6 Manfaat Yang Didapat Tubuh Dengan Berpuasa

Jakarta – Puasa bukan sekedar aktivitas keagamaan yang wajib dilaksanakan umat Muslim. Lebih dari itu, puasa menawarkan efek luar biasa bagi kenaikan kesehatan tubuh.

Jika dibarengi dengan pembatasan makanan yang benar (mengonsumsi karbohidrat kompleks, protein, serat dan air putih saat sahur dan berbuka), Anda bisa mendapatkan manfaat dari puasa yang lebih maksimal. Seperti dilansir ygoy, berikut ini enam faedah puasa bagi kesehatan badan.

1. Puasa menolong menghilangkan racun-racun yang berbahaya dalam tubuh. Oleh karena itu, puasa sering dijadikan selaku tata cara untuk detoksifikasi badan secara alami. Hal ini alasannya, keadaan lambung yang kosong dikala puasa akan bekerja lebih maksimal saat berbuka. Ketika lambung kosong, perembesan nutrisi akan berlangsung lebih efektif sehingga mengurangi risiko penimbunan sisa kuliner atau nutrisi yang tidak berhasil terserap sempurna oleh tubuh. Sehingga badan pun tidak lagi menyimpan tumpukan sisa kuliner yang mampu membusuk.

2. Dengan berpuasa, memberi waktu bagi badan dan metode pencernaan untuk beristirahat. Dengan begitu, organ pencernaan seperti kerongkongan, lambung serta usus bisa melakukan pekerjaan lebih baik dan optimal dikala Anda mulai mengonsumsi kuliner lagi.

3. Puasa juga menolong meredakan nyeri pada persendian, bagi orang yang menderita arthritis atau radang sendi. Sebuah observasi menunjukkan, adanya kekerabatan antara membaiknya radang sendi dan kenaikan kesanggupan sel netrofil dalam membasmi bakteri. Netrofil, atau sel penetral merupakan komponen yang bisa menetralkan racun maupun bakteri penyebab radang sendi.

4. Puasa mampu menangani tekanan darah tinggi tanpa pengobatan medis. Selain itu juga menurunkan kadar gula dalam darah dan kolesterol. Saat berpuasa, otomatis kita akan lebih minim mengonsumsi makanan terutama yang mengandung lemak, gula dan kolesterol tinggi. Hal ini yang lalu memiliki pengaruh pada penurunan kolesterol dan gula darah. Jika dibarengi dengan pembatasan makanan makanan sehat dikala sahur dan buka puasa, manfaatnya akan ditemukan dengan lebih maksimal.

5. Pengurangan konsumsi air selama puasa, mampu membantu menanggulangi akumulasi cairan yang berlebihan pada badan. Proses ‘pengeringan’ ini akan mengatasi pembengkakan pada perut, kaki dan lutut yang sering dialami ketika seseorang mengalami menstruasi.

6. Meskipun tidak terlalu signifikan, puasa juga berguna bagi Anda yang ingin menurunkan berat tubuh berlebih. Dengan berpuasa, otomatis kita akan menahan harapan untuk ngemil dan frekuensi makan juga berkurang. Tapi ingat, proses penurunan berat badan dikala berpuasa sukar terjadi jikalau dikala berbuka, Anda lebih banyak mengonsumsi masakan tinggi gula dan kalori dibandingkan sayuran dan buah.

sumber: detik.com


Posted

in

by