Rangkuman Kelas 5 Tema 6 Subtema 1 Panas Dan Perpindahannya | Kumpulan Soal Tematik Sd

Rangkuman kelas 5 Tema 6 subtema 1  Panas dan Perpindahannya (Suhu dan Kalor)

Alhamdulillah kami bisa posting Rangkuman kelas 5 Tema 6 subtema 1  Suhu dan Kalor. Judul tema kelas 5 tema 6 ini yakni Panas dan perpindahannya. Rangkuman ini menggunkan referensi buku yang banyak di gunakan di sekolah yakni dengan  “Panas dan Perpindahannya” Buku tematik terpadu kelas 5 kurikulum 2013 edisi revisi terbaru. Besar cita-cita kami postingan  Rangkuman kelas 5 Tema 6 subtema 1  Suhu dan Kalor ini menampilkan informasi komplemen nagi para orang bau tanah , atau adik-adik yang mengalami kekurangan materi pembelajaran.
Rangkuman kelas 5 Tema 6 subtema 1  Panas dan Perpindahannya

Kopetensi Dasar (KD) Kelas 5 Tema 6 Subtema 1 Panas dan Perpindahannya

Rangkuman kelas 5 Tema 6 subtema 1  Suhu dan Kalor ini mengacu pada Kopetensi Daasa (KD). Tujuannya biar rangkuman ini bisa menyuluruh dan tidak ada pecahan materi yang tidak tersampaiakan. Silahkan baca Kopetensi Dasar (KD)  dibawah ini , biar bisa meneyseukai dengan rangkuman yang kami buat.

Pendidikan Pancasila daa Kewarga negaraan (PPKn)

1.2 Menghargai keharusan , hak , dan tanggug jawab selaku warga penduduk dan umat beragama dalam kehidupan sehari-hari.

2.2 Menunjukkan perilaku tanggung jawab dalam menyanggupi keharusan dan hak selaku warga penduduk dalam kehidupan sehari-hari. 

3.2 Memahami hak , keharusan dan tanggung jawab selaku warga dalam kehidupan sehari-hari.

4.2 Menjelaskan hak , keharusan , dan tanggung jawab selaku warga penduduk dalam kehidupan sehari-hari. 

Bahasa Indonesia

3.3 Meringkas teks klarifikasi (eksplanasi) dari media cetak atau elektronik.

4.3 Menyajikan ringkasan teks klarifikasi (eksplanasi) dari media cetak atau elektronik dengan memakai kosakata  baku dan kalimat efektif secara verbal , tulis , dan visual.

Ilmu Pengetahuan Alam

3.6 Menerapkan desain perpindahan kalor dalam kehidupan sehari-hari.

4.6 Melaporkan hasil penelitian tentang perpindahan kalor.

Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)

3.2 Menganalisis bentuk bentuk interaksi insan dengan lingkungan dan pengaruhnya kepada pembangunan sosial , budaya , dan ekonomi penduduk Indonesia.

4.2 Menyajikan hasil analisis tentang interaksi insan dengan lingkungan dan pengaruhnya kepada pembangunan sosial , budaya , dan ekonomi penduduk Indonesia.

Seni Budaya dan Prakarya

3.2 Memahami tangga nada.

4.2 Menyanyikan lagu-lagu dalam aneka macam tangga nada dengan iringan musik.

Rangkuman kelas 5 Tema 6 subtema 1  Panas dan Perpindahannya

Berikut Rangkuman kelas 5 Tema 6 subtema 1  Panas dan Perpindahannya (suhu dan Kalor) yang sukses kami kumpulkan dari buku Tematik kelas 5 tema 6 kurikulum 2013 edisi revisi modern dengan judul panas dan perpindannya.
Sumber Energi Panas
  1. Benda yang sanggup menciptakan energi panas disebut sumber energi panas. Sumber energi panas sanggup kita temui di alam , salah satunya yakni matahari.
  2. Matahari ialah sumber energi panas terbesar. Semua makhluk hidup membutuhkan energi panas matahari. Energi panas matahari menolong proses pengerjaan masakan pada tumbuhan yang disebut selaku proses fotosintesis
  3. Energi panas dimanfaat insan untuk Misalnya , panas matahari digunakan untuk mengeringkan padi setelah dipanen , mengeringkan garam , mengeringkan ikan asin , bahkan untuk mengeringkan busana yang basah.  
  4. Energi panas sanggup dihasilkan di saat terjadi tabrakan antara dua benda. tabrakan antara kedua telapak tanganmu dan tabrakan antara mistar dan kain , sanggup memunculkan energi panas.
  5. Energi panas juga sanggup diperoleh dari api.
Perbedaan Suhu dan Panas 

  1. Indra peraba tidak sanggup digunakan untuk mengukur derajat panas suatu benda karena setiap orang mempunyai perbedaan dalam mencicipi suhu di sekitarnya.
  2. Tingkat panas dinginnya suatu kondisi digunakan suatu besaran yang disebut suhu atau temperatur.
  3. Panas (kalor) dan suhu yakni dua hal yang berbeda.  Energi panas ialah salah satu energi yang sanggup diterima dan dilepaskan oleh suatu benda. Sedangkan Suhu yakni besaran yang menyatakan derajat panas suatu benda. Suhu suatu benda menampilkan tingkat energi panas benda tersebut.
  4. Satuan suhu yang digunakan di Indonesia yakni derajat Celcius (°C). Alat untuk mengukur suhu disebut termometer. Satuan panas dinyatakan dalam kalori dan diukur dengan kalorimeter. 

termometer kelas 5 tema 6
Tangga Nada
  1. Tangga nada yakni urutan nada yang disusun secara berurutan. Misalnya do , re , mi , fa , sol , la , si , do.
  2. Tangga nada diatonis yakni tangga nada yang mempunyai dua jarak nada , yakni satu dan setengah. Pada metode tangga nada diatonis , dalam satu rangkaian nada terdapat 7 nada pokok. Contoh Piano 
  3. Tangga nada pentatonis , me-rupa kan jenis tangga nada yang cuma memakai lima nada pokok. Berdasarkan nadanya , ada tangga nada pentatonis yang memakai tangga nada jenis pelog dan tangga nada jenis slendro. Contoh alat musik yang memakai tangga nada jenis pelog dan slendro yakni gamelan Jawa
  4. Tangga nada pelog umumnya memakai susunan nada yang berbunyi seumpama nada-nada do – mi – fa- sol – si. Salah satu lagu wilayah yang memakai tangga nada ini yakni lagu Gundhul Pacul dari Jawa Tengah. 
  5. Nada slendro umumnya memakai susunan yang berbunyi seumpama nada-nada do – re – mi – sol – la.  Lagu yang memakai tangga nada ini memberi kesan besar hati dan lincah.  Salah satu teladan lagu dengan tangga nada slendro ini yakni lagu Cublak-Cublak Suweng dari wilayah Jawa Tengah.

gamelan jawa
Manusia dengan Lingkungan Alam
  1. Semua makhluk hidup yang ada di bumi , menjalankan kekerabatan dengan sesama makhluk hidup maupun dengan lingkungannya.  Lingkungan alam terdiri atas benda mati dan makhluk hidup.  Lingkungan alam ialah sumber penghidupan bagi makhluk hidup , karena alam menawarkan semua keperluan makhluk hidup.
  2. Benda mati dan makhluk hidup saling memengaruhi antara satu dengan yang lainnya. Bahkan , antarkeduanya saling berkaitan
  3. Makhluk hidup juga sanggup memengaruhi benda mati. Contohnya wilayah yang banyak tumbuhannya akan menyebabkan wilayah tersebut menjadi lebih sejuk.
  4. Hubungan antara insan dan lingkungan alam sanggup dikelompokkan menjadi dua. Pertama kekerabatan yang menciptakan insan mesti sanggup mengikuti kondisi dengan alam teladan insan mesti menyesuakan diri dengan kejadian alam. Kedua yakni kekerabatan yang menciptakan insan sanggup mempergunakan alam sekitarnya.

hubungan insan dengan lingkungan
Kovensi Anak 

Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) mensahkan Konvensi Hak-hak Anak (Convention On The Rights of The Child) pada tanggal 20 November 1989. Konvensi ini berniat untuk menampilkan proteksi ter-hadap anak dan menegakkan hak-hak anak di seluruh dunia.
Menurut konvensi ini hak anak dikelompokkan dalam 4 golongan , yaitu:
  1. Hak Kelangsungan Hidup , hak untuk melestarikan dan memper-tahankan hidup dan hak menerima persyaratan kesehatan tertinggi dan perawatan yang sebaik-baiknya. 
  2. Hak Perlindungan , proteksi dari diskriminasi , eksploitasi , kekerasan , dan keterlantaran.
  3. Hak Tumbuh Kembang , hak menerima pendidikan dan hak meraih persyaratan hidup yang patut bagi pertumbuhan fisik , mental , spiritual , moral , dan sosial. 
  4. Hak Berpartisipasi , hak untuk menyatakan pertimbangan dalam segala hal yang memengaruhi anak. Kamu mempunyai hak untuk menemukan informasi yang cocok dengan usiamu. 
Hak-Hak Seorang Siswa
Menurut Peraturan Pemerintah No 28 Tahun 1990 , yang dimaksud dengan hak-hak siswa yakni hak untuk:
  1. mendapat perlakuan sesuai dengan talenta , minat , dan kemampuannya;
  2. memperoleh pendidikan agama sesuai dengan agama yang dianutnya;
  3. mengikuti kegiatan pendidikan yang bersangkutan atas dasar pendidikan berkesinambungan , baik untuk membuatkan kesanggupan diri maupun untuk menerima legalisasi tingkat pendidikan tertentu yang sudah dibakukan;
  4. mendapat sumbangan kepraktisan mencar ilmu , beasiswa , atau sumbangan lain sesuai dengan persyaratan yang berlaku;
  5. pindah ke sekolah yang sejajar atau yang tingkatnya lebih tinggi sesuai dengan persyaratan penerimaan siswa pada sekolah yang akan dimasuki;
  6. memperoleh analisa hasil belajarnyamenyelesaikan kegiatan pendidikan lebih permulaan dari waktu yang ditentukan;mendapat pelayanan khusus bilamana menyandang cacat.

Baca juga :

Soal Kelas 5 Tema 6 subtema 1 Panas dan Perpindahannya

Soal Kelas 5 Tema 6 subtema 2 Panas dan Perpindahannya

Soal Kelas 5 Tema 6 subtema 3 Panas dan Perpindahannya

Pengaruh Negatif Interaksi Manusia dengan Lingkungan Alamnya

  1. Prilaku insan yang meyebabkanka kerusakan alam yakni jenis interaksi negatif insan dengan alam.
  2. Perilaku penduduk yang suka mencampakkan sampah sembarangan misalnya , sanggup menghancurkan lingkungan alam di sekitarnya. Membuang sampah di sungai dan di bahari , sanggup menghancurkan makhluk hidup lain yang ada di dalamnya. Tidak cuma itu , kerusakan lingkungan yang ditimbulkannya sanggup membahayakan insan sendiri.
  3. Prilaku negatif ini sanggup mempunyai pengaruh buruk kepada insan itu sendiri  misalnya terjadi banjir karena terusan air yang terusik oleh sampah dari kegiatan insan ialah salah satu contohnya. Demikian juga dengan kejadian tanah longsor , disebabkan karena insan sering menebang pohon di tanah yang landai. Kebakaran hutan karena kecerobohan insan pun , menyebabkan kerusakan dan kerugian yang sungguh besar.   

Kewajiban Warga Negara dan Siswa
Kewajiban berasal dari kata wajib yang memiliki arti mesti dijalankan atau diamalkan. Sehingga keharusan yakni sesuatu yang wajib dilaksanakan. Kewajiban ialah sesuatu yang mesti dijalankan untuk menjamin haknya terpenuhi. Conto Kewajiban sisw adalah
  • Menaati peraturan pemerintah yang tercamtum dalam undang-undang
  • Menaati peraturan sekolah
  • Menjaga dan memelihara kepraktisan sekolah
  • Belajar dengan sungguh-sungguh
Perubahan Akibat Perubahan Suhu
Suhu menampilkan derajat panas benda. Semakin tinggi suhu suatu benda , kian panas benda tersebut. Suhu menampilkan energi yang dimiliki oleh suatu benda. 
Pemuaian panas yakni pergantian suatu benda yang sanggup menjadi bertambah panjang , lebar , luas , atau berubah volumenya karena terkena kalor atau panas. 
Penyusutan yakni perubahan suatu benda yang menjadi berkurangnya panjang , lebar , dan luas karena terkena suhu dingin. Pemuaian dan penyusutan bisa terjadi pada logam , udara , dan air. Contoh sebagi berikut :
  1.  Pemasangan Kaca Jendela Para tukang kayu senantiasa mendesain ukuran bingkai jendela yang sedikit lebih lebar dari ukuran sebenarnya. tujuan untuk menampilkan ruang pemuaian bagi beling di saat terkena panas biar tidak retak.
  2. Ban Sepeda/Motor dan Mobil . Ban yang diisi terlampau banyak udara sanggup meletus dan sanggup membuat kecelakaan. Hal ini disebabkan karena udara di dalam ban sanggup memuai karena panas.
  3. Kawat/kabel Listrik dan Telepon. Kawat dan kabel listrik dibikin mengendur Hal ini dijalankan dengan tujuan biar kawat atau kabel tidak putus pada malam hari di saat mengalami penyusutan.
  4. Pemuaian yang Terjadi pada Gelas Kaca
  5. Pemuaian pada Sambungan Rel Kereta ApiSambungan pada rel kereta api , dibikin ada celah antara dua batang rel. Hal ini dijalankan untuk menampilkan ruang muai sehingga di saat terkena panas , rel tersebut tidak melengkung
Tanggung Jawab Warga Negara
Tanggung jawab yakni kondisi untuk menemukan akhir dari perbuatan , baik yang dijalankan sendiri maupun yang dijalankan bersama dengan orang lain.i Tanggung jawab warga negara kepada bangsa dan negaranya , dilaksanakan dengan cara menjalankan hak dan kewajibannya selaku warga negara. Pelaksanaan hak dan keharusan warga negara mesti sesuai dengan Undang-Undang dasar Negara Repulik Indonesia Tahun 1945. aAdapun tanggung jawab kita selaku warga negara yakni seabagi berikut:
  1. Menaati peraturan yang sudah ditetapkan , baik oleh sekolah maupun oleh negara.
  2. Mengamalkan nilai-nilai dalam Pancasila.
Teks Eplanasi
Teks eksplanasi yakni suatu teks yang berisi tentang proses-proses yang bermitra dengan fenomena-fenomena alam , sosial , ilmu wawasan , budaya , dan lain sebagainya
Judul lgu dan Pengarang nya
  1. Lagu “Cing Cangkling” Lagu wilayah asal jawabarat deinyanyikan dengan tempo nada moderato. dimulai dari nada Do
  2. Lagu “Gundul-Gundul Pacul” di tulis atau dikarang oleh  R.H Harjda Subroto
  3. Lagu “Cublak-Cublak Suweng” Lagu ini berasal dari Jawa Tengah.
Cublak-Cublak Suweng

Cublak-cublak suweng
Suwenge ting gelenter
Mambu ketundung gudhel
Pak Empong lerak-lerek
Sopo ngguyu ndelekakhe 
Sir-sir pong dele kopong
Sir-sir pong dele kopong

Alat Musik Gamelan
Gamelan yakni salah satu alat musik yang digunakan untuk mengiringi lagu-lagu pada tangga nada pentatonis. Beberapa alat pada gamelan yang dibikin dari bilah besi. Seperti beberapa alat musik pada gamelan Jawa berikut ini. Alat musik gamelan dibikin dari adonan tembaga dan timah dengan ukuran tertentu. Ukuran dan perbandingan antara kedua logam tersebut sanggup menciptakan bunyi yang berbeda. Campuran logam itu mesti dipanaskan dengan suhu tinggi biar mencair dan gampang dibentuk. Proses ini disebut dengan peleburan
Demikianlah Rangkuman kelas 5 Tema 6 subtema 1  Panas dan Perpindahannya. Semoga Adik-adik bisa memakai untuk menunjang kegiatan mencar ilmu dirumah dan mudah-mudahan bermafaat juga untuk para guru para orang bau tanah dll
Rangkuman kelas 5 Tema 6 subtema 1  Panas dan Perpindahannya dicicipi ada manfaatnnya , jangan lupa share pada yang yang lain biar mencicipi faedah yang sama.
Tag ;
Kelas 5 Tema 6
Tema 6 Kelas 5
Rangkuman Kelas 5 Tema 6

Rangkuman Kelas 5 Tema 6 subtema 1 panas dan perpindahaanya

Rangkuman Kelas 5 Tema 6 sybtema 1 suhu dan kalor

Rangkuman kelas 5 Tema 6 subtema 1 Panas dan PerpindahannyaRating: 4.5Diposkan Oleh: muslimah

Posted

in

by