Kumpulan 50+ Teladan Soal Prediksi Cobaan Nasional Bahasa Indonesia Kelas 9 (No. 26-50)

Pada peluang kali ini admin akan membagikan pola soal lanjutan prediksi soal UN bahasa Indonesia kelas 9 tahun pedoman 2019/2020. Semoga apa yang admin bagikan kali ini mampu menolong anak bimbing dalam mencari rujukan tentang pola soal lanjutan prediksi soal UN bahasa Indonesia kelas 9 tahun pemikiran 2019/2020. Dan kesempatannya, apa yang admin bagikan ini dapat menunjukkan imbas kasatmata yang bagus bagi perkembangan dan kemajuan mencar ilmu anak latih dalam mengerti teladan soal lanjutan prediksi soal UN bahasa Indonesia kelas 9 tahun pemikiran 2019/2020. Selamat mencar ilmu dan supaya sukses.

 Pada kesempatan kali ini admin akan membagikan contoh soal lanjutan prediksi soal UN baha Kumpulan 50+ Contoh Soal Prediksi Ujian Nasional Bahasa Indonesia Kelas 9 (No. 26-50)

www.

26. Orang-orang film Indonesia mempunyai memiliki peluang menciptakan film. Para sineas muda di negeri ini potensial besar menciptakan film-film alternatif yang cukup fenomena.
Perbaikan kata bercetak miring pada kutipan teks di atas yaitu ….
A. film, potensi, fenomenal
B. perfilman, potensi, fenomenal
C. perfilman, memiliki potensi, fenomenal
D. perfilman, potensi, fenomena
Cermatilah teks laporan berikut untuk soal nomor 27 dan 28!
Puluhan ribu para transmigran yang tinggal di aneka macam daerah Kalimantan Selatan berlainan-beda nasibnya. Ada yang berhasil, namun tak sedikit yang gagal. Di antara mereka yang gagal, ada yang tetap bersabar sambil berusaha lebih keras memperbaiki kehidupan mereka. Bagi yang tak maubersabar, banyak yang kembali ke Jawa meskipun mereka tidak mempunyai apa-apa lagi di kawasan asalnya.
27. Kesalahan penggunaan kata dalam kalimat pertama teks laporan tersebut ialah ….
A. kata “berlainan-beda” seharusnya ditulis “berlainan
B. penggunaan kata “para” yang mubazir
C. kata “puluhan ribu” seharusnya di hilangkan
D. kata “tetapi” semestinya diganti “tetapi”
28. Kesalahan ejaan pada kalimat terakhir teks laporan tersebut yakni ….
A. kata “kembali” sebaiknya diganti pulang
B.  kata “meskipun” semestinya diganti “walaupun”
C. kata “kembali” sebaiknya diganti “dikembalikan”
D. kata “asalnya” sebaiknya diganti “asal mereka”
29. Perhatikan kutipan kisah berikut!
Dan dikala ia memandang ke langit, beliau menyaksikan sesuatu yang sangat indah. Kupu-kupu dengan sayap warna-warni melayang di atas tupai itu, kemudian menyapanya, “Halo sobat, masih ingatkah kau padaku?”
Tupai itu cuma terkagum-takjub dengan keindahan kupu-kupu, “siapa kau, hei kupu-kupu bagus?”
“Aku ialah ulat bulu buruk yang dahulu di atas pohon ini bersamamu”,
Tupai terkejut, “Bagaimana mungkin?”
“Aku mempunyai kala yang disebut metamorfosis, dan sehabis itu aku akan berubah menjadi kupu-kupu. Setiap ulat bulu akan berubah mirip aku”. Tupai terheran-heran, kemudian menyesal telah mengejek ulat bulu. Kemudian tupai meminta maaf akan kesalahannya dahulu, dan ia tidak lagi suka mengejek orang lain.
Makna tersurat dari kutipan kisah tersebut yaitu ….
A. Mintalah maaf kalau melakukan kesalahan
B. Jangan suka mengejek segala ciptaan Tuhan
C. Bertemanlah tanpa membeda-bedakan 
D. Kagumilah segala keindahan makhluk Tuhan
30. Perhatikan kutipan kisah berikut!
Mungkin jenuh balasan terlalu usang bersatu dalam kedamaian, warga Rimba Nusa datang-datang terbelah menjadi tiga kalangan. Satu di pihak macan, satunya di pihak ular belang, dan satunya lagi mengaku netral pencinta kedamaian. Gara-garanya sepele, namun senggaja dibesar-besarkan untuk memicu pertentangan pertikaian. Pada satu dari enam pohon bambu keramat Rimba Nusa, terdapat dua lubang yang dianggap menodai kemulusannya.
Makna tersurat kutipan cerita tersebut yaitu ….
A. Masalah sepele yang dibesar-besarkan menjadikan warga Rimba Nusa terbelah menjadi tiga kelompok
B. Warga rimba Nusa yang terpecah balasan warga Rimba Nusa yang tidak bertanggung jawab menebar isu
C. Warga Rimba Nusa tidak ingin kedamaian makanya terbelah menjadi tiga golongan akhir persoalan sepele
D. Perselisihan antar kelompok yang terjadi di Rimba Nusa karena warganya jenuh dengan cinta damai
31. Bacalah belahan fabel berikut!
Hiduplah seekor Rusa pada zaman dulu. Ia sangat sombong dan pemarah. Ia sering meremehkan kemampuan hewan lain. Pada suatu hari, si Rusa berlangsung di pinggir danau. Ia bertemu dengan Kura-kura tersebut berwarna hitam dengan bintik biru bercahaya seperti mutiara. “Kura-kura, apa yang sedang Engkau lakukan di sini?”
Makna kata mutiara pada teks tersebut yaitu ….
A. permata
B. kristal
C. batu
D. embel-embel

32. Bacalah cerpen berikut!
Dan lebaran pun datang lagi. Persoalannya belum bergerak. Harga kebutuhan utama naik. Masyarakat panik. Heboh mudik. Korban jiwa di jalanan bikin resah dan arus balik mampu dipastikan akan tetap ruwet. Aku sendiri punya dilema buntu, yang tak mampu dipecahkan.
Makna kata yang tercetak miring dalam kutipan cerpen tersebut yakni ….
A. resah
B. takut
C. berantakan
D. malu

33. Bacalah teks berikut!

Para siswa membentuk golongan berdasarkan kesamaan sahabat bermain. Bu Mira, guru kesenian itu, telah hafal kecenderungan ini. Ia menerapkan aturan agar tidak terjadi pengelompokkan seperti itu. Bu Mira pun memecah golongan-golongan yang telah terbentuk.
Dengan komposisi siswa laki-laki lebih banyak dibanding siswa wanita, setiap golongan dibuat terdiri atas pria dan dua wanita. Beberapa kalangan lainnya terdiri atas dua laki-laki dan dua wanita.
Arti kata komposisi dalam cerpen tersebut adalah ….
A. keharmonisan 
B. gubahan
C. susunan
D. kesatuan

34. Bacalah kutipan berikut!

“Tiga per empat jam lagi,” pikir Handa setelah melirik jam tangan, sambil secara tergesa-gesa mengikatkan dasi pada leher bajunya yang semakin berair saja. Setengah sadar ia mendesiskan nama Tuhan, tampaknya memohon biar jalannya waktu mampu diperlambat atau malah sama sekali dicegat, agar dia mampu terhindar dari bencana yang menghadangnya.
Kata bencana dalam teks tersebut memiliki arti ….
A. kebingungan
B. kesengsaraan
C. kecemasan
D. kesedihan

35. Perhatikan kutipan teks berikut!
Penguasaan yang mendalam mengenai bahasa ialah persyaratan keberhasilan seorang wartawan. Kemahiran berbahasa wartawan akan memudahkannya memanipulasi bahasa sesuai dengan tujuan yang ingin dicapainya. Pilihan kata yang sempurna mampu membangkitkan emosi pembaca. Sebaliknya, opsi kata yang gegabah mampu menyebabkan reaksi yang tidak diharapkan.
Simpulan isi teks tersebut adalah ….
A. Wartawan memang menguasai bahasa
B. Wartawan cendekia mengolah bahasa
C. Wartawan mesti terampil mengolah bahasa
D. Wartawan cendekia memanipulasi bahasa
36. Perhatikan kutipan teks berikut!
Akhir-akhir ini setiap kali ada demonstrasi di situ pula terjadi kekerasan. hal ini diperkuat dengan peristiwa hari Selasa, 16 Oktober 2012 di depan Istana Negara. Demonstrasi yang dilaksanakan para buruh ini menimbulkan bentrokan fisik antara buruh dengan abdnegara penegak hukum. Demonstrasi memang termasuk penting dalam penegakan demokrasi. Namun, jangan dimaknai bahwa demokrasi selalu berkaitan dengan kekerasan.

Simpulan paragraf tersebut ialah ….
A. Aparat penegak aturan dilarang melakukan kekerasan
B. Buruh harus melaksanakan demonstrasi dengan tertib
C. Masyarakat prihatin dengan para buruh di Istana Merdeka
D. Demokrasi Indonesia dicoreng dengan tindak kekerasan

37. Perhatikan kutipan teks berikut!
Sungai penting untuk acara perikanan. Khususnya, di sungai besar yang menjadi tempat hidup bermacam-macam ikan dan hewan yang lain. Sungai besar ini menjadi tempat nelayan mencari mata pencahariaan. Manfaat sungai dalam pertanian juga tidak kalah penting, adalah sebagai sumber irigasi. Kawasan -kawasan pertanian yang subur menerima pengairan dari sungai. Belakangan, manusia membendung sungai sebagai irigasi dan pembangkit tenaga listrik. Pembuatan bendungan itu sungguh bermanfaat bagi kehidupan insan.

Simpulan isi bacaan tersebut yakni ….
A. Sungai sangat berguna bagi kehidupan insan
B. Sungai sumber pencaharian nelayan
C. Sungai selaku sumber kehidupan sebagian insan
D. Bendungan berguna bagi kelangsungan hidup

38. Perhatikan kutipan teks berikut!
Acara wisuda Praja Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN), tidak didatangi Presiden Susilo Bambang Yudhoyono. Alasan ketidakhadiran presiden dalam program itu disampaikan oleh Mendagri. Wisuda dipimpin Menteri Dalam Negeri, Mardiyanto, sekaligus mewakili presiden memimpin acara tersebut.

Simpulan isi teks tersebut yakni ….
A. IPDN mewisuda Prajanya
B. Mendagri menunda wisuda Praja IPDN
C. Presiden tidak hadir dalam wisuda Praja IPDN
D. Rektor memimpin wisuda Praja IPDN

39. Dalam rangka memperingati Hari Bumi Sedunia, sederet film abnormal tentang lingkungan hidup di putar. Film-film tersebut mengupas aneka macam masalah dan keadaan bumi dikala ini serta orang-orang pelestari bumi yang penuh pandangan baru. Sebagian besar film tersebut menceritakan sosok yang mengabdi secara total kepada alam. Mereka gigih merawat kondisi bumi di lingkungan masing-masing.
Ide pokok teks ulasan tersebut yakni ….
A. Pemutaran film dalam rangka memeringati Hari Bumi
B. Film yang mengupas proses pelestarian lingkungan
C. Film yang menceritakan pengabdian seorang pelestari bumi
D. Cara melestarikan lingkungan yang baik
40. Sungguh suatu kebahagiaan tersendiri, sebuah arsip atau karya film Indonesia di abad lampau, dalam hal ini karya Usmar Ismail, bisa kita saksikan dalam format yang telah direstorasi. Pentingnya sebuah karya film yang direstorasi itu sendiri yakni bagaimana kita bisa melihat suatu karya film-film buatan terdahulu dalam bentuk yang utuh. Hal ini tidak lain karena beberapa arsip film Indonesia yang diproduksi di abad lampau tidak mengalami perawatan yang memadai sehingga beberapa film klasik Indonesia tersebut tidak bisa disaksikan dalam keadaan utuh seperti kondisi awal dikala diproduksi. Setidaknya pemahaman utuh di sini adalah ihwal film dalam bentuk (form) asalnya sungguh dipengaruhi oleh material film yang mengalami kerusakan karena usia dan perawatan yang tidak memadai.
Ide pokok teks ulasan tersebut yakni ….
A. Pentingnya suatu karya film yang direstorasi itu sendiri yaitu bagaimana kita mampu melihat sebuah karya
B. Sebuah arsip atau karya film Indonesia bisa kita saksikan dalam format yang sudah direstorasi
C. Sungguh suatu kebahagiaan tersendiri, sebuah arsip atau karya film Indonesia di periode lampau, dalam hal ini karya Usmar Ismail
D. Setidaknya pengertian utuh di sini adalah ihwal film dalam bentuk (form) asalnya sungguh dipengaruhi oleh material
41. Burung merpati memiliki beragam jenis warna, antara lain cokelat, putih, hitam, dan perpaduan dari beberapa warna tersebut. Merpati memiliki semacam sensor dalam hidungnya yang digunakan untuk mengetahui bacin-wangi rumahnya. Inilah penyebab burung merpati dapat pulang kerumahnya setelah terbang jauh. Makanan burung ini yaitu biji-bijian seperti jagung, beras, kacang hijau, dan lain sebagainya.
Ide pokok kutipan teks laporan tersebut ialah ….
A. Makanan burung merpati yakni biji-bijian
B. Burung merpati mempunyai bermacam-macam jenis warna
C. Burung merpati mempunyai sensor di hidungnya
D. Burung merpati mampu pulang ke rumahnya setelah terbang jauh
42. Bacalah kutipan cerpen berikut!
Di daerah kakek, beduk juga bertalu. Aku takut sekali. Aku meringkuk di bangku saat beliau bersuara. “Ahmad, ayo ke masjid. Nanti kukenalkan dengan guru mengajimu yang gres …”
Saat tangannya hendak merengkuhku, alu berteriak kencang sekali, “Aku tidak inginke masjid!”
Berhari-hari, kakek tak henti-hentinya mengajakku seperti itu. Tetapi aku tidak mau. Aku teringat plang yang di robohkan, tembok yang dirobohkan, karpet masjid yang dibakar, genting yang dirontokkan. Juga kitab kecilku yang terlempar di halaman. Kalaun sudah mirip itu nenek menyuruh kakek pergi ke masjid sendirian. Lalu nenek memintaku salat bersamanya saja di rumah. Lagi-lagi aku menggelengkan kepala.
Penyebab konflik dalam kutipan cerpen tersebut yaitu ….
A. Tokoh Ahmad merasa setiap diajak ke masjid oleh tokoh Kakek
B. Tokok Kakek mengajak tokoh Nenek dan Ahmad pergi masjid bareng
C. Tokoh Ahmad teringat masa kemudian mengenai kondisi masjid yang telah rusak
D. Tokoh Nenek memerintahkan Kakek ke masjid dan mengajak tokoh Ahmad salat di rumah
43. Bacalah kutipan cerpen berikut!
Beberapa dikala lalu telah ada setumpuk batu di dermaga. Naro sudah berpakaian dan tiduran berbantalkan tas sekolah. Istri menentukan-milih watu yang dianggap manis. Ia memasukkan ke dalam tasnya. Sisanya dia lemparkan kembali ke bahari. Satu persatu
“Kamu tidak dicari ibumu, Isti?”
Naro bertanya sambil masih tiduran dan masih memejamkan mata.
“Biar saja dia mencari-cari.”
“Nanti ibumu bingung.”
“Biar saja beliau gelisah.”
“Kamu tak inginpulang.”
“Aku tidak mau pulang.”
Naro membuka matanya. Ia melihat wajah temannya yang perempuan itu tertunduk.
“Aku juga senantiasa tak ingin pulang. Tapi kesudahannya saya selalu pulang.” kata Naro lagi.
Istri masih tetap menunduk. Ia duduk di salah satu tonggak dermaga.
“Aku tidak inginpulang.” desahnya lirih.
Naro nyaris tidak mendengar. Di jalanan di muka-muka gedung-geung raksasa. Iringan truk gemuruh. Terdengar lengking kapal yang baru merapat. Matahari doyong ke barat. Cahaya membias di permukaan bahari. Cemerlang.
Naro bangkit, membereskan tas dan pakaiannya 
“Aku mau pulang, Isti. Kamu juga mesti pulang.”
Isti menggelang tanpa mengangkat parasnya.
“Kalau begitu saya pulang sendiri. Aku lapar.”
Anak wanita itu bergeming. Naro melangkah.
“Aku pulang sekarang. Besok masih sekolah?”
Isti mengangkat parasnya, memandang Naro seperti ada sesuatu yang tertahan di dalm dadanya. Namun, Naro tidak melihatnya.
“Aku pulang dahulu. Segeralah kau pulang. Jangan usang-lama di sini.”
Akibat pertentangan dalam kutipan cerpen tersebut yakni ….
A. Tokoh Naro meninggalkan tokoh Isti sendirian di dermaga
B. Tokoh Naro mengawaltokoh Isti sampai pulang ke tempat tinggal
C. Tokoh Isti tak maupulang ke rumahnya
D. Tokoh Isti tidak acuh dengan ibunya di rumah
44. Perhatikan kalimat berikut!
Kalila membeli novel Sikus Pohon, Catatan Juang, dan Bulan melalui situs belanja online
Alasan kesalahan penggunaan ejaan tersebut ialah ….
A. judul novel semestinya diapit tanda petik
B. kata online semestinya ditulis memakai karakter tegak
C. penulisan kata Kalila semestinya diawali huruf kecil
D. judul novel sebaiknya ditulis menggunakan aksara miring
45. Perhatikan paragraf berikut!
Pesepak bola muda Indonesia, Egi Maulana Vikri, mencicipi latihan dilapangan bersalju untuk pertama kalinya semenjak membela Lechia Gdanks. Latihan tersebut dilakukan pada Rabu: 28 November 2018 waktu setempat. Dalam latihan bersama tim utama Lechia-Egy terlihat mengenakan pakaian lebih tebal dari lazimnya .
Perbaikan kesalahan penggunaan tanda baca pada paragraf tersebut adalah ….
A. Tanda titik koma (;) sehabis kata Indonesia dan tanda-tanda hubung (-) sehabis kata Rabu.
B. Tanda koma (,) setelah kata Rabu dan tanda koma (,) menggantikan tanda sambung (-)
C. Tanda titik dua (:) sesudah kata Rabu dan tanda titik (.) mengambil alih tanda sambung (-)
D. Tanda sambung (-) setelah kata Indonesia dan tanda titik dua (:) setelah kata Rabu
46. Perhatikan kalimat berikut!
Wakil wali kota Medan Ir. H. Ahkyor Nasution, M.Si. melaksanakan penanaman pohon mangrove di kelurahan Nelayan Indah. Kecematan Medan Deli, dalam rangka memperingati hari menanam Se-Indonesia.
Kalimat tersebut salah dalam penggunaan tanda baca karena ….
A. Penggunaan tanda pisah (-) diantara se dan Indonesia
B. Penggunaan tanda titik diantara gelar Ir dan H.
C. Penggunaan tanda titik setelah penulisan gelar M.Si.
D. Penggunaan tanda koma diantara nama orang dan gelar
47. Perhatikan paragraf berikut!
1) Dua ruas jalan di Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, ambles akhir hujan lebat sejak selasa, 27 November 2018 siang. 2) Peristiwa ini disampaikan Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Banyumas, Prasetyo Budi Widodo. 3) Berada di ruas jalan kabupaten yang menghubungkan Desa Kalikesur dan Desa Windujaya, Kecematan Kedungbanteng. 4) Selain itu, titik ambles berada di ruas jalan desa yang masuk wilayah Desa Windujaya.
Kalimat yang tidak sempurna dalam paragraf tersebut ditunjukkan pada kalimat berangka ….
A. 1)
B. 2)
C. 3)
D. 4)
48. Perhatikan kalimat berikut!
Kereta Api Joglosemarkerto hubungan Yogyakarta- Solo – Semarang – Purwekerto resmi diluncurkan di Stasiun Solo Balapan Solo, Jawa Tengah. Acara pelantikan peluncuran kereta api tersebut dilaksanakan pada Sabtu, 1 Desember 2018. Peluncuran dikerjakan dengan prosesi pemecahan kendil dan pemotongan tali rangkaian bunga KA Joglosemarkerto.
Perbaikan kalimat bercetak miring tersebut ialah ….
A. Peluncuran KA Joglosemarkerto dikerjakan dengan prosesi pemecahan kendil dan pemotongan tali rangkaian bunga.
B. Joglosemarkerto dijalankan peluncuran KA dengan prosesi pemecahan kendil dam pemotongan tali rangkaian bunga.
C. Dilakukan dengan peluncuran KA Joglosemarkerto prosesi pemecahan kendil dan pemotongan tali rangkaian bunga
D. Peluncuran KA Joglosemarkerto dikerjakan pemecahan kendil dan pemotongan tali rangkaian bunga dengan prosesi
49. Penggunaan ejaan yang tidak sempurna terdapat pada kalimat ….
A. Novel Laskar Pelangi karya Andra Hirarta ialah novel favorit opsi pembaca.
B. Api yang membakar hutan Gunung Lawu mendekati pemukiman warga sekitar.
C. Sekolah Menengah Pertama Insan Cendekia membentuk panitia untuk memperingati Hari Anti Narkoba.
D. Festival Nasional Seni Pertunjukan 2015 digelar di gedung pewayangan kautaman TMII.
50. Pemakaian tanda baca tidak tepat terdapat pada kalimat ….
A. Intan mengajukan pertanyaan, “Siapakah yang mau mewakili lomba pintar cermat se-Yogyakarta?”
B. Wawan menuntaskan pendidikannya, pada Jurusan Antropologi Fakultas Ilmu Budaya.
C. Paman  menasihati anaknya,”Bekerjalah dengan bersungguh-sungguh di negeri orang, Nak!”
D. Meskipun begitu, dia tidak pernah berlaku arogan kepada siapapun.

Buka Soal Prediksi No. 1-25 di Link Berikut

Posted

in

by

Tags: