Pola Soal Melengkapi Kata Pada Bab Teks Nonsastra (Usbn Smp 2019/2020)

Pada kesempatan kali ini admin akan membagikan pola soal USBN bahasa Indonesia kelas 9 dengan indikator soal yang diujikan yaitu anak latih mampu melengkapi kata pada bagian teks nonsastra. Semoga apa yang admin bagikan kali ini dapat membantu anak bimbing dalam mencari rujukan ihwal pola soal USBN bahasa Indonesia kelas 9 dengan indikator soal yang diujikan adalah anak ajar bisa melengkapi kata pada bagian teks nonsastra. Dan harapannya apa yang admin bagikan kali ini dapat memberikan efek faktual yang baik bagi perkembangan dan perkembangan berguru anak ajar dalam mengerti teladan soal USBN bahasa Indonesia kelas 9 dengan indikator soal yang diujikan yakni anak asuh bisa melengkapi kata pada bagian teks nonsastra.

 Pada kesempatan kali ini admin akan membagikan contoh soal USBN bahasa Indonesia kelas  Contoh Soal Melengkapi Kata pada Bagian Teks Nonsastra (USBN SMP 2019/2020)
www.

1. Cermatilah paragraf rumpang berikut!
Pak Aris ialah pemilik […] Sumber Waras. Dalam penyusunan jenis obat, beliau selalu kerjakan dengan cara yang […]. Misalnya dengan menciptakan urutan secara […]. Jenis dan kalangan obat dikelompokkan sesuai huruf. Selain itu, Pak Aris juga memisahkan antara obat generik dengan obat paten. Hal ini akan memudahkan pelayanan terhadap konsumen.
Kata  baku yang tepat untuk melengkapi paragraf tersebut ialah ….
A. apotik, sistimatis, alfabet
B. apotik, sistematis, alfabetis
C. apotik, sistematik, alfabetis
D. apotek, sistematis, alfabetik
Pembahasan: 
Agar membentuk paragraf padu, bagian-bab rumpang tersebut harus diisi dengan kata-kata baku yang tepat. Kata-kata baku yang sempurna yakni apotek, sistematik, dan alfabetis. Kata apotik tidak baku. Sementara itu, kata sistematis dan alfabet tidak sempurna untuk melengkapi kalimat dalam paragraf tersebut. Makara, tanggapan yang sempurna adalah C.
2. Cermatilah paragraf rumpang  berikut!
Era globalisasi dan […] menuntut kita untuk bertindak cepat, mudah, efektif, sampai […]. Globalisasi mendidik kita untuk meraih tujuan sesempurna mungkin, bahkan dengan menghalalkan segala cara. Oleh karena itu, manusia modern cenderung […].
Kata serapan yang sempurna penulisannya untuk melengkapi paragraf tersebut adalah ….
A. modernisasi, instant, individualistik
B. modernisasi, instan, individualis
C. terbaru, instan, individualis
D. modernisasi, istant, individualis
Pembahasan: 
Bagian rumpang tersebut dapat diisi dengan kata serapan modernisasi, instan, dan individualistik tidak sempurna penulisannya. Kaprikornus, balasan yang tepat terdapat pada pilihan tanggapan B.

3. Cermatilah paragraf rumpang berikut!
Keluarga kami tinggal di lingkungan yang terdiri atas aneka macam suku bangsa. Rumah-rumah warga  yang tinggal di lingkungan kami diberi cat […]. Anak-anak suka bermain di taman yang disediakan. Buku-buku dan surat kabar yang tersedia di perpustakaan desa menjadi bacaan berkala […] di desa kami. Sikap […] ialah kebiasaan warga yang senantiasa terpelihara di desa kami.
Kata ulang yang sempurna untuk melengkapi paragraf tersebut yakni ….
A. warna-warni, muda-mudi, tolong-menolong
B. warna-warna, muda-mudi, tolong-tolong
C. warna-warni, muda-muda, tolong-ditolong
D. warna-warna, muda-mudi, gotong royong

Pembahasan:
Kata ulang yang tepat untuk mengisi bagian rumpang tersebut adalah warna-warni,muda-mudi, dan bahu-membahu. Kata ulang warna-warna, muda-muda, tolong-tolong dan tolong-ditolong tidak tepat untuk mengisi kalimat rumpang tersebut. Makara, balasan benar terdapat pada pilihan balasan A.

4. Cermatilah paragraf rumpang berikut!
Era globalisasi menjinjing banyak pergeseran terhadap pola hidup masyarakat. Salah satunya ialah pertumbuhan ilmu wawasan dan teknologi mencipatakan banyak sekali macam peralatan yang membantu manusia dalam bekerja […]. Bermain adalah salah satu jenis hiburan pilihannya. Dengan berkembang nya teknologi yang mencakup banyak faktor, jenis-jenis dari permainan pun mendapatkan pengaruhnya. Aspek tersebut menimbulkan hadirnya ungkapan permainan terbaru.
Kalimat yang sempurna untuk melengkapi paragraf rumpang tersebut yaitu ….
A. permainan terbaru ialah jenis permainan yang memanfaatkan teknologi di dalamnya
B. pertumbuhan wawasan dan teknologi juga memperlihatkan hiburan saat manusia ingin berpangku tangan
C. jenis permainan modern menberikan banyakdampak negatif kepada perkembangan anak
D. oleh sebab itu, diharapkan kecerdikan orang tua dalam menyikapi persoalan tersebut.

Pembahasan: 
Kalimat pengisi bagian rumpang dapat diputuskan berdasarkan kalimat-kalimat sebelum dan setelah bagian rumpang. Bagian rumpang tersebut mesti  diisi dengan kalimat tepat supaya paragraf tersebut padu. Kalimat sempurna untuk melengkapi bagian rumpang paragraf tersebut yakni Kemajuan pengetahuan dan teknologi juga menawarkan hiburan saat manusia ingin berleha-leha. Kalimat pada pilihan A, C, dan D tidak tepat untuk melengkapi paragraf.

5.  Bacalah kutipan teks berikut!
Dalam acara pemulihan … ini, aneka tumbuhan diberi peluang bernapas lega. Begitu juga hewan untuk mampu berkembang dan berkembang biak dengan baik.” Dalam program ini juga dijalankan pencucian sampah utamanya sampah plastik,” ujar ia.

Kata yang tepat untuk melengkapi bagian rumpang teks di atas ialah ….
A. ekologi
B. ekosistem
C. habitat
D. biotik

Pembahasan:
Dalam keempat pilihan balasan kata yang paling tepat adalah ekosistem alasannya arti kata ekosistem yakni keragaman sebuah komunitas dan lingkungannya yang berfungsi selaku satu satuan ekologi di alam. Arti tersebut sesuai dengan konteks kalimat dalam teks.

6. Bacalah paragraf rumpang berikut!
Minat baca masyarakat Indonesia mesti […] dan buta huruf mesti terus diberantas. Peningkatan minat baca perlu dikerjakan karena pada periode pertumbuhan teknologi, masyarakat disuguhi informasi di banyak sekali media. Media itu mesti di manfaatkan penduduk untuk meningkatkan wawasan.
Kata yang tepat untuk melengkapi paragraf rumpang tersebut ialah ….
A. dinaikkan
B. diharuskan
C. ditingkatkan
D. diwujudkan

Pembahasan: 
Kata sempurna untuk melengkapi paragraf rumpang tersebut ialah ditingkatkan. Kata dalam pilihan jawaban A, B, dan D tidak cocok dengan konteks paragraf tersebut. Kata ditingkatkan ini dipertegas oleh kalimat selanjutnya dengan kata kenaikan.

7. Bacalah teks rumpang berikut!
PETUNJUK CARA MENGKRITIK SESUATU
(1) Miliki wawasan yang cukup tentang hal yang mau dikritik.
(2) (….).
(3) Buat catatan objektif perihal keunggulan dan kekurangan
(4) (….).
(5) Sampaikan kritik dengan bahasa yang santun
Bagian nomor (2) dan (4) pada petunjuk tersebut tepat dilengkapi dengan kalimat ….
A. (2) Mengkritik memiliki arti memberikan penilain yang objektif.
(4) Bila menerima kritikan terima dengan hati yang lapang.
B. (2) Pelajari dengan cermat karya yang hendak dikritik.
(4) Pikirkan kembali sebelum dikritik disampaikan
C. (2) Berikan bantahan jikalau kritikan tidak cocok dengan fakta.
(4) Pikirkan kembali sebelum kritik disampaikan.
D. (2) Mengkritik memiliki arti menganggap dengan objektif dan masuk logika.
(4) Kekurangan yang tidak objektif, mampu kita bantah.

Pembahasan:
Kalimat-kalimat tersebut merupakan urutan saat kita akan memberikan kritik. Oleh sebab urutan (1) menyampaikan rancangan kritik, maka urutan (2) menjelaskan konsep tersebut, ialah menerangkan acara mengkritik. Berdasarkan opsi tanggapan tersebut yaitu mengkritik memiliki arti menganggap dengan objektif dan masuk akal. Kemudian, karena urutan (3) menerangkan langkah, adalah membuat catatan objektif wacana kelemahan dan kelebihan, maka urutan (4) menjelaskan catatan objektif perihal kelebihan ataupun kekurangan yang tidak objektif, mampu kita bantah. Kaprikornus, pilihan jawaban yang benar adalah D.

8. Bacalah kutipan teks berikut!
Burhan Addurahman menyadari bahwa saat-saat ini dapat diperdayakan untuk mendongkrak pariwisata wilayahnya. [….] ia dan jajarannya telah merencanakan aneka pameran serta mengenalkan banyak sekali tujuan wisata. “Harapan kami tahun ini menjadi saat-saat kebangkitan rekreasi Ternate,” katanya.

Konjungsi antarkalimat yang sempurna untuk mengisi bagian rumpang teks di atas yaitu ….
A. sedangkan
B. namun
C. oleh alasannya itu
D. jadi

Pembahasan:
Hubungan isi antara kalimat pertama dan kedua ialah hubungan penyebaban. Kalimat pertama membahas saat-saat yang dapat diberdayakan mendongkrak pariwisata maka pada pada kalimat kedua dituliskan ihwal antisipasi yang mendukung pemberdayaan untuk mendongkrak pariwisata tersebut.

9. Bacalah teks berikut!
Tak cuma Ternate dan Tidore yang mempersiapkan acara yang meriah. Belasan kota di 12 provinsi lain juga bersiap menyambut gerhana ini dengan sungguh […]. Padahal, 33 tahun yang lalu, tatkala gerhana matahari total melintasi Jawa Tengah saat itu, masyarakat dicekam kecemasan dan cemas. Masyarakat termenung di rumah masing-masing. Minimal, sejak setahun lagu, pemerintah pusat tempat telah berkoar-koar berdagang menikmati sensasi kejadian langka ini. Aneka pekan raya disiapkan dalam paket perjalanan bagi para turis.

Kata yang tepat untuk melengkapi bagian rumpang teks di atas adalah ….
A. antusias
B. spektakuler
C. gegap-gempita
D. meriah

Pembahasan:
Sesuai dengan konteks kalimat di atas maka kata yang sempurna untuk melengkapi bagian yang rumpang yaitu kata bersemangat . Antusias mempunyai arti bersemangat atau bergairah.

10. Teh kayu elok hangat atau pisang kepok goreng selaku masakan penutup dihidangkan serta api unggun mulai dinyalakan. Setiap orang seolah-olah terbius situasi di sore hari yang tepat itu. Kami bengong, -entah bahkan takjub entah cuma kekenyangan-memandangi matahari senja berwarna merah membara yang mulai merambat turun. Aneka burung bahari, seperti kedidi atau trinil, beterbangan menuju peraduannya di hutan di belakang kami.

Kata penghubung yang sempurna untuk memperbaiki kata penghubung yang dicetak miring pada paragraf tersebut yaitu ….
A. atau, tetapi, alasannya adalah
B. yaitu, bahkan, bahwa
C. serta, yakni, dan
D. dan, dikala, sebab

Pembahasan:
Konjungsi dan, ketika, dan alasannya sempurna sebab sesuai dengan konteks isi kalimat dan sesuai dengan arti ketiga konjungsi tersebut.

Demikianlah pola soal USBN bahasa Indonesia kelas 9 dengan indikator soal yang diujikan yakni anak bimbing mampu melengkapi kata pada bagian teks nonsastra. Semoga apa yang admin bagikan ini mampu menolong anak didik dalam mengerti teladan soal USBN bahasa Indonesia kelas 9 dengan indikator soal yang diujikan yakni anak ajar bisa melengkapi kata pada bagian teks nonsastra. Semoga bermanfaat dan terima kasih.

BUKA SOAL
Membuat Judul Teks dalam Soal


Posted

in

by

Tags: