40+ Teladan Soal Bahan Ide Pokok, Kalimat Utama, Dan Gagasan Utama Dilengkapi Kunci

Pada kesempatan kali ini admin akan membagikan kumpulan contoh soal bahasa Indonesia kelas lima tematik dilengkapi dengan kunci balasan terbaru kurikulum 2013. Semoga apa yang admin bagikan kali ini mampu menolong anak latih dalam mencari rujukan perihal pola soal bahasa Indonesia kelas lima tematik dilengkapi dengan kunci balasan modern.

 Pada kesempatan kali ini admin akan membagikan kumpulan contoh soal bahasa Indonesia kela 40+ Contoh Soal Materi Ide Pokok, Kalimat Utama, dan Gagasan Utama Dilengkapi Kunci

Gambar: freepik.com

1. Paragraf … ialah paragraf yang kalimat terutama terletak di permulaan paragraf
A. Ineratif
B. Induktif
C. Deduktif
D. Induksi
 

2. Pendidikan aksara itu ialah pendidikan rumahan. Pusatnya ada pada orang bau tanah yang menjadi acuan. Orang tua yang berkarakter, menjadi dirinya sendiri secara autentik, dan itu menjadi teladan bagi anak-anaknya. Dalam hal sekolah, guru-guru yang berkarakter, autentik, menjadi acuan bagi murid-muridnya. Pendidikan karakter jadi terdengar rumit, alasannya kita umumhidup tanpa aksara. Orang tua dan guru tidak menjadi acuan bagi bawah umur.
 
Ide pokok paragraf tersebut ialah ….
A. Pendidikan huruf terdapat pada pendidikan rumah
B. Pendidikan abjad terdapat pada pendidikan orang tua
C. Pendidikan huruf anak diberikan di sekolah
D. Pendidikan huruf berpusat pada orang renta dan guru
 
3. Lahan pertanian di Pulau Jawa kian menyempit. Hal ini dikarenakan jumlah penduduk yang makin usang kian bertambah. Populasi penduduk yang bertambah mengakibatkan pembangunan kian banyak. Pembangunan rumah tinggal maupun tempat perjuangan menggusur lahan pertanian. Sekarang banyak ditemui, sawah-sawah yang bukan ditanami padi, melainkan ditanami tembok-tembok beton perumahan.
 
Berdasarkan teks diatas, ialah contoh dari paragraf ….
A. Induktif
B. Deduktif
C. Ineratif
D. Campuran
 
4. 1) Hampir tak ada yang sanggup menolak rasa cokelat yang yummy. 2) Selain rasanya, cokelat juga berguna bagi kesehatan. 3) Cokelat berfungsi sebagai antioksidan dan jikalau dikonsumsi dalam jumlah normal secara terorganisir dapat menurunkan tekanan darah. 4) Terlebih kalau cokelat itu dijadikan es krim. 5) Dingin, manis cokelat, dan creamy berpadu dengan taburan kacang menambah cita rasa.
 
Kalimat utama paragraf tersebut ditandai nomor ….
A. 1)
B. 2)
C. 3)
D. 4)
 
5. Paragraf induktif merupakan paragraf yang kalimat utamanya terletak di …. paragraf
A. Awal
B. Tengah-tengah
C. Campuran
D. Akhir
 
6. 1) Dalam perayaan ulang tahunnya yang ke-80 di Bentara Budaya Jakarta (BBJ), Jakob Oetama meluncurkan buku berjudul “Syukur Tiada Akhir”. 2) Buku ini berisi tentang kisah hidup Jakob yang memberikan pesan pergulatan wacana pekerjaan wartawan dan kehidupan pribadinya. 3) ST Sularto, penulis buku ini, mengaku mulanya diminta untuk menuliskan memoar dan bukan autobiografi pada bulam Mei kemudian. 4) Dia pun memulainya dengan menghimpun bahan tertulis dan mendatangi sejumlah tempat yang menjadi saksi kehidupan seorang Jakob, termasuk pusara Romo Sanjaya di Muntilan, yang berdasarkan Sularto, menjadi salah satu kawasan cita-cita Jakob untuk dikunjungi saat ini.
 
Kalimat utama paragraf tersebut yaitu ….
A. 4)
B. 3)
C. 2)
D. 1)
 
7. Siswa sering tidak konsentrasi dikala berguru di dalam kelas. Kondisi ruangan yang tidak tenteram turut memengaruhi proses pembelajaran di kelas. Kemampuan guru menyampaikan bahan yang kurang profesional pun menyebabkan siswa malas mengikuti pembelajaran. Kurangnya kesadaran berguru berdikari pada siswa juga turut memperparah tidak tercapainya tujuan pembelajaran. Itulah beberapa penyebab nilai siswa turun di sekolah ini.
 
Pada paragraf diatas ialah acuan dari paragraf ….
A. Ineratif
B. Deduktif
C. Campuran
D. Induktif
 
8. Perempuan yang pandai ialah seseorang yang dengan kecerdasannyaakan makin memperbesar keimanannya. Perempuan pandai itu tidak diukur dari seberapa tinggi nilainya. Tetapi bagaimana beliau mampu menyelesaikan seluruh permasalahan dalam kehidupannya dengan satu tolak ukur tertentu yang bertanggung jawab.
 
Ide pokok paragraf tersebut yakni ….
A. Perempuan yang pintar senantiasa diukur dengan seberapa tinggi nilainya
B. Perempuan yang cerdas yakni wanita yang menyesaikan masalah
C. Perempuan yang cerdas yaitu wanita yang bertanggung jawab dalam hidup
D. Perempuan yang pintar adalah wanita yang memperbesar keimanannya

 
9. Paragraf yang kalimat khususnya ditaruh di bagian awal dan tamat paragraph disebut dengan paragraf ….
A. Campuran
B. Ineratif
C. Induktif
D. Deduktif
 
10. 1) Pemerintah Provinsi Jawa Tengah menyebarkan satu aplikasi khusus untuk menerima pendaftaran siswa Sekolah Menengan Atas dan SMK. 2) Peluncuran aplikasi tersebut untuk memudahkan siswa SMP masuk ke jenjang Sekolah Menengan Atas atau SMK secara online. 3) Aplikasi ini secara resmi diluncurkan pada Rabu (7/6/2017) malam oleh Gubernur Jateng Ganjar Pranowo. 4) Aplikasi ini diatur pemerintan provinsi sebab kewenangan mengorganisir SMK telah berpindah ke tingkat Provinsi.
 
Kalimat utama paragraf tersebut ditandai nomor ….
A. 1)
B. 2)
C. 3)
D. 4)
 
11. Siswa mesti bersungguh-sungguh membaca buku. Dengan rajin membaca buku, wawasan siswa akan kian banyak. Semakin banyak gosip yang diserap siswa, maka beliau akan lebih gampang dalam menerima pembelajaran. Dengan banyak membaca, siswa juga kaya kosa kata bahasa. Makara, sudah sebaiknya sekarang siswa bersungguh-sungguh membaca buku.
 
Berdasarkan paragraf diatas, ialah acuan dari paragraf ….
A. Deduktif
B. Induktif
C. Campuran
D. Ineratif
 
12. Kanker merupakan penyakit yang disebabkan perkembangan sel jaringan tubuh yang tidak normal dan terus membelah diri dengan segera dan tidak terkendali. Penyakit ini ialah pembunuh paling besar pertama di dunia. Kini, jumlah peyakit kanker bertambah sampai 6,25 juta orang. Selanjutnya diperkirakan 9 juta orang meninggal alasannya kanker dalam waktu 10 tahun mendatang dan bagi negara-negara yang berkembang, kemungkinan terkena kanker akan lebih besar lagi karena secara umum dikuasai penderita kanker berada di negara berkembang.
 
Ide pokok paragraf tersebut yaitu ….
A. Penyakit kanker merupakan pembunuh terbesar di dunia
B. Penyakit kanker disebabkan jaringan badan tidak wajar dan tidak terkendali
C. Penyakit kanker banyak di derita di negara yang sedang meningkat
D. Jumlah penyakit kanker mencapai 6,25 juta orang di dunia
 
13. Paragraf ineratif merupakan paragraf dengan kalimat utama terletak di … paragraf
A. Awal
B. Akhir
C. Awal dan selesai
D. Tengah-tengah
 
14. 1) Hasil penelitian memperlihatkan bahwa teh hijau bisa mencegah dan mengobati penyakit ginjal. 2) Hasil ini tentu saja erat hubungannya dengan senyawa katekin yang dikandungnya. 3) Katekin teh hijau mempunyai kemampuan yang sanggup menerima amanah untuk menghalangi dan menyembuhkan penyakit ginjal. 4) Meskipun semua unsur katekin yang dipakai dalam percobaan mempunyai kesanggupan menyembuhkan penyakit ginjal, katekin dalam bentuk EGCG ialah yang paling lebih banyak didominasi dan memiliki kegunaan.
 
Kalimat utama paragraf tersebut ditandai kalimat berangka ….
A. 1)
B. 2)
C. 3)
D. 4)
 
15. Sinonim biasa dinamakan juga dengan … kata
A. Perbedaan
B. Perlawanan
C. Persamaan
D. Perselisihan
 
16. Secara biasa menurut cara atau proses pengolahannya, teh dapat diklasifikasikan menjadi tiga jenis, adalah teh hijau, teh oolong, dan teh hitam. Teh hijau dibentuk dengan cara menginaktivasi enzim oksidase atau fenolase yang ada dalam pucuk daun teh segar dengan cara pemanasan atau penguapan menggunakan uap panas sehingga oksidasi enzimmatik terhadap katekin dapat dicegah. Teh hitam dibentuk dengan cara memanfaatkan terjadinya oksidasi enimatis kepada kandungan katekin teh. Teh oolong dihasilkan melalui proses pemanasan yang dikerjakan segera sesudah proses penggulungan daun, dengan tujuan untuk menghentikan proses fermentasi. Oleh sebab itu, teh oolong disebut selaku teh semi fermentasi yang mempunyai karakteristik khusus dibandingkan teh hitam dan teh hijau.
 
Gagasan utama paragraf tersebut adalah ….
A. klasifikasi jenis teh menurut cara atau proses pengolahannya
B. cara menginaktivasi enzim oksidase atau fenolase dalam teh hijau
C. proses pengolahan pucuk daun teh menjadi teh oolong
D. teh oolong disebut sebagai teh semi fermentasi
 
17. Hidup di dunia ini bersifat fana. Sinonim dari kata fana adalah ….
A. Kekal
B. Abadi
C. Selamanya
D. Sementara
 
18. Tumbuhan dikotil yaitu flora berbiji berkeping dua. Tumbuhan dikotil memiliki sepasang daun forum yang sudah berbentuk semenjak dalam sesi biji. Tumbuhan dikotil memiliki beberapa macam khusus. Tumbuhan jenis ini mempunyai bentuk akar tunggang. Pola tulang daun pada flora dikotil menyirip atau menjari. Tanaman dikotil tidak memiliki tudung akar. Selain itu, batang pada flora dikotil bercabang-cabang.
 
Gagasan utama paragraf tersebut yaitu ….
A. beberapa ciri khusus tumbuhan dikotil
B. bentuk daun pada tumbuhan dikotil
C. bentuk biji pada tumbuhan dikotil
D. macam-macam tumbuhan dikotil
 
19. Pak Heru hadir dalam rapat penting tersebut. Sinonim dari kata hadir ialah ….
A. Sakit
B. Malas
C. Tidur
D. Datang
 
20. Meresapi puisi dengan penuh perasaan disebut ….
A. penghayatan
B. mulut
C. berintonasi
D. olah vokal
 
21. Jessica ialah murid kelas 5 Sekolah Dasar Brawaijaya yang pandai. Sinonim dari kata Pandai ialah ….
A. Licik
B. Perhatian
C. Pintar
D. Bodoh
 
22. Hal-hal yang mesti dipersiapkan dikala membuat wawancara yaitu ….
A. membuat daftar pertanyaan
B. membuat judul
C. membawa kamera
D. membawa alat tulis
 
23. Antonim lazimdinamakan juga dengan … kata
A. Persamaan
B. Lawan
C. Kemiripan
D. Peresmian
 
24. Seharusnya kau bangun lebih awal! Kalimat di atas termasuk kalimat ….
A. pesan yang tersirat
B. nasehat
C. kontradiksi
D. harapan
 
25. Kevin suka minum susu, sehingga badannya sangat kurus. Antonim dari kata kurus adalah ….
A. Krempeng
B. Keceng
C. Kurang gizi
D. Gemuk
 
26. Sumber persoalan yang dijadikan dasar penulisan karangan disebut ….
A. kerangka karangan
B. diksi
C. paragraf
D. tema
 
27. Arfan kalah dalam pertarungan pencak silat tadi malam. Antonim dari kata kalah ialah ….
A. Menang
B. Lelah
C. Murah
D. Mahal
 
28. Kakak Rafi bekerja selaku reporter televisi swasta. Makna kata reporter yaitu ….
A. orang yang menyusun gosip
B. orang yang menunjukkan gosip
C. orang yang memasarkan isu
D. orang yang menjadi gosip
 
29. Ayah Icha terlihat sungguh muda. Antonim dari kata muda ialah ….
A. Segar
B. Bersih
C. Kekar
D. Tua
 
30. Hal-hal yang tidak mesti ada pada bab pembuka suatu surat adalah ….
A. tempat dan tanggal penulisan surat
B. alamat surat
C. salam pembuka
D. tanda tangan
 
31. Cerita rakyat digolongkan ke dalam dongeng yang berbentuk ….
A. fiksi
B. nonfiksi
C. bersambung
D. kenyataan
 
32. Dalam program pemulihan … ini, aneka tumbuhan diberi kesempatan bernapas lega. Begitu juga hewan untuk dapat berkembang dan berkembang biak dengan baik.” Dalam acara ini juga dilaksanakan pencucian sampah khususnya sampah plastik,” ujar ia.
 
Kata yang tepat untuk melengkapi bagian rumpang teks di atas yaitu ….
A. ekologi
B. ekosistem
C. habitat
D. biotik
 
33. Dalam menyusun karangan, ihwal yang kita pastikan pertama kali ialah ….
A. tema
B. kerangka karangan
C. pokok anggapan
D. judul
 
34. Era globalisasi menjinjing banyak perubahan kepada gaya hidup penduduk . Salah satunya ialah kemajuan ilmu wawasan dan teknologi mencipatakan berbagai macam peralatan yang membantu insan dalam melakukan pekerjaan […]. Bermain ialah salah satu jenis hiburan pilihannya. Dengan meningkat nya teknologi yang mencakup banyak faktor, jenis-jenis dari permainan pun mendapatkan pengaruhnya. Aspek tersebut menimbulkan munculnya perumpamaan permainan modern.
 
Kalimat yang sempurna untuk melengkapi paragraf rumpang tersebut yaitu ….
A. permainan modern merupakan jenis permainan yang memanfaatkan teknologi di dalamnya
B. pertumbuhan pengetahuan dan teknologi juga menunjukkan hiburan dikala manusia ingin berleha-leha
C. jenis permainan modern menberikan banyakdampak negatif kepada kemajuan anak
D. oleh sebab itu, diperlukan budi orang renta dalam merespon problem tersebut.
 
35. Kebakaran itu terjadi balasan adanya konsleting. Maksud konsleting adalah….
A. pemadaman listrik
B. terbakarnya kabel listrik
C. terjadinya hubungan arus pendek pada arus listrik
D. tersengatnya kabel oleh listrik

36. Keluarga kami tinggal di lingkungan yang terdiri atas aneka macam suku bangsa. Rumah-rumah warga yang tinggal di lingkungan kami diberi cat […]. Anak-anak suka bermain di taman yang ditawarkan. Buku-buku dan surat kabar yang tersedia di perpustakaan desa menjadi bacaan berkala […] di desa kami. Sikap […] merupakan kebiasaan warga yang senantiasa terpelihara di desa kami.

Kata ulang yang sempurna untuk melengkapi paragraf tersebut adalah ….
A. warna-warni, muda-mudi, gotong royong
B. warna-warna, muda-mudi, tolong-tolong
C. warna-warni, muda-muda, tolong-ditolong
D. warna-warna, muda-mudi, tolong-menolong

37. Malam itu rumah pak Sapto sangat ramai. Ruangan telah dipenuhi kursi seruan. Tamu-tamu pun mulai berdatangan untuk menghadiri resepsi ijab kabul anaknya.

Dalam suatu dongeng, cuplikan diatas termasuk ….
A. latar
B. tema
C. amanat
D. pesan

38. Era globalisasi dan […] menuntut kita untuk bertindak cepat, gampang, efektif, hingga […]. Globalisasi mendidik kita untuk meraih tujuan sesempurna mungkin, bahkan dengan menghalalkan segala cara. Oleh karena itu, manusia modern condong […].

Kata serapan yang tepat penulisannya untuk melengkapi paragraf tersebut yakni ….
A. modernisasi, instant, individualistik
B. modernisasi, instan, individualis
C. modern, instan, individualis
D. modernisasi, istant, individualis 

39. Pak Aris ialah pemilik […] Sumber Waras. Dalam penyusunan jenis obat, dia selalu lakukan dengan cara yang […]. Misalnya dengan membuat urutan secara […]. Jenis dan kalangan obat dikelompokkan sesuai aksara. Selain itu, Pak Aris juga memisahkan antara obat generik dengan obat paten. Hal ini akan memudahkan pelayanan terhadap pelanggan.

Kata baku yang sempurna untuk melengkapi paragraf tersebut adalah ….
A. apotik, sistimatis, alfabet
B. apotik, sistematis, alfabetis
C. apotik, sistematik, alfabetis
D. apotek, sistematis, alfabetik

40. Membaca puisi dengan menggunakan gaya disebut ….
A. sandiwara
B. deklamasi
C. menyanyi
D. berpantun


Posted

in

by

Tags: