Acuan Soal Melengkapi Dan Memilih Kerangka Isi Sesuai Tema Karya Sastra (Usbn 2019/2020)

Pada kesempatan kali ini admin akan membagikan pola soal USBN bahasa Indonesia kelas 9 dengan indikator soal yang diujikan yakni anak didik bisa menentukan dan melengkapi kerangka isi sesuai dengan tema karya sastra. Semoga apa yang admin bagikan kali ini mampu membantu anak bimbing dalam mencari acuan tentang contoh soal USBN bahasa Indonesia kelas 9 dengan indikator soal yang diujikan adalah anak bimbing mampu menentukan dan melengkapi kerangka isi sesuai dengan tema karya sastra. Dan kesempatannya, apa yang admin bagika kali ini mampu menawarkan efek aktual yang bagus bagi perkembang dan kemajuan berguru anak asuh dalam memahami pola soal USBN bahasa Indonesia kelas 9 dengan indikator soal yang diujikan yaitu anak asuh bisa menentukan dan melengkapi kerangka isi sesuai dengan tema karya sastra.

 Pada kesempatan kali ini admin akan membagikan contoh soal USBN bahasa Indonesia kelas  Contoh Soal Melengkapi dan Menentukan Kerangka Isi Sesuai Tema Karya Sastra (USBN 2019/2020)
 www.
1.  Perhatikan kutipan teks berikut!
Bila saja ia berhenti untuk berpikir, ia akan tahu itu hanyalah bayangannya. Tapi anjing itutidak berpikir apa-apa dan malah menjatuhkan tulang yang dibawahnya dan eksklusif melompat ke dalam sungai. Anjing tersebut risikonya dengan sukar payah berenang menuju ke tepi sungai. Ketika ia selamat sampai di tepi sungai, ia cuma bisa berdiri bengong dan sedih karena tulang yang dibawanya malah hilang. Dia pun akhirnya meratapi apa yang gres saja terjadi lalu menyadari betapa bodohnya dirinya.
Tema yang terkandung dalam teks tersebut yaitu ….
A. keserakahan
B. bayangan menenteng penyesalan
C. berpikir itu penting
D. tergesa-gesa
2. Perhatikan cerpen berikut!
“Rumah kita kemasukan pencuri,” sahut Bu Roni. Dia merasa sulit bernapas tatkala melihat isi lemari berserakan. Uang dan perhiasaanya sudah lenyap. Juga televisi dan beberapa peralatan elektro yang ada diruang tengah. Bu Roni terduduk lemas tatkala melihat catatan kecil di atas bantal, “Sekarang kalian tahu siapa pengantarkarcis itu.”
Tema kutipan cerpen di atas adalah ….
A. bantuan karcis pertunjukkan 
B. pencurian
C. catatan kecil
D. kehilangan duit
3. Sesungguhnya sungai banyak berfaedah bagi penduduk . Selain untuk mengairi areal persawahan, masih banyak manafaat lainnya mirip untuk sumber bahan baku air minum yang dimasak oleh PAM dan fasilitas transportasi penduduk . Bahkan, di beberapa kawasan, sungai menjadi kawasan objek rekreasi yang mempesona. Tetapi karena kecerobohan masyarakat membuang sampah dan limbah sungai, menimbulkan sungai sebagai penyebab terjadinya banjir yang menyengsarakan masyarakat. Seharusnya penduduk ikut mempertahankan kelestarian air sungai dengan tidak mencampakkan sampah ke sungai
Tema paragraf tersebut adalah ….
A. lingkungan
B. bencana alam
C. kehidupan
D. kesehatan
4. Cara yang biasa digunakan untuk membuang sekam ialah dengan membakarnya di daerah terbuka atau di sawah-sawah. Namun, untuk membakarnya kita pun harus hati-hati. Kita harus apalagi dahulu mengenali ke mana arah angin. Bila arah angin bertiup ke kampung-kampung, kita tidak boleh membakar sekam tadi. Karena hal itu mampu menyebabkan pencemaran udara bagi kampung-kampung tersebut.  Asap hitam yaitu balasan pembakaran yang mau dibawa angin ke arah kampung-kampung bersangkutan.
Tema paragraf tersebut yakni ….
A. cara menyingkir dari bahaya sekam
B. pembakaran sekam di sawah
C. cara membakar sekam yang benar
D. sekam selaku materi pencemaran
5. Mertua si Kabayan sungguh jengkel kepada menantunya. Setiap hari si Kabayan hanya bersantai. Saat mertuanya meminta derma, si Kabayan selalu menolak dengan segala macam alasan. Semua pesan tersirat mertuanya sedikit pun tidak mengganti sikap jeleknya itu. ” Dasar Kabayan si Tebal Muka!” umpat mertuanya.
Tema kisah tersebut yakni ….
A. sikap jelek si Kabayan
B. penolakan si Kabayan
C. kemalasan si Kabayan
D. kejengkelan si Kabayan
6. Komputer sangat merenggangkan beban manusia dalam melakukan pekerjaan . Komputer mampu membantu manusia mengetik, menyimpan data, atau menganalisis data. Komputer tidak hanya membantu pekerjaan manusia. Komputer mampu memberi hiburan bagi manusia. Saat bosan manusia bisa menyimak musik dan bermain game dari komputer.
Paragraf tersebut mengandung tema ….
A. teknologi
B. pekerjaan 
C. pengolahan data
D. hiburan
7. Pada suatu senja dengan hati-hati saya utarakan permintaanku terhadap ibu. Aku ingin, ibu membelikan aku sepeda baru. Ibu membisu saja, tidak menolak, juga tidak mengiyakan. Ibu masuk kamar. Beberapa dikala lalu aku susul ibu ke kamar. Ternyata, ibu sedang menelungkup di ranjang sambil menangis tersedu-sedu. Aku kasihan menyaksikan ibu menangis. Ibu mengucurkan air mata. Air mata mengucur sangat deras. Dengan terbata-bata ibu berbisik, “Anakku, Inu tidak mempunyai uang.” Hingga dikala ini tangis ibu ketika masih jelas teriang di telingaku.
Tema paragraf tersebut yaitu ….
A. transportasi
B. kecerdikan pekerti
C. peristiwa
D. keluarga
Demikianlah yang dapat admin bagikan wacana acuan soal USBN bahasa Indonesia kelas 9 dengan indikator soal yang diujikan adalah anak ajar mampu menentukan dan melengkapi kerangka isi sesuai dengan tema karya sastra. Semoga apa yang admin bagikan kali ini mampu menolong anak latih dalam memahami pola soal USBN bahasa Indonesia kelas 9 dengan indikator soal yang diujikan yaitu anak latih bisa memilih dan melengkapi kerangka isi sesuai dengan tema karya sastra. Semoga bermanfaat dan terima kasih.

BUKA SOAL
Menyusun Urutan Kalimat Berbagai Jenis Teks


Posted

in

by

Tags: