Sistem Wudhu Beserta Bacaannya



1. Doa Niat Wudhu
Niat ialah salah satu rukun wudhu yang wajib dilakukan seorang muslim ketika hendak berwudhu. Niat mampu hanya digetarkan dihati, atau dilafalkan secara eksklusif. Adapun dalam berencana, kita boleh memakai lafal dalam bahasa Indonesia, tetapi akan lebih utama kalau kita membaca 


2. Doa Ketika Membasuh Pergelangan Tangan
Membasuh telapak tangan adalah sunnah yang semestinya dikerjakan untuk membuat nilai wudhu kita lebih tepat. Membasuh telapak tangan bermaksud biar bila di telapak tangan tersebut ada najis atau kotoran, maka beliau tidak akan mengotori anggota wudhu yang lain. Adapun dalam membasuh pergelangan tangan, doa wudhu yang dibaca ialah selaku berikut:



3. Doa Ketika Berkumur-Kumur

Berkumur-kumur juga termasuk 

5. Doa Ketika Membasuh Muka
Membasuh wajah atau muka termasuk rukun wudhu. Artinya kalau rukun ini tidak dijalankan, maka tidak syah hukumnya wudhu yang Anda kerjakan. Agar lebih memiliki keutamaan, membasuh tampang semestinya diiringi dengan membaca doa berikut ini.



6. Doa Ketika Membasuh Tangan
Membasuh tangan sampai ke siku juga tergolong rukun wudhu. Sunnahnya yaitu dimulai dari tangan kanan ke tangan kiri, diulang sebanyak 3 kali, seraya membaca doa ketika membasuh tangan kanan dan kiri sebagaimana berikut:



7. Doa Ketika Mengusap Kepala
Mengusap sebagian kepala atau rambut termasuk rukun wudhu. Rukun ini dilakukan dengan cara membasahi telapak tangan dengan air dan menyapukannya ke rambut depan ke rambut belakang, dan kembali lagi ke depan. Saat mengusap rambut, diusulkan untuk membaca doa wudhu berikut ini:



8. Doa Ketika Membasuh Telinga
Membasuh pendengaran tergolong sunnah wudhu. Membasuh indera pendengaran dijalankan dengan menggunakan jari telunjuk untuk pendengaran dalam dan ibu jari untuk telinga luar. Seraya membasuh indera pendengaran, disarankan membaca doa wudhu berikut ini:




9. Doa Ketika Mencuci Kaki
Mencuci kaki adalah rukun terakhir dalam urutan rangkaian gerakan wudhu. Membasuh kaki dimulai dari ujung jari hingga ke mata kaki. Seraya menyela-nyela jari-jari kaki, lebih utama bagi Anda untuk membaca doa wudhu berikut ini:




10. Doa Setelah Wudhu
Setelah akhir melakukan wudhu, jangan lupa untuk kembali membaca doa. Pembacaan doa setelah wudhu adalah sunnah yang utama, sebagaimana dianjurkan oleh Rasululloh SAW, yang mana tidaklah tepat wudhu kecuali ia melafalkan bacaan doa sehabis wudhu yang benar dan asli ialah selaku berikut:



demikianlah, supaya berguna.


Posted

in

by