Kumpulan 10+ Pola Soal Un Kelas 9 Dilengkapi Kunci Balasan (Cobaan Nasional 2019/2020)

Pada kesempatan kali ini admin akan membagikan acuan soal cobaan nasional bahasa Indonesia kelas 9 tahun pedoman 2019/2020 dilengkapi kunci tanggapan dan pembahasan. Semoga apa yang admin bagikan kali ini dapat menolong anak ajar terutama kelas 9 dalam mencari tumpuan perihal contoh soal cobaan nasional bahasa Indonesia kelas 9 tahun ajaran 2019/2020 dilengkapi kunci tanggapan dan pembahasan. Dan peluangnya, apa yang admin bagikan kali ini dapat memperlihatkan pengaruh nyata yang baik bagi pertumbuhan dan pertumbuhan belajar anak bimbing dalam memahami teladan soal ujian nasional bahasa Indonesia kelas 9 tahun pedoman 2019/2020 dilengkapi kunci tanggapan dan pembahasan.

 Pada kesempatan kali ini admin akan membagikan contoh soal ujian nasional bahasa Indonesi Kumpulan 10+ Contoh Soal UN Kelas 9 Dilengkapi Kunci Jawaban (Ujian Nasional 2019/2020)
www.

1.  Cermati kutipan cerpen berikut untuk menjawab soal nomor 1-3.
1) Dengan meminta derma penjualdisebelahnya, beliau mengkalkulasikan jumlah duit yang sukses ditemukan saban hari harinya. Jika ada kelebihan, tak lupa ia berikan keunggulan itu untuk bederma. Bas memang baik. Melihat ini aku tak yakin bahwa Bas akan meninggal dunia seperti itu.
2) Pernah sebuah hari ditengah kegelapan ketika melalui lorong, beliau pun menjinjing suatu lampu senter. Entah mengapa ia kerjakan itu. Padahal, dia seorang tunanetra. Aku pun bertanya kepadanya, “Untuk apa kamu nyalakan lampu senter? Bukankah ini tak akan berguna untukmu? Kau sendiri tidak mampu melihat.”
3) Dengan sarat iktikad, ia menjawab. “Kau benar. Aku memang buta. Bagiku tak ada gunanya. Namun, tidakkah kamu melihat bahwa lampu senter ini menerangi ruang sekitar. Jalanan pun menjadi terang.”
4) Saat itu juga ada pemandangan haru. Au bahkan tidak mampu berkata apa-apa. Aku berguru dari hal ini. Aku yang juga tak memiliki satu tangan ini merasa bersyukur mengenal Bas. Dulu saya merasa murung dan nyaris frustasi. Aku sempat galau apa yang mampu kulakukan dikala itu. Hingga saya dipertemukan Allah dengan seorang laki-laki buta yang tak lain adalah Bas. Bas mengajari kamu banyak hal perihal hidup. Lewat perbuatannya, lewat sikapnya kepada orang-orang, dunia ini, dan segala yang ada disekitarnya. Akan tetapi, aku masih tak yakin bahwa Bas akan meninggal dan diingat orang dengan cara yang demikian.

1. Bukti sopan santun Bas memiliki moral yang bagus terdapat pada kalimat nomor ….
A. 1), 2), dan 3)
B. 1), 3), dan 4)
C. 1), 2), dan 4)
D. 2), 3), dan 4)

Pembahasan:
Kalimat 1), 2), dan 3) ialah deskripsi budpekerti Bas yang bagus kepada orang lain. Dalam pemaparan tersebut, tokoh saya menyebut bahwa Bas senang memperlihatkan kelebihan uangnya untuk disedekahkan. Bas juga pernah menyalakan lampu senter untuk menerangi lorong gelap ketika berlangsung bersama tokoh saya meskipun dirinya buta.

2. Nilai religius yang terdapat dalam kutipan tersebut yakni ….
A. meratapi dosa-dosa pada era lalu lebih baik ketimbang terlambat
B. Tuhan akan mempertemukan orang yang bagus dengan orang yang bagus lainnya
C. orang yang rendah diri bantu-membantu adalah orang mulia
D. memaafkan kesalahan orang lain merupakan penebusan dosa

Pembahasan:
Nilai religius ialah nilai-nilai yang berhubungan antara manusia dan Tuhannya. Tuhan akan mempertemukan orang baik dengan orang baik lainnya, seperti tokoh aku yang dipertemukan dengan Bas adalah nilai religius dalam cerpen tersebut.

3. Makna kata bercetak miring dalam kutipan tersebut yakni ….
A. menabung
B. baik sangka
C. berderma
D. memberi hadiah

Pembahasan:
Makna kata berzakat dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia adalah berderma.

Cermati kedua teks berikut untuk melaksanakan soal nomor 4 dan 5.
Teks 1
Semua akomodasi yang di Jewel ramah anak. Contohnya, ada Discovery Slide, patung seni yang merangkap selaku slide bawah umur yang berhadapan dengan Rain Vortex dan Forest Valley. Selanjutnya, ada puff kabut yang terbang di seluruh kompleks, menciptakan anak seolah bermain di antara awan. Untuk pengunjung yang ingin memacu andrenalin, terdapat Canopi Bridge, jalan setapak yang tingginya 75 kaki dari permukaan tanah.
Teks 2
Sedikitnya, ratusan oang memadati kawasan yang terletak di pinggir pantai selatan Flores itu. Umumnya, pengunjung hendak jalan-jalan dan membeli kue serta minuman untuk berbuka puasa. Setiap bulan bulan rahmat, Jalan Hasanuddin ini selalu disulap menjadi pasar oleh warga lokal. Sebuah pasar yang menjual kue-kudapan manis dari minuman khas yang dibuat khusus pada bulan Ramadan. Meski tidak resmi, setidaknya ada puluhan pedagang yang berjualan di Jalan Hasanuddin ini.

Perbedaan contoh penyuguhan kedua teks tersebut adalah ….
A. teks 1 : urutan waktu, teks 2 : urutan kawasan
B. teks 1 : urutan daerah, teks 2 : urutan waktu
C. teks 1 : urutan kawasan, teks 2 : urutan peristiwa
D. teks 1 : urutan alasannya adalah-balasan, teks 2 ” urutan kejadian

Pembahasan:
Teks 1 menyuguhkan urutan tempat. Hal ini terlihat pada uraian wacana berbagai lokasi dan kemudahan di Jewel yang ramah anak. Sementara itu, di teks 2 menyajikan urutan kejadian. Hal itu tampakpada uraian kegiatan yang dikerjakan oleh hadirin pantai selatan Flores.

5. Perbedaan penggunaan bahasa kedua teks tersebut yaitu sebagai berikut ….
A. teks 1 : tidak menggunakan kata tunjuk, teks 2 : memakai kata tunjuk
B. teks 1 : memakai kata sandang, teks 2 : memakai kata sandang
C. teks 1 : memakai kalimat aktif dan pasif, teks 2 : memakai kalimat pribadi
D. teks 1 : menggunakan kata ganti orang pertama, teks 2 : memakai kata ganti orang ketiga

Pembahasan:
Kalimat pada teks 1 tidak menggunakan kata tunjuk. Sementara itu, beberapa kalimat pada teks 2 memakai kata tunjuk itu dan ini.

6. Cermati kutipan teks berikut!
Pada tahun 1732, Anders Celcius memulai “tur besar” dengan mengunjungi observatorium terkenal di Eropa seperti di Jerman, Italia, dan Prancis. Di Paris, dia mendukung diadakannya upaya pengukuran meridian di Lapland. Selanjutnya, pada tahun 1736, beliau berpartisipasi dalam ekspedisi yang digalang Akademi Sains Perancis.

Makna kata yang bercetak miring dalam teks tersebut yaitu ….
A. perjalanan armada kapal
B. perjalanan kapal keliling dunia
C. perjalanan pengusutan ilmiah
D. observasi ilmiah di sebuah kawasan

Pembahasan:
Arti kata ekspedisi dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia yaitu ‘perjalanan untuk keperluan pengusutan ilmiah’.

7. Cermati teks berikut!
Togean, kepulauan di bawah “kepala” Sulawesi merupakan destinasi sempurna untuk turis yang menginginkan alam bawah air indah dengan situasi masih alami. Kepulauan itu merupakan salah satu bagian dari segitiga koral dunia yang terhampar sepanjang Indonesia, Malaysia, Papua Nugini, Filipina, Kepulauan Solomon, dan Timur Leste. Di sana tersimpan kekayaan alam maritim yang luar biasa. Kepulauan Togean merupakan nirwana bagi penyelam dengan lebih dari 300 spot penyelamatan. Kepulauan di Kabupaten Tojo Una-Una Sulawesi Tengah itu mempunyai spot selam yang beragam.

Pernyataan yang cocok dengan isi teks tersebut yaitu ….
A. lokasi wisata alam Kepulauan Togean menawarkan suasana yang alami untuk berlibur
B. piknik pada animo panas dengan pergi ke Togean akan meminimalisir budget
C. liburan kapan pun memerlukan kecermatan dalam penggunaan anggaran
D. busana tipis untuk ke pantai membantu menghemat kapasitas bagasi kita

Pembahasan:
Pernyataan yang sesuai dengan isi teks tersebut yaitu A. Pernyataan tersebut membahas suasana alami Kepulauan Togean. Pernyataan tanggapan B, C, dan D tidak cocok dengan konteks kalimat dalam teks.

Bacalah kutipan berikut untuk menjawab soal nomor 8 dan 9.
1) Dua tahun sejak kepergian Rusli, kerja kerasnya memperlihatkan hasil. Rusli berkala mengirimi duit ke orang tuanya. Nominal yang lebih dari cukup jikalau hanya digunakan untuk ongkos hidup sehari-hari. Sisanya digunakan aneka macam hal; merenovasi rumah, ongkos sekolah adik wanita Rusli, bahkan membeli dua buah sepeda motor. Rumah gubuk milik keluarga Rusli di kampung tinggal ingatan. Rumah yang sebelumnya didominasi tripleks dan bilik bambu berubah bata merah yang lebih kukuh, beratap genting yang lebih bagus, dan berhalaman luas yang difungsikan sebagai kebun. Tak ada lagi rutinitas meletakkan panci dan bejana di lantai kamar atau ruangan lain sebab atap yang bocor abad hujan deras.
2) Siapa yang tak iri atas semua pencapaian itu. Maka, cibiran-cibiran pun bermunculan, terdengar oleh keluarganya, kemudian disampaikan lagi pada Rusli dalam bentuk pesan singkat. Hal yang dikhawatirkan warga kampung alhasil terjadi juga, para cowok secara tiba-tiba ingin jadi TKI, namun tak ada yang menerima restu. Ironi, banyak iri pada hasil tamat, namun menolak berproses.
3) Rusli secepatnya menampik suara-suara sumbang ditelinganya. Kepulangannya dilarang diisi kegalauan seperti itu. Mengapa harus repot dengan cibiran orang lain, sementara orang-orang yang mencemooh Rusli tidak mempunyai tanggung jawab apa-apa atas kehidupan keluarganya di kampung. Bahkan ketika keluarga Rusli sedang mengalami kesusahan, tak sedikit warga kampung yang menutup mata.
4) Pria itu cuma ingin pulang dengan hening, bertemu keluarganya, apalagi Bapak. Bapak yang pernah memangut tangannya ketika hendak berangkat ke Korea. Bapak yang pagi buta membantu mempersiapkan kebutuhan Rusli. Bapak yang rela menyelipkan tabungan terakhirnya ke saku Rusli selaku bekal perjalanan. Bapak yang menjadi segala-galanya bagi Rusli.

8. Bukti latar situasi mengharukan pada kutipan tersebut ditunjukkan nomor ….
A. 1)
B. 2)
C. 3)
D. 4)

Pembahasan:
Latar situasi murung tampakpada kalimat 4) yang menawarkan keikhlasan dan perlindungan Bapak ketika melepas Rusli pergi merantau ke Korea.

9.  Komentar yang tepat sesuai dengan isi teks tersebut yakni ….
A. tidak baik seorang larut dalam kesedihan terus-menerus
B. janga menyimak cibiran orang lain yang iri terhadap kita
C. ketika kita sedang bersedih, tidak ada yang mampu diajak mengatakan
D. betualang akan menuntun kita ke dalam dunia kita sendiri

Pembahasan:
Komentar yang cocok dengan isi teks yakni kalimat balasan B. Hal ini disebabkan kalimat B mengomentari tentang seorang yang berupaya untuk tidak menyimak cibiran orang lain dan hanya konsentrasi pada hal yang menjadikannya bahagia.

10. Cermatilah teks petunjuk cara membuat jus mangga berikut!
1) Siapkan blender
2) Masukkan buah mangga ke blender
3) Masukkan air dan es watu beserta gula secukupnya
4) […]
5) Setelah simpulan, matikan blender dan tuang jus ke dalam gelas
6) Jus mangga siap disajikan

Petunjuk sempurna untuk melengkapi bab rumpang tersebut yakni ….
A. basuh bersih mangga sebelum blender dinyalakan
B. blender buah mangga, tuangkan es batu satu-satu
C. tuangkan es buah gelas, kemudiam aduk
D. nyalakan blender sampai semuanya tercampur

Pembahasan:
Petunjuk yang sempurna untuk melengkapi bab rumpang tersebut adalah balasan D. Hal tersebut sesuai dengan konteks kalimat berikutnya, adalah 5) yang menyatakan Setelah akhir, matikan blender dan tuang jus ke dalam gelas. Berdasarkan hal tersebut, kalimat sebelumnya yang tepat yaitu Nyalan blender hingga semuanya tercampur.

Demikianlah yang mampu admin bagikan tentang teladan soal ujian nasional bahasa Indonesia kelas 9 tahun ajaran 2019/2020 dilengkapi kunci balasan dan pembahasan. Semoga apa yang admin bagikan kali ini mampu menolong anak latih dalam memahami acuan soal ujian nasional bahasa Indonesia kelas 9 tahun fatwa 2019/2020 dilengkapi kunci balasan dan pembahasan. Semoga berfaedah dan terima kasih.


Posted

in

by