Pengertian, Ciri-Ciri, Struktur, Dan Tindakan Membuat Teks Persuasi

Pengertian, Ciri-Ciri, Struktur, dan Langkah-Langkah Membuat Teks Persuasi” width=”400″ />

 www.
A. Pengertian Teks Persuasi
Teks persuasi yaitu teks yang memberikan pemikiran dengan memakai bahasa yang terperinci dan lugas. Teks persuasi bersifat menghipnotis orang lain.
B. Ciri Umum Teks Persuasi
Di bawah ini ialah beberapa ciri biasa teks persuasif dalam pembelajaran bahasa Indonesia. Adapun ciri-ciri biasa teks persuasif terebut ialah sebagai berikut.
  1. Bertujuan mengajak orang untuk melaksanakan sesuatu.
  2. Memiliki data berbentukfakta, teladan, dan bukti yang digunakan untuk memperkuat argumentasi yang disampaikan penulis berkaitan dengan tujuanya.
  3. Mengandung kata-kata seruan, mirip ayo, marilah, dan laksanakanlah.
C. Struktur Teks Persuasif
Berikut ini adalah beberapa struktur teks persuasi dalam pembelajaran bahasa Indonesia. Adapun beberapa struktur teks persuasi. 
  1. Pembukaan
  2. Tesis
  3. Argumen
  4. Rekomendasi
D. Langkah Membuat Teks Persuasi
Berikut ini yaitu beberapa tindakan membuat teks persuasi dalam bahasa Indonesia. Adapun tindakan menciptakan teks persuasi tersebut adalah sebagai berikut.
  1. Tentukan topik
  2. Tentukan tujuan yang mau diraih
  3. Sampaikan tesis atau pertimbangan yang berhubungan dengan topik
  4. Buatlah kerangka teks persuasi
  5. Rumuskan kalimat seruan
  6. Identifikasi argumentasi
  7. Kembangkan kerangka menjadi teks persuasi
  8. Jika teks disampaikan secara mulut, ungkapkan gagasanmu secara tegas dan lugas.
Kritis kepada sebuah persoalan dalam kehidupan sehari-hari ialah modal yang dibutuhkan untuk menulis teks persuasif. Hal tersebut akan membuat kita lebih kreatif dalam menentukan topik untuk dijadikan bahan menulis teks.
E. Contoh Teks Persuasif 
Di bawah ini yakni beberapa pola teks persuasif yang berjudul ‘Yuk, Hilangkan Stres dengan Membaca’ dalam pembelajaran bahasa Indonesia. Adapun contoh teks tersebut adalah sebagai berikut.
Yuk, Hilangkan Stres dengan Membaca!
Stres merupakan kekacauan mental dan emosional yang disebabkan oleh sebuah hal di luar diri seseorang, mirip rasa tertekan dan terhimpit oleh kondisi tertentu. Stres menimbulkan ketegangan psikis dan fisik. Seseorang yang stres akan diliputi kecemasan, bahkan pada sesuatu yang belum terjadi. Hal ini sebaiknya tidak terjadi secara berlarut-larut alasannya akan makin mengganggu kesehatan.
Banyak cara yang mampu dijalankan untuk mengurangi atau menanggulangi stres. Salah satu cara tersebut adalah membaca. Membaca mampu mengalihkan perhatian seseorang dari penyebab stres. Hal ini disebabkan kegiatan membaca membuat seseorang konsentrasi pada sesuatu yang dibacanya. Secara tidak pribadi, seseorang akan terhanyut dalam ide atau imajinasi penulis dan melewatkan sejenak beban yang menjadikannya stres. Hal tersebut telah terbukti dalam observasi yang dilaksanakan oleh para ilmuwan Universitas Sussex pada tahun 2009.
Dengan demikian, kalau kita mengalami stres sebaiknya luangkanlah waktu untuk membaca buku kesukaan. Begitu pula dengan orang lain yang juga mengalami stres, sarankan kepada orang tersebut untuk meminimalisir stres dengan membaca.
Demikianlah yang dapat admin bagikan tentang pemahaman, ciri-ciri, struktur, dan tindakan membuat teks persuasi dalam pembelajaran bahasa Indonesia. Semoga apa yang admin bagikan kali ini mampu membantu anak bimbing dalam mengetahui pemahaman, ciri-ciri, struktur, dan langkah-langkah menciptakan teks persuasi dalam pembelajaran bahasa Indonesia. Semoga bermanfaat dan terima kasih.

Posted

in

by