lagi suka mengejek orang lain.

Makna tersirat dari kutipan dongeng tersebut ialah ….
A. Mintalah maaf kalau melakukan kesalahan
B. Bertemanlah tanpa membeda-bedakan
C. Kagumilah segala keindahan makhluk Tuhan
D. Jangan suka mengejek segala ciptaan Tuhan

4. Bacalah teks kisah pendek berikut!
Disebut-sebut, kemampuan turun-temurun Banun ini tak cuma ampuh mengobati patah-tulang orang-orang tani, tetapi juga mampu mempertautkan kembali lutut kuda yang retak, akibat bendi yang dihelanya terguling karena penuhmuatan. Kedua, Banun dukun beranak yang kendalanya lebih dipercayai daripada bidan desa yang belum apa-apa telah angkat tangan, kemudian menyarankan pasien buntingnya bersalin di rumah sakit kabupaten. Sedemikian mumpuninya kemampuan Banun kedua ini, bidan desa merasa lebih banyak menimba pengalaman dari dukun itu daripada dari buku-buku semasa di sekolah tinggi.

Simpulan huruf tokoh Banun dalam kutipan kisah pendek di atas adalah ….
A. Orang yang tidak memiliki kecakapan apa-apa
B. Orang yang punya kecakapan, namun tidak ingin mengembangkan
C. Orang yang tidak mempunyai kecakapan tetapi mau berbagi
D. Orang dengan kecakapan yang diakui

5. Cermatilah cerpen berikut!

(1)Semula ia cuma dipanggil Banun. (2) Namun, lantaran sifat kikirnya dari tahun ke tahun semakin mengakar, seseorang menyertakan kata “kikir” di belakang nama ringkas itu, hingga dia ternobat selaku Banun kikir. (3) Konon, hingga kini, belum ada yang mampu menumbangkan rekor kekikiran Banun. (4) Kekikiran alasannya memperjuangkan hidup. Kehidupan untuk diri sendiri dan anaknya karena telah ditinggal suaminya.
Simpulan bahwa tokoh Banun memunyai sifat kikir yang berlebihan terlihat pada kalimat nomor ….
A. (1)
B. (2)
C. (3)
D. (4)

6. Bacalah cerpen berikut!

Selesai mencar ilmu, ia memerintahkan aku pulang karena hendak pergi mencari jangkrik. Saya pribadi ingin menyatakan ingin ikut, tapi ia keberatan. Ayah dan ibunya pun melarang. Saya memang sering mendengar anak-anak beramai-ramai berangkat ke sawah untuk mencari jangkrik. Jangkrik-jangkrik yang diperoleh nantinya mampu dijual atau hanya selaku koleksi, diposisikan di suatu kotak, kemudian sesekali digelitik dengan lidi atau sehelai ijuk agar berteriak lantang. Dari apa yang aku dengar itu, proses mencarinya sungguh mengasyikan. Sayang, Ayah tidak pernah mengijinkan saya. Namun, malam itu aku nekat dan sahabat saya itu jadinya tidak kuasa menolak.
Simpulan aksara tokoh aku dalam kutipan cerpen tersebut ialah ….
A. orang yang tak tahu diri
B. orang yang ingin menang sendiri
C. orang yang memunyai kemauan yang kuat
D. orang yang tidak memunyai kemauan
7. Bacalah cerpen berikut!
(1) Dua-tiga hari pertama, Mak Inang cukup bahagia berada di rumah berdinding batu setengah triplek milik Jamal. (2) Rasa senangnya itu bersumber dari cucu bujangnya yang masih merah itu. (3) Walau, sesungguhnya Mak Inang terkaget-terkejut saat Kurti mengantarnya ke rumah Jamal. (4) Dalam benaknya yang mulai ringkih, Jamal berada di rumah-rumah beton yang diceritakan Mak Sangkut, bukan di rumah kecil sepengap ini.

Simpulan bahwa cita-cita tokoh Mak Inang tidak cocok dengan kenyataan terdapat pada kalimat ….
A. (1)
B. (4)
B. (2)
C. (3)

8. Perhatikan kutipan teks berikut!
Penguasaan yang mendalam perihal bahasa ialah standar keberhasilan seorang wartawan. Kemahiran berbahasa wartawan akan memudahkannya memanipulasi bahasa sesuai dengan tujuan yang ingin dicapainya. Pilihan kata yang tepat mampu menghidupkan emosi pembaca. Sebaliknya, opsi kata yang gegabah dapat menjadikan reaksi yang tidak diharapkan.
Simpulan isi teks tersebut ialah ….
A. Wartawan memang menguasai bahasa
B. Wartawan arif mengolah bahasa
C. Wartawan harus terampil mengolah bahasa
D. Wartawan pandai memanipulasi bahasa
9. Perhatikan kutipan teks berikut!
Akhir-final ini setiap kali ada demonstrasi di situ pula terjadi kekerasan. hal ini diperkuat dengan insiden hari Selasa, 16 Oktober 2012 di depan Istana Negara. Demonstrasi yang dilaksanakan para buruh ini menimbulkan bentrokan fisik antara buruh dengan pegawapemerintah penegak hukum. Demonstrasi memang termasuk penting dalam penegakan demokrasi. Namun, jangan dimaknai bahwa demokrasi senantiasa berkaitan dengan kekerasan.

Simpulan paragraf tersebut yaitu ….
A. Aparat penegak hukum dihentikan melaksanakan kekerasan
B. Buruh harus melaksanakan demonstrasi dengan tertib
C. Masyarakat prihatin dengan para buruh di Istana Merdeka
D. Demokrasi Indonesia dicoreng dengan tindak kekerasan

10. Perhatikan kutipan teks berikut!
Sungai penting untuk kegiatan perikanan. Khususnya, di sungai besar yang menjadi kawasan hidup beragam ikan dan hewan yang lain. Sungai besar ini menjadi tempat nelayan mencari mata pencahariaan. Manfaat sungai dalam pertanian juga tidak kalah penting, yakni sebagai sumber irigasi. Kawasan -kawasan pertanian yang subur mendapatkan pengairan dari sungai. Belakangan, manusia membendung sungai sebagai irigasi dan pembangkit tenaga listrik. Pembuatan bendungan itu sangat berguna bagi kehidupan insan.

Simpulan isi bacaan tersebut yakni ….
A. Sungai sungguh berfaedah bagi kehidupan insan
B. Sungai sumber pencaharian nelayan
C. Sungai sebagai sumber kehidupan sebagian manusia
D. Bendungan berguna bagi kelangsungan hidup

11. Perhatikan kutipan teks berikut!
Acara wisuda Praja Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN), tidak didatangi Presiden Susilo Bambang Yudhoyono. Alasan ketidakhadiran presiden dalam acara itu disampaikan oleh Mendagri. Wisuda dipimpin Menteri Dalam Negeri, Mardiyanto, sekaligus mewakili presiden memimpin program tersebut.

Simpulan isi teks tersebut ialah ….
A. IPDN mewisuda Prajanya
B. Mendagri menangguhkan wisuda Praja IPDN
C. Presiden tidak hadir dalam wisuda Praja IPDN
D. Rektor memimpin wisuda Praja IPDN

12. Cermatilah kutipan teks laporan berikut dengan saksama!
Lingkungan hidup mampu dibedakan menjadi tiga, yaitu: unsur hayati (biotik), bagian sosial budaya, dan unsur fisik (abiotik). Unsur hayati (biotik), yaitu bagian lingkungan hidup yang terdiri dari makhluk hidup seperti insan, binatang, tumbuhan dan jasad renik. Unsur sosial budaya, yakni lingkungan sosial dan budaya yang dibuat oleh manusia berupa tata cara nilai, gagasan,dan dogma dalam perilaku selaku makhluk sosial.
Unsur fisik (abiotik), yakni unsur lingkungan hidup yang terdiri dari makhluk tak hidup mirip tanah, air, iklim, udara, dan lain sebagainya. Keberadaan unsur ini sungguh besar bagi kelancaran hidup segenap kehidupan di bumi.

Simpulan isi teks tersebut adalah ….
A. lingkungan hidup terbagi menjadi tiga macam komponen.
B. tiga macam komponen itu yakni biotik, abiotik, dan komponen sosial.
C. ketiga komponen lingkungan tersebut penting bagi kelancaran kehidupan
D. ketiga komponen tersebut harus mampu saling disinergikan dengan baik.

13. Cermatilah kutipan teks eksposisi berikut dengan saksama!
Semburan lumpur Lapindo sangat memiliki efek terhadap dunia perjuangan. Para pelaku usaha di Jawa Timur terus berupaya melaksanakan terobosan untuk mengakali imbas berkepanjangan yang ditimbulkan oleh semburan lumpur Lapindo di Sidoarjo itu. Usaha ini ditempuh untuk mempertahankan usaha yang menjadi sumber penghidupan mereka.
Umumnya pelaku perjuangan ini merelokasi usaha mereka ke beberapa daerah mirip Malang, Surabaya, dan Jakarta.
Selain supaya usaha mereka tetap eksis, para usahawan ini sekaligus bertujuan mendekatkan barang-barang hasil bikinan mereka dengan para pembeli.

Simpulan isi teks tersebut yang tepat ialah ….
A. langkah yang dilaksanakan pengusaha di Jatim untuk mempertahankan usanya.
B. upaya yang dilakukan pelaku usaha di Jawa Timur dalam rangka mendekati pembeli barang-barang hasil produksi mereka.
C. upaya pengusaha di Porong dalam merelokasi bisnisnya ke beberapa daerah yang jauh dari sentra semburan lumpur panas
D. langkah para pengusaha di Jatim untuk menyingkir dari pengaruh semburan lumpur

14. Cermatilah teks mekanisme berikut dengan saksama!
Setelah membaca suatu cerpen yang dibagikan oleh guru di kelas, umumnya Anda diminta untuk menceritakan kembali isi cerpen secara mulut dengan memakai kalimat/kata-kata Anda sendiri. Bagaimana caranya?
Berikut langkah-langkahnya:
1) Cermatilah cerpen tersebut dengan saksama.
2) Mencatat bagian intrinsik cerpen tersebut (tema, latar, alur, penokohan, sudut pandang, amanat)
3) Menentukan ilham-ilham pokok (topik-topik) cerpen sesuai dengan alur dalam cerpen.
4) Mengembangkan kembali ide-wangsit pokok itu dengan kalimat sendiri.

Simpulan isi teks tersebut yakni ….
A. Dengan melaksanakan empat langkah itu maka kita bisa memahami isi cerpen.
B. Menceritakan kembali verpen yang sudah dibaca tidak sukar
C. Keempat langkah menceritakan kembali isi cerpen itu cukup sistematis.
D. Langkah-langkah menceritakan kembali isi cerpen itu cukup mudah

15. Cermatilah kutipan teks balasan kritis berikut dengan saksama!
Pelanggaran peraturan berlalu lintas di jalan raya yang dilakukan pengemudi becak itu diakui oleh Kepala Dishub Kota Solo, Yosca Herman Soedrajad. Dia merasa kesusahan menertibkan para pengemudi becak yang melanggar aturan lalu lintas karena becak tidak teregistrasi. Namun, pihak terkait, mirip kepolisian dan Dishub mesti secepatnya menangani problem itu. Pelanggaran kemudian lintas yang banyak dijalankan pengemudi becak itu sangat berbahaya, baik bagi mereka sendiri maupun pengguna jalan lain.

Simpulan isi teks tersebut adalah ….
A. Para pengemudi becak harus diberi pengertian tentang tertip berlalu lintas.
B. Jika alasannya adalah tak teregistrasi pengemudi becak tidak bisa dikani tilang maka mesti dicari jalan lain semoga mereka mau menaati aturan lalu lintas
C. Harus ada obrolan dua arah, antara organisasi atau asosiasi pengemudi becak dan pihak-pihak terkait.
D.Pengemudi becak juga harus diperlakukan sama para pengemudi kendaraan lainnya, jangan ada anak emas dalam penertiban berlalu lintas

16. Perhatikan teks berikut!
Keberadaan hutan sangat penting. Hutan merupakan daerah hidup banyak sekali jenis satwa liar. Saat ini jumlah satwa liar yang hidup di hutan semakin berkurang. Manusia terus mengejar-ngejar satwa liar yang ada di dalam hutan dan mengambil sumber daya yang ada. Jika kejadian ini dibiarkan terus-menerus, satwa liar dan hutan akan punah.

Simpulan isi paragraf tersebut ialah ….
A. Kelestarian hutan telah tidak dipedulikan lagi oleh manusia yang tidak brtanggung jawab.
B. Kelestarian hutan perlu dijaga supaya satwa liar di hutan tidak penuh
C. Manusia terus memanfaatkan hutan demi kepentingan dirinya tanpa tanggung jawab.
D. Bila pembabatan hutan terus dijalankan tanpa aturan, hutan akan habis.

17. Cermatilah teks berikut!
Lidah buaya bersifat merangsang perkembangan sel gres pada kulit. Dalam lendir lidah buaya terkandung zat lignin yang bisa menembus dan meresap kedalam kulit. Lensir ini akan menahan hilangnya cairan tubuh dari permukaan kulit. Hasilnya, kulit tidak tampakkering dan terlihat baka muda.

Simpulan isi paragraf tersebut yaitu ….
A. Lendir dalam lidah buaya menimbulkan kulit tampakkering alasannya adalah kandungan zat lignin tidak mampu menembus kulit.
B. Lidah buaya mampu merangsang pertumbuhan sel gres pada kulit sebab mengandung berbagai jenis lendir yang bagus untuk kulit
C. Manfaat pengecap buaya dapat kita rasakan antara lain menghaluskan kulit dan merawat keremajaan kulit.
D. Zat lignin yang terkandung dalam lendir lidah buaya bisa meresap kedalam kulit sehingga kulit tidak tampakkering.

Demikianlah yang dapat admin bagikan perihal teladan soal USBN bahasa Indonesia kelas 9 dengan indikator soal yang diujikan yaitu anak latih bisa menyimpulkan pertanyaan yang merupakan ringkasan peristiwa. Semoga apa yang admin bagikan kali dapat membantu anak latih dalam mengetahui contoh soal USBN bahasa Indonesia kelas 9 dengan indikator soal yang diujikan ialah anak didik bisa menyimpulkan pertanyaan yang ialah ringkasan kejadian. Semoga bermanfaat dan terima kasih.

BUKA SOAL
Melengkapi Kata Teks Nonsastra


Posted

in

by

Tags: