Tindakan Menceritakan Kembali Isi Teks Narasi (Cerita Khayalan)

Pada kesempatan kali ini admin akan membagikan tindakan menceritakan kembali isi teks narasi yaitu teks imajinasi. Semoga apa yang admin bagikan kali ini mampu membantu anak asuh dalam mencari rujukan ihwal tindakan menceritakan kembali isi teks narasi adalah teks imajinasi. Dan kesempatannya apa yang admin bagikan kali ini mampu menawarkan imbas baik bagi perkembangan dan kemajuan mencar ilmu anak didik dalam memahami tindakan menceritakan kembali isi teks narasi yaitu teks khayalan. Adapun langkah-langkah menceritakan kembali isi teks narasi yaitu teks imajinasi yakni selaku berikut.

 Pada kesempatan kali ini admin akan membagikan langkah Langkah-Langkah Menceritakan Kembali Isi Teks Narasi (Cerita Imajinasi)
www.
Menceritakan kembali isi dongeng imajinasi dengan kalimat sendiri ialah langkah pertama untuk berlatih menulis kreatif. Berikut beberapa hal yang perlu kalian perhatikan dalam menulis kembali isi dongeng yang hendak kalian buat.
  1. Pencerita berposisi sebagai orang ketiga.
  2. Cerita tersebut sesuai dengan isi kisah dan jangan memperbesar dengan inspirasi kalian sendiri.
  3. Cerita sesuai dengan alur/urutan peristiwa cerita yang kalian baca.
  4. Kalimat hendaknya yang runtut dan gampang diketahui oleh orang lain.
Adapun  langkah-langkah yang dapat kalian kerjakan untuk menceritakan kembali dongeng khayalan adalah selaku berikut.
  1. Membaca atau menyimak cerita khayalan tersebut dengan saksama.
  2. Mencatat hal-hal penting sesuai dengan urutan (kronologi) dongeng.
  3. Mengembangkan hal-hal penting tersebut menjadi sebuah narasi dengan kalimat sendiri, baik secara verbal maupun goresan pena.

Untuk lebih jelasnya silakan kalian simak contohnya berikut ini.Kronologi cerita imajinasi yang berjudul “Bayangan dalam Cahaya” yakni sebagai berikut.

  1. Ada bunyi geledek menyambar-nyambar yang menciptakan warga ketakutan.
  2. Jozu melihat bayangan di balik kilatan guntur tersebut.
  3. Dia mencari tahu bahwasanya wacana bayangan tersebut. Dalam buku yang berjudul Legend of a Miracle, dia mendapatkan legenda perihal bayangan dalam cahaya.
  4. Dalam mimpi-mimpinya, Jozu senantiasa menerima pesan rahasia 
  5. Tanpa disadari sekarang dia sudah mempunyai kekuatan yang dahsyat.
  6. Setelah menyadari kekuatannya. Ia menobatkan dirinya selaku “The Thunderstorm” yang artinya Si Pengendali Guntur.

Setelah kalian menyusun beberapa kronologi tersebut. Kalian bisa berikutnya berbagi hal-hal tersebut secara naratif dengan kalimat kalian sendiri tentunya. Untuk lebih jelasnya kalian mampu melihat di bawah ini hasil pengembangan dari beberapa point penting di atas.

Ketika terdengar geledek menyambar, semua orang keluar dari rumahnya. Mereka melihat suatu lubang besar akibat sambaran geledek tersebut. Josu berteriak melihat kelebat bayangan di balik kilatan. Namun, sang kakek berpikir bahwa Josu hanyalah takut pada insiden itu.

Dia berupaya mencari tahu ihwal apa sebetulnya bayangan tersebut. Akhirnya, dia memperoleh sebuah buku yang berjudul Legend of a Miracle. Dalam buku tersebut, dikisahkan bahwa setiap 100 tahun akan terjadi bencana alam yang cukup besar dan cuma anak dari para ninja hebatlah yang bisa melihat bayangan kekuatan itu. Keturunan ninja jago itu bisa diketahui dari tanda lahir yang berupa ukiran luka di bawah telapak tangan mereka yang berupa shuriken. Tanda itu semua ada pada diri Josu. Setelah itu, dalam mimpi-mimpinya, ia selalu dapat pesan rahasia.

Ternyata benar, tanpa disadari dalam diri Josu terdapat kekuatan yang hebat. Hal ini dimengerti tatkala hari ulang tahunnya yang ke-17. Dia mampu berteleportasi secepat gunturdan tubuhnya mampu mengeluarkan kelebatan guntur yang berbahaya. Akhirnya, sehabis mengetahui mempunyai kekuatan andal, dia bertekad untuk melindungi rakyat dan menobatkan dirinya selaku “The Thunderstorm” yang artinya Si Pengendali Guntur.

Sumber: Marbi kelas 7 (pengubahan)

Demikianlah yang dapat admin bagikan ihwal tindakan menceritakan kembali isi teks narasi ialah teks imajinasi. Semoga berguna dan terima kasih.


Posted

in

by