Rangkuman Bahan Tema 8 Subtema 1 Tempat Tempat Tinggalku Kelas 4 Sekolah Dasar | Kumpulan Soal Tematik Sd

Rangkuman Materi Tematiks Kelas 4 SD Temas 8 Subtema 1 Lingkunga Tempat Tinggalku

Rangkuma “Materi Tematiks Kelas 4 SD Temas 8 Subtema 1 Lingkunga Tempat Tinggalku” Sengaja kami buat dengahn prospek bisa menolong adik-adik yang sedang mencari ringkasan materi kelas 4 tema 8 subtema 1 Daerah tempat tinggalku. Dengan rangkuman ini adik-adik jadi kian mudah menimba ilmu , alasannya merupakan kami cuma mencantumkan point-poini penting dari sumberya yakni Buku ” Daerah Tempat tinggalku  buku tematik terpadu kurikulum 2013 edisi revisi 2018″ yang di publikasikan  oleh kementrian pendidikan dan Kebusayaan Republik Indonesia. Selain itu Rangkumana Materi Tema 8 Subtema 1 Daerah Tempat tinggalku Kelas 4 Sekolah Dasar  bisa dijadikan sumber kalau ada kiprah merangkum dari ibu dan bapak guru di sekolah.
Gambar Tema 8 subtema 1 Daerah Tempat Tinggalku
sumber gambar ; Buku tematik kemendikbud
Sebelum adik-adik menbaca rangkuman Materi Tema 8 Subtema 1 Daerah Tempat tinggalku Kelas 4 Sekolah Dasar  alangkah baiknya dibaca dahulu kopetensi penting yang mesti adik-adik  pahami  apa yang kita ingat dan hapal sesuai dengan Kopetensi Dasar yang mesti di capai , Berikut Kopetensi Dasar (KD) untuk Kelas 4 temas 8 subtema 1 dengan judul kawasan tempat tinggalku.

Kopetesi Dasar (KD) Tema 8 Subtema 1

Lingkungan Tempat Tinggalku

PPKn

1.3 Mensyukuri keberagaman umat beragama di penduduk , selaku anugerah Tuhan Yang Maha Esa dalam konteks Bhineka Tunggal Ika. 
2.3 Bersikap toleran dalamkeberagaman umat beragamadi penduduk dalam konteks BhinnekaTunggal Ika.
3.3 Menjelaskan manfaatkeberagaman karakteristikindividu dalam kehidupansehari-hari. 
4.3 Mengemukakan manfaatkeberagaman karakteristikindividu dalam kehidupansehari-hari.

B. Indonesia

3. 9 Mencermati tokoh-tokohyang terdapat pada teks fiksi. 
4.9 Menyampaikan hasilidentifikasi tokoh-tokohyang terdapat pada teks fiksisecara ekspresi , tulis , dan visual. 

SBdP

3.2 Mengetahui tanda tempo dantinggi rendah nada.
4.2 Menyanyikan lagu denganmemperhatikan tempo dantinggi rendah nada.

Ilmu Pengetahuan Alam (IPA)

Menghubungkan gayadengan gerak pada peristiwadi lingkungan sekitar.4.4 Menyajikan hasil percobaantentang korelasi antaragaya dan gerak.

Ilmu Pengetahun Sosial (IPS)

3.3 Mengidentifikasi kegiatanekonomi dan hubungannyadengan banyak sekali bidangpekerjaan serta kehidupansosial dan budaya dilingkungan sekitar sampaiprovinsi.
4.3 Menyajikan hasil identifikasikegiatan ekonomi danhubungannya denganberbagai bidang pekerjaan ,serta kehidupan sosial danbudaya di lingkungan sekitarsampai provinsi

Rangkumana Materi Tema 8 Subtema 1  Kelas IV

Daerah Tempat tinggalku Kelas 4

Berikut ini adalah Rangkumana Materi Tema 8 Subtema 1 Daerah Tempat tinggalku Kelas 4 SD yang kami buat dalam beberapa point penting yang dapat di baca berulang sehingga menjadi ingat dan hapal  :
1. “Asal Mula Telaga Warna” salah satu conto kisah fiksi berasal dari kawasan JawaBarat. Yang menceritakan sorang putri besar kepala yang menolak sokongan istimewa dari raja dan permaisuri. 
2. Pengertian fiksi yang lain merupakan kisah rekaan atau kisah yang dibentuk menurut imajinasi penulisnya yang berfungsi menghibur pembaca dan memiliki nilai moral di dalamnya. Contoh kisah fiksi merupakan cerpen , novel , kisah rakyat (fabel , mitos). Cerita fiksi sanggup pula berwujud sanggup berwujud kumpulan puisi dan novel.
3. Ciri-ciri kisah fiksi adalah
  • Cerita fiksi merupakan kisah rekaan atau imajinasi pengarangnya.
  • Tujuannya merupakan untuk menghibur pembaca.
  • Mengandung nilai moral atau nilai-nilai kehidupan di dalamnya.
  • Disajikan dalam alur cerita.
  • Menggunakan bahasa yang komunikatif.
Conto kisah fiski
sumber gambar : Asta Kidz

4. Gaya merupakan suatu kekuatan yang membuat benda yang dikenainya  sanggup mengalami gerak , pergantian kedudukan , atau pergantian bentuk. 
5. Gaya juga sanggup diartikan selaku tarikan atau dorongan yang dapat  memengaruhi kondisi suatu benda.
6. Gerak merupakan perpindahan kedudukan suatu benda terhadap benda yang lain , baik perpindahan kedudukan yang mendekati maupun  menjauhi suatu benda atau tempat asal respon benda itu dikenai gaya.
contoh gaya kelas 4 Tema 8
Sumber : Buku tematik kemendikbud

7.  Udin menawan ayunan. Kemudian , Udin mendorong ayunan. Udin sudah menampilkan gaya pada ayunan itu. 

8.  “Yamko Rambe Yamko” merupakan Lagu asal Papu dengan tempo lagu agak cepat dengan tempo 1/4
9. Berikut liril lagu “Yamko Rambe Yamko  lengkap denga tangga Nadanya.
lirik lagu yamko rambe kelas 4 tema 8
10. Tempo merupakan cepat lambatnya lagu dinyanyikan. Tempo dibedakan menjadi tiga macam , yakni tempo cepat , tempo sedang , dan tempo lambat. Pemilihan tempo dalam suatu lagu mesti diubahsuaikan dengan isi lagu
11.  Tinggi rendah nada merupakan cara menyanyikan lagu sehingga menciptakan nada tinggi ataupun nada rendah sesuai dengan notasi lagu.
Tinggi renfah nada lagu kelas 4 tema 8
Semakin ke kanan , nada kian tinggi. Sebaliknya , kian ke kiri , nada kian rendah. Nada bertitik di bawah bermakna nada rendah , nada tidak bertitik bermakna nada sedang , dan nada bertitik di atas bermakna nada tinggi. 
14 ,  Nada-nada yang bertitik di bawah disebut tangga nada “Oktaf rendah” , nada-nada yang tidak bertitik disebut tangga nada “Oktaf sedang” , dan nada-nada yang bertitik di atas disebut tangga nada “Oktaf tinggi“. Tangga nada merupakan urutan nada yang disusun secara berjenjang. Susunan nada yang  berurutan naik atau turun disebut tangga nada. Tentu saja jarak antarnada yang berurutan itu naik atau turun tertentu pula 1 2 3 4 5 6 7 1. 
13. Jenis-jenis Cerita rakyat dan artinya 
a. Fabel
Fabel merupakan kisah rekaan yang semua tokohnya terdiri atas hewan yang bertingkah menyerupai manusia. Contoh : Si Kancil
b. Legenda
Legenda merupakan kisah rekaan yang dihubungkan dengan terjadinya suatu tempat.. Contoh : Terjadinya Rawa Pening , Terjadinya Gunung Tangkupan Perahu.
c. Sage
Sage merupakan kisah rekaan yang dihubungkan dengan sejarah. Contoh : Saur Sepuh 
d. Mite
Mite merupakan kisah rekaan yang dihubungkan dengan keyakinan perihal dewadewa
dan roh-roh. Contoh : Nyai Roro Kidul
e. Parabel
Parabel merupakan kisah perumpamaan yang didalamnya berisi kiasan-kiasan yang bersifat mendidik. Contoh : Bawang Merah Bawang Putih
F. Cerita rakyat lucu
Cerita rakyat lucu merupakan kisah yang meningkat di penduduk yang dapat memanggil tawa alasannya merupakan sifatnya yang lucu. Contoh : Si Kabayan , Pak Belalang
14.  Lingkungan memengaruhi mata pencaharian penduduk di suatu daerah. Mata pencaharian penduduk di suatu kawasan berlawanan dengan kawasan lain. Mata pencaharian penduduk di kawasan pesisir pantai berlawanan dengan penduduk di kawasan dataran rendah maupun di dataran tinggi. Simak klarifikasi berikut.
a. Penduduk di kawasan pantai bermata pencaharian selaku nelayan , petani tambak , pedagang , petani garam , dan perajin.
b. Penduduk di kawasan dataran rendah bermata pencaharian selaku buruh , petani , pedagang , dan peternak.
c. Penduduk di kawasan dataran tinggi bermata pencaharian selaku petani , peternak , pedagang , dan pekerja perkebunan , umpamanya teh , kopi , dan cengkeh.
Selain itu , penduduk yang tinggal di desa juga memiliki mata pencaharian yang berlawanan dengan penduduk di kota. Penduduk di desa lebih banyak bermata pencaharian selaku petani , peternak , perajin , pedagang ,  buruh tani dan perkebunan. Sedangkan penduduk di kota bermata pencaharian selaku pekerja jasa (pegawai bank , konsultan , pengacara , sopir) , karyawan , pedagang , 
15. “Asal mula Bukit Catu”. merupakan kisah Fiksi dari bali. Bukit catu dikasahkan berasal dari sepasang suami istri. Si istri menciptakan catu nasi yang lebih besar setiap harinya. Lama-kelamaan , onggokan tanah itu bermetamorfosis suatu bukit. Setelah Si petani dan istrinya berhenti menciptakan catu nasi , onggokan tanah itu pun juga berhenti membesar. Sejak di saat itu , onggokan tanah itu disebut dengan Bukit Catu.
16. Tokoh merupakan pelaku dalam cerita. Tokoh merupakan salah satu elemen pembangun cerita. Tokoh mengemban insiden dalam  kisah sehingga insiden tersebut bisa terjalin selaku cerita. Selain itu , tokoh  berfungsi selaku pembawa pesan , amanat , moral atau sesuatu yang ingindisampaikan pengarang.
Baca juga :

 Donwload Soal Penialan Akhir Kelas 4 Tema 8 Daerah Tempat Tinggalku dan Jawabannya

17. Keragaman bermakna bermacam-macam atau berjenis-jenis. Pada insan , keanekaragaman yang dimaksud merupakan perbedaan yang dimiliki oleh setiap individu. Perbedaan pada individu itu ada alasannya merupakan setiap insan memiliki ciri khas tersendiri. Dengan demikian , keanekaragaman karakteristik  individu bermakna perbedaan ciri-ciri khusus pada setiap manusia. Keragaman karakteristik individu sanggup berupa keanekaragaman fisik. Keragaman fisik sanggup termasuk , warna kulit , jenis rambut , tinggi dan rendah tubuh , serta berat badan. Selain keanekaragaman fisik , juga terdapat keanekaragaman hobi dan keanekaragaman sifat.
keberagaman tema 8 Kelas 4
18.  Kegiatan ekonomi merupakan aktivitas yang dilaksanakan oleh insan untuk mendapat penghasilan , barang , atau jasa tertentu dengan tujuan meraih kemakmuran dalam hidupnya. Berikut macam-macam aktivitas ekonomi.
a. Produksi merupakan aktivitas menciptakan barang dan jasa. Orang yang 
melakukan aktivitas ini disebut produsen. 
b. Distribusi merupakan aktivitas menyalurkan barang hasil bikinan dari produsen terhadap konsumen. Orang yang melaksanakan aktivitas ini disebut distributor.
c. Konsumsi merupakan aktivitas memakai barang-barang hasil produksi. Orang yang melaksanakan aktivitas ini disebut konsumen.
20.” Kisah Putri tangguk” merupakan salah satu jenis kisah fiksi Farabel atau Eksplesum. merupakan kisah fiksi yang menceritakan perihal sikap tokoh di dalam suatu kisah . Dalam  kisah terdapat tokoh yang memiliki sifat baik hati. Tokoh menyerupai itu disebut protagonis. Ada pula tokoh yang memiliki sifat jahat. Tokoh bersifat jahat disebut antagonis. 
putri tangguk kisah rakyat kelas 4 tema 8
sumber : Bukalapak

21. “Injit-injit semut” Adalah lagu saerah asala Sumtra Timur dianyanyiakn dengan temp agak cepata dengan ketukan 4/4. Berikut liril lagu ijit-ijit semut

Injit-injit Semut

Jalan-jalan ke tanah Deli
sungguh indah tempat tamasya
kawan jangan bersedih
mari nyanyi bersama-sama
Kalau pergi ke Surabaya
naik bahtera dayung sendiri
kalau hatimu sedih
yang rugi diri sendiri
[2X:]
Injit-injit semut
siapa sakit naik diatas
Injit-injit semut
walau sakit jangan dilepas
Naik bahtera ke Pulau Seribu
sungguh hin
sungguh malang nasibku
punya pacar diambil orang
Ramai sangat bandar Jakarta
tempat orang mengikat janji
walau pacar tak punya
hati bahagia sanggup bernyanyi
[2X:]
Injit-injit semut
siapa sakit naik diatas
Injit-injit semut
walau sakit jangan dilepas
23. Kecepatan lagu diukur dengan alat pengukur yang disebut Metronome Maelzel atau disingkat MM. Metronome Maelzel ini akan menampilkan isyarat seberapa cepat atau lambatnya lagu dinyanyikan.  Sebagai pola lagu ”Timang-Timang Anakku Sayang” ditulis dengan tempo andante. Kecepatan tempo  andante 72-76  MM , artinya lagu mesti dinyanyikan dalam kecepatan 72-76 ketukan yang tetap dalam waktu satu menit. MM 72-76 tergolong tempo sedang. 
Tempo lagu dikelompokkan menjadi tiga , yaitu:
a. tempo lambat , pola lento = lambat (56-58 MM) ;
b. tempo sedang , pola andante = menyerupai orang berlangsung (72-76 MM);
c. tempo cepat , pola allegro = cepat , hidup , dan riang (132-138 MM)
24. Cerita Si Pitung merupakan kisah fiksi perihal seorang pendekar dari Betawi pada masa penjajahan Belanda. Cerita Si Pitung tergolong jenis kisah rakyat EPOS  alasannya merupakan mengandung elemen sejarah dan kepah lawanan.Pada kisah Si Pitung , tokoh Si Pitung dianggap selaku sosok pendekar alasannya merupakan melawan Babah Liem yang semena-mena dan pemerintah Belanda untuk membela rakyat Betawi.
cerita rakyat si pitung kelas 4 tema 8

25.  ”Kicir-Kicir” merupakan lagu asa kawasan Jakarta. Lagu ini dinyanyikan dengan ketukan 4/4 agak cepat. Berikut lirik lagu 

“Kicir-Kicir” 

Kicir kicir ini lagunya 
Lagu usang ya tuan dari Jakarta 
Saya menyanyi ya tuan memang sengaja 
Untuk menghibur menghibur hati nan duka 
Burung dara burung merpati 
Terbang cepat ya tuan tiada tara 
Bilalah kita ya tuan suka menyanyi 
Badanlah sehat ya tuan hati gembira 
Pap parirarapa parirarapapapa 
Buah mangga yummy rasanya 
Si manalagi ya tuan paling ternama 
Siapa saya ya tuan tekun bekerja 
Pasti menjadi menjadi warga berguna 
Burung dara burung merpati 
Terbang cepat ya tuan tiada tara 
Bilalah kita ya tuan suka menyanyi 
Badanlah sehat ya tuan hati gembira 
Baca Juga :

Soal Tematik Kelas 4 Tema 8 Subtema 1 Daerah tempat Tinggalku

Demikianlah” Rangkumana Materi Tema 8 Subtema 1 Daerah Tempat tinggalku Kelas 4 SD ” semoga bermangfaat dan bisa mebantu-adik-adik menimba ilmu di rumah. Jika materi ini meberikan faedah jangn lupa untuk di share ketema-keteman yang lain.
Rangkuman Materi Tema 8 Subtema 1 Daerah Tempat tinggalku Kelas 4 SD Rating: 4.5Diposkan Oleh: muslimah

Posted

in

by

Tags: